Inilah Doa Ketika Bersin Dilengkapi Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Jan 25, 2021.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kabar baik untuk sobat semuanya. Di tahun yang baru ini kita perlu menyiapkan semangat yang baru pula. Agar semuanya menjadi lebih baik. Tidak hanya kaitannya dengan masalah kesuksesan keduniaan saja yang perlu diperbarui. Pakaian baru, sepatu baru, sandal baru, sepeda motor baru, dan mobil pun ingin yang baru. Ada sisi lain yang juga perlu memperoleh perhatian berlebih.

    Sisi keagamaan pada diri kita rasanya perlu lebih diperhatikan. Porsinya di tahun yang baru ini perlu untuk ditingkatkan juga. Masalah keseharian kita sebagai seorang muslim tidak akan pernah sekejap atau barang satu detik pun terlepas dari pengawasan Allah subhanahu wa ta'ala. Kita hanya seorang hamba yang lemah dan tak berdaya.

    Satu hal yang sering kita lakukan setiap hari ialah bersin. Bahkan dalam satu hari kita pernah bersin sampai berkali-kali. Sebagai seorang manusia yang sehat bersin itu sesuatu yang wajar. Bahkan bersin itu diyakini sebagai sebuah proses alamiah tubuh yang bermanfaat sekali. Bahkan jika seseorang menahan untuk bersin maka itu tidaklah disarankan.

    Bersin sangatlah bermanfaat dalam menghilangkan kuman, bakteri, dan hal lainnya di hidung. Maka sudah sepantasnya kita merasa bersyukur dengan bisa bersin itu. Sebagai wujud syukur itu maka kita perlu membaca doa ketika bersin dengan khusyuk. Inilah doanya.

    اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ
    latinnya:
    ALHAMDULILLAH
    Artinya :
    "Segala puji bagi Allah."

    Bacaan doanya amatlah singkat. Tidak butuh waktu lama agar bisa menghafalkannya. Bahkan satu kali membaca saja mungkin sudah hafal dengan sendirinya. Memang amatlah mudah. Kemudahan ini hendaknya kita bisa gunakan dengan baik. Dalam arti kita setiap bersin membaca doa atau kalimat tahmid tersebut.

    Ada beberapa penyebab umum seseorang sampai mengalami bersin saat tidak sakit antara lain alergi, perubahan suhu yang begitu drastis misalnya setelah keluar dari ruangan yang dingin sekali karena ber-AC, terkena asap rokok yang menyengat, ataupun mencium bau rempah-rempah dan makanan tertentu. Mungkin ada sebab lainnya juga selain yang kami sebutkan tersebut.

    Intinya, kita bisa praktekkan doa saat bersin di atas. Hal itu akan menjadikan diri kita lebih baik lagi. Terutama di tahun yang baru ini.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,832
    Likes Received:
    130
    Trophy Points:
    63
    Satu pertanyaan yang membuat agak penasaran
    kenapa kalau orang mau bersin mukanya menengadah ke atas tidak menunduk kebawah.
     
  3. Afifx

    Afifx New Member

    Joined:
    Jan 25, 2021
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cukup allhamdulillah saja
     
Loading...

Share This Page