Inilah Cara Perawatan Murai Batu Lomba Jadi Jawara

Discussion in 'Pets' started by Biduan Hot, Oct 21, 2017.

  1. Biduan Hot

    Biduan Hot Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    95
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Inilah Cara Perawatan Murai Batu Lomba Jadi Jawara - Burung murai adalah salah satu jenis burung berkicau yang hingga saat ini masih banyak peminatnya, karena memang burung murai ini memiliki bentuk dan warna bulu yang begitu khas. Dengan kombinasi warna bulu coklat keemasan pada bagian dada, hitam pada bagian kepala, sayap, ekor, dan warna putih pada bagian pangkal ekor. Selain itu suara burung murai gacor juga sangat merdu didengarkan. Oleh sebab itu tidak sedikit orang yang suka dengan burung murai batu ini.

    Burung murai batu juga menjadi salah satu burung yang paling sering diadakan perlombaan burung berkicau, karena memang penimatnya yang banyak. Selain itu juga banyak yang menjadikan ternak burung murai batu, karena memang harga murai batu sendiri terbilang cukup luamayan. Dimana untuk harga murai batu anakan saja bisa dibandrol mencapai 500 ribuan, sedangkan untuk harga burung murai batu dewasa apalagi yang sudah gacor pastinya akan bernilai lebih dari satu jutaan.

    Untuk agan - agan yang mungkin suka dengan murai batu, dan kebetulan agan - agan akan mengikuti perlombaan burung berkicau untuk kelas murai batu. Maka agan - agan harus mengetahui terlebih dulu beberapa perawatan murai lomba atau persiapan murai batu jelang lomba. Karena ada beberapa trik - trik yang sering dilakukan para jawara sebelum mengikuti perlombaan burung berkiau, entah itu melakukan settingan lomba murai batu, ataupun setelan ef murai batu lomba.

    Untuk agan - agan yang mungkin merasa masih belum mengetahui banyak tentang perawatan murai batu lomba, maka alangkah baiknya apabil agan - agan sekalian melihat terlebih dulu pembahasan tentang settingan murai batu untuk lomba yang hari ini akan coba ane sajikan. Dengan agan - agan melihat informasi settingan murai batu untuk lomba dari ane ini, maka agan - agan akan lebih siap dalam menghadapi perlombaan burung berkicau murai batu.

    [​IMG]

    Cara Perawatan Murai Batu Lomba Jadi Jawara

    • Mandikan murai batu secara rutin setiap pagi selama satu minggu sebelum hari perlombaan. Usahakan memandikan sebelum jam 7 pagi, agar pada waktu penjemuran nantinya bisa mendapatkan panas yang pas yaitu sekitar pukul 8 sampai 10 pagi.
    • Setelah itu beri EF murai batu, untuk setelah EF murai batu lomba. Agan - agan bisa meningkatkan jumlahnya, misalkan agan - agan biasa memberikan ef jangkrik 2 ekor, ulat hongkong 2 ekor, dan beberapa ef lainnya. Maka agan - agan bisa melipatkan jumlah takaran ef yang diberikan selama satu minggu sebelum hari perlombaan.
    • Berikutnya jemur murai batu selama 1 hingga 2 jam, setelah itu angin - anginkan kurang lebih selama 20 menitan saja. Lalu tutup sangkar murai dengan kerodong dan tempatkan pada tempat yang tenang sembari dimasteri.
    • Setelah sore hari, mandikan lagi murai batu dengan cara disemprot saja sampai setengah basah atau asal burung terkena air, hal tersebut bertujuan supaya burung menjadi lebih segar.
    • Setelah itu berikan murai batu ef kembali seperti pada waktu pagi hari, namun untuk sore hari usahakan jangan memberi ef kroto.
    • Pasang kembali kerodong pada sangkar dan gantung pada tempat yang tenang sembari dimasteri kembali selama semalam penuh.
    • Menjelang H-3 perlombaan, agan - agan masih tetap melakukan hal yang sama seperti hari - hari sebelumnya. Hanya saja untuk waktu penjemurannya dikurangi menjadi 30 menit saja yang sebelumnya 1 hingga 2 jam.
    • Ketika tiba hari H perlombaan, beri pakan jangkrik 3 hingga 5 ekor dan ulat hongkong sebanyak 5 ekor satu jam sebelum perlombaan dimulai, atau bisa memberikan tepat pada saat akan perlombaan dimulai.
    • Terakhir, usahakan anda tetap menutup sangkar burung dengan krodong sampai ditempat perlombaan.

    Demikian itu untuk Perawatan Murai Batu Lomba Jadi Jawara yang sekiranya ane dapat berikan untuk agan - agan sekalian, mudah - mudahan saja dari perawatan murai batu untuk lomba yang baru saja ane sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk agan - agan. Adapun untuk agan - agan yang mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa informasi tentang burung lainnya, maka ane coba sarankan bagi agan - agan untuk kembali melihat Ciri Ciri Ciblek Gunung Jantan dan Betina
     
  2. Lidyawati

    Lidyawati Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Klaau ngerawatnya dari Trotolan lebih gampang bunyi, lebih gampang diisi materi, paling utama ialah Cililin, kalau murai bisa cililin tinggal latih kenari, jenggot dan lovebird biar fasih terus meneruh
     
  3. yulia

    yulia Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    103
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    harga murai sekarang sudah nggak dapat 500 yang anakan. rata rata di atas 1jt
     
Loading...

Share This Page