Inilah Doa Keluar WC Dilengkapi Latinnya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Jun 25, 2020.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    23
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman tentu setiap hari keluar dan masuk ke WC atau toilet. Kita buang air besar dan kecil tempatnya di WC. Sebuah tempat khusus yang memang disediakan untuk melakukan hal itu. Frekuensi melakukan buang air besar mungkin sehari cuma satu kali saja. Biasanya saat pagi hari setelah shalat subuh. Namun, untuk buang air kecil bisa berkali-kali dalam sehari semalam. Tidak hanya di WC rumah tapi kita sering pula melakukan buang air kecil di WC yang ada di luar rumah. Masuk keluar WC banyak dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari akhirnya.

    Belum nanti kalau kita mandi. Kamar mandi pada umumnya juga menyatu dengan WC. Akhirnya, ketika kita mandi maka kita pun juga masuk ke WC juga. Rutinitas kehidupan sehari-hari kita memang seperti itu. Sesuatu yang normal dan tidak masalah sebetulnya. Sebagai seorang muslim pun ia adalah manusia biasa. Ia pun juga biasa keluar masuk WC dalam sehari-hari. Tempat seperti jamban, kamar mandi, bathroom, sebetulnya hakikatnya sama saja dengan WC.

    Ketika kita masuk dan keluar dari WC kita perlu untuk mengamalkan akhlak yang baik. Satu akhlak yang perlu kita amalkan ialah dengan membaca doa keluar WC setiap kali meninggalkannya. Kala keluar dari WC maka lafazh doa tersebut mesti diucapkan. Untuk lafazhnya seperti di bawah ini.
    اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذٰى وَعَافَانِيْ

    Latinnya :
    ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA 'ANNIL ADZAA WA 'AAFAANII.
    Artinya :
    Segala puji milik Allah yang telah menghilangkan dariku kotoran/ penyakit dari badanku dan yang telah menyehatkanku.

    Perlu untuk kita baca dengan seksama doa tersebut. Pahami juga makna yang ada di dalamnya. Termasuk pula menghafalkannya. Tidak terlalu sulit bila hendak menghafalkannya. Cuma perlu waktu yang cukup untuk bisa menghafalkan doa tersebut. Saya yakin semua orang punya waktu yang luang untuk bisa menghafalkannya.

    Yang terpenting untuk kita yakni pengamalan dari doa tersebut. Setiap orang perlu membiasakan diri untuk selalu membaca doanya. Sebab ini bagian dari akhlak mulia sehari-hari. Tidak sulit sebetulnya. Terkadang lupa membaca doa tersebut saat keluar dari WC. Ini juga salah satu yang menghalangi untuk selalu membaca doa tersebut. Pembiasaan memang sulit di awal. Namun, ketika sudah terbiasa maka akan sangat bermanfaat dan mudah melakukan sesuatu itu. Semoga artikel ini menambah manfaat kepada teman-teman sekalian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page