Inilah Doa Bangun Tidur Yang Lengkap Latin Serta Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Jun 14, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman semua tentu sudah tidak asing lagi dengan aktivitas tidur. Siapa saja yang hidup di atas muka bumi ini tentu mengetahui dan mengalami tidur. Bahkan dalam waktu sehari semalam yang jumlahnya dua puluh empat jam itu sebagian digunakan untuk tidur. Umumnya tidur dilakukan di malam hari. Memang di waktu malam ini adalah saat yang pas untuk dipakai istirahat. Nah, istirahat yang terbaik ialah dengan tidur. Tatkala tidur ini seluruh badan akan beristirahat secara baik. Bahkan di siang hari pun tidak masalah bila digunakan untuk tidur. Hanya saja bila saat di hari bekerja maka kita bisa tidur hanya di waktu jam-jam istirahat yang telah dijadwalkan. Tidur di waktu siang hari ini sama pentingnya dengan tidur pada waktu malam. Meskipun tidur di saat siang hari itu hanya sebentar saja.
    Setiap tubuh manusia memiliki hak untuk istirahat. Tidak boleh kita menghilangkan hak tersebut. Bila itu dilanggar maka akan terjadi masalah dalam tubuh kita. Kesehatan akan terganggu sehingga tubuh tidak akan nyaman rasanya. Bila hal ini terus menerus berlangsung maka akan menimbulkan penyakit yang menjadikan tubuh sakit. Tentu saja, bila sakit menyerang tubuh kita maka segala aktivitas akan terganggu. Bahkan agenda-agenda penting di dalam kehidupan ini bisa tidak berjalan. Hal ini tentu sangat tidak kita inginkan bersama-sama.
    Tidur adalah masalah yang amat penting. Allah subhanahu wa ta'ala membahasnya di dalam Al-Quran Surat Al Furqan ayat 47, yang artinya, " Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha ". Di dalam ayat 17-18 Surat Adz-Dzariyat juga disebutkan tentang masalah tidur, arti dari ayat tersebut yakni " di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar ". Jadi, permasalahan tidur ini amat penting sekali di dalam perjalanan hidup insan di dunia ini.

    Ada hal yang perlu kita perhatikan di dalam tidur itu. Seperti halnya makan dan minum tiap hari. Tidur pun dilakukan setiap hari selama hidup. Ada cara atau adab mengenai tidur. Ini karena begitu pentingnya permasalahan tidur. Pada kesempatan ini kita fokuskan adab tatkala kita bangun dari tidur. Salah satu adab yang penting ialah membaca doa bangun tidur dengan khusyuk. Mengenai lafazhnya bisa kita simak di bawah ini.
    Yang Pertama :

    اَ لْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْر ِ
    Latinnya :
    ALHAMDU LILLAAHILLADZII AHYAANAA BA'DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR.
    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangitkan."

    Yang Kedua :
    وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ، وَلَا إِلَـهَ إِلَّا اللهُ، وَاللهُ أَ كْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. رَبِّ اغْفِرْ لِيْ
    Latinnya :
    LAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAHU, LAHUL MULKU, WA LAHULHAMDU, WA HUWA 'ALA KULLI SYAI IN QADIIR. SUBHAANALLAAHI WAL HAMDULILLAAHI, WA LAA ILAHA ILLALLAAHU, WALLAAHU AKBAR. WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL 'ADZHIIM. RABBIGHFIRLII.
    Artinya :
    " Tiada Tuhan yang haq selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang haq selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Wahai Tuhanku! Ampunilah dosaku."​

    Kita bisa membaca dua doa di atas. Bisa kita pilih salah satu atau bahkan semuanya. Membaca doa saat bangun dari tidur merupakan salah ibadah kepada Allah. Berdoa seperti ini ialah bagian tanda mensyukuri nikmat Allah. Kita barangkali kadang lupa bahwa bisa bangun tidur dengan sehat itu adalah nikmat yang luar biasa. Hal ini karena kita biasa mengalami hal itu. Tetapi tatkala mendengar ada orang lain yang sakit, hendak bangun dari tidur saja harus dengan bantuan orang lain maka kita akan ingat kepada nikmatnya bisa bangun dari tidur. Selanjutnya, yang terpenting ialah kita bisa mengamalkan bacaan doa tersebut. Moga bermanfaat artikel ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page