Inilah Diet DASH Diet Sehat Turunkan Hipertensi

Discussion in 'Health & Medical' started by Rinda Septiani, Sep 26, 2017.

  1. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    405
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Diet DASH dirancang untuk menurunkan tekanan darah. Tapi ternyata diet ini tak hanya bagus untuk penderita hipertensi, penderita diabetes juga bagus melakukan diet ini sebab bisa mengontrol tekanan gula darah penderita.

    Yang paling penting untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi ialah memelihara dan membatasi asupan garam. Penderita hipertensi harus menjalani diet DASH (Diet Approaches to Stop Hypertension) yang kaya akan asupan buah, sayuran, biji-bijian, ayam, ikan, kacang dan produk susu yang tinggi.

    Dengan mengatur diet DASH dengan benar dan rutin, Anda bisa menurunkan tekanan darah hanya dalam 2 minggu.

    Berikut adalah porsi makanan dalam diet DASH :

    - Karbohidrat, 2-3 porsi/hari untuk roti gandum (1 porsi 1 lembar roti) nasi, pasta, sereal (1 porsi 1 cup dalam kondisi matang).

    - Sayuran, 4-5 porsi/hari usahakan yang tinggi akan serat, vitamin, kalium serta magnesium. Seperti tomat, wortel, brokoli, dll (1 porsi yaitu 100 gram dalam kondisi mentah).

    - Buah, 2-3 porsi/hari (1 porsi sekitar 80-100 gram kondisi segar).

    - Produk susu, seperti yoghurt, keju, dll. 1-2 porsi/hari (1 porsi susu sekitar 200-250 ml).

    - Daging tanpa lemak, 4 porsi/hari untuk sumber protein,vitamin B, zat besi serta zinc.

    - Lemak serta minyak 2-3 porsi/hari (1 porsi sekitar 1 sendok teh).

    - Gula/makanan manis kurang dari 200 kalori/hari.

    Berikut adalah hal yang harus diperhatikan ketika melakukan diet DASH

    1. Makan tiga kali sehari, di pagi hari, siang hari dan jam tambahan yang bisa Anda atur. Yang jelas, pastikan setidaknya makan 2 jam sebelum tidur.

    2. Olahraga secara teratur dan disiplin minimal 30-45 menit setiap hari.

    3. Cukup tidur minimal 8 jam per-harinya serta jangan begadang.

    4. Minum air putih dengan cukup minimal 8 gelas per-hari serta hindari asupan kafein dari mana saja, termasuk teh dan kopi.

    5. Kurangi garam atau kontrol garam maksimal kadar sodium yang masuk ke dalam tubuh, tapi jangan sampai mengonsumsi garam. Per-harinya 1500 mg atau sama dengan 4 gram (1 sendok teh).

    6. Jaga tubuh Anda rileks dan fokus pada penurunan berat badan.
     
Loading...

Share This Page