Inilah Ciri Ciri Penyakit Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Jan 16, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    409
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Mengkonsumsi kerupuk emping telah banyak dijadikan sebagai mitos dari penyebab terjadi penyakit asam urat. Encok atau asam urat ini sangat sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Apa saja Ciri Ciri Penyakit Asam Urat ?

    Penyakit asam urat sendiri merupakan sebuah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh anda. Umumnya, penyakit ini dapat menyerang ke seluruh sendi pada tubuh seperti telapak kaki, jempol, pergelangan kaki, dan juga sendi lutut.

    Kebanyakan kasus penyakit asam urat ini seringkali dikaitkan dengan orang lanjut usia ( lansia ), padahal asam urat yang tinggi dapat mempengaruhi semua orang tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Namun, pria akan lebih beresiko tinggi mengalami penyakit asam urat dibandingkan dengan wanita.

    Terjadinya serangan yang berualng dari Arthritis gout atau flare ternyata dapat merusak sendi dan menyebabkan rematik kronis. Akan tetapi, meskipun asam urat merupakan penyakit yang progresif, terdapat juga obat yang efektif untuk mengatasi asam urat ini. Namun, tetap saja anda perlu juga untuk mengetahui ciri-ciri asam urat tinggi yang patut untuk diwaspadai.

    Inilah Ciri Ciri Penyakit Asam Urat

    Terdapat beberapa ciri-ciri asam urat pada kaki yang perlu diwaspadai, diantaranya :

    1. Kaki Mengalami Pembengkakan dan Kemerahan

    Rasa nyeri yang hebat merupakan ciri-ciri sakit asam urat yang dapat disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi. Akan tetapi, pada beberapa kasus yang parah, bisa saja bengkak terjadi pada kaki dan bukan hanya pada sendi saja. Biasanya, pembengkakan ini disertai dengan warna kaki yang memerah dan rasa panas yang menjalar.

    2. Rasa Sakit dan Nyeri Yang Menjalar Dari Bagian Bawah Kaki

    Secara umum, seseorang yang mengalami sakit asam urat tinggi akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang menjalar dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa panas dan nyeri tersebut akan naik dari bagian jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha. Biasanya, hal ini juga menjadi salah satu dari sekian banyak ciri-ciri asam urat tinggi dan kolesterol yang perlu diwaspadai.

    3. Sendi Menjadi Terasa Panas, Nyeri, Bahkan Kaku

    Salah satu ciri-ciri dari asam urat pada kaki ini adalah menyerang sendi dimana sendi tersebut merasa panas, nyeri, atau bahkan kaku. Sendi yang paling umum terkena serangan ini adalah bagian pangkal jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, namun hampir semua sendi dapat merasa nyeri ini.

    4. Rasa Sakit dan Nyeri Yang Berkembang Dengan Cepat

    Pada sebagian orang, rasa sakit biasanya akan dirasakan bahkan ketika tersentuh seprai di jari kaki. Hal ini biasanya ditandai dengan nyeri yang berkembang dengan cepat dalam tempo beberapa jam saja. Pada jam pertama, orang yang terkena serangan penyakit asam urat akan merasakan perkembengan gejala yang begitu cepat. Rasa sakit tersebut akan berlangsung selama 3-10 hari. Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang mengalaminnya hingga berminggu-minggu.

    5. Sering Kesemutan

    Bagi beberapa orang yang terkena gejala asam urat tinggi, umumnya penderita akan merasakan rasa kesemutan yang sering dan tidak kunjung mereda ( kambuh ). Kondisi kesemutan ini akan mengiringi sensasi rasa panas yang juga menjadi salah satu ciri-ciri asam urat pada kaki.
     
Loading...

Share This Page