Inilah Doa Saat Turun Hujan Yang Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Sep 2, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang baik ini kita perlu bersyukur atas segala nikmat yang kita terima. Banyak hal yang semestinya menjadi nikmat yang jumlahnya tidak terbatas. Karena banyaknya kita amat sulit untuk sekedar menghitungnya. Coba saja kita ingat-ingat dalam satu hari ini saja. Tatkala hendak tidur nanti cobalah teman-teman mengingati berapa nikmat yang telah Allah subhanahu wa ta'ala berikan kepada kita. Saya yakin teman-teman akan kesulitan menghitungnya. Hanya mengatakan banyak tak terhingga saja jawabnya bila ada yang menanyakan hal itu.

    Betapa tidak. Dari kita bangun tidur sampai kembali mau tidur lagi kita menerima nikmat yang tak terhingga jumlahnya. Baik itu kualitas maupun kuantitasnya tidak bisa dihitung. Kita bernapas membutuhkan oksigen. Jumlah oksigen yang kita hirup dalam sehari banyak, sekitar 2000 liter lebih. Itu baru satu hari saja. Dalam satu bulan tentu akan lebih banyak lagi. Artinya jumlah oksigen dalam satu hari dikalikan tiga puluh hari. Sampai di sini kalau oksigen yang kita hirup itu dinilai dengan uang maka kita pastinya akan mengeluarkan banyak uang hanya untuk kebutuhan bernapas saja. Padahal, kebutuhan manusia itu sangat banyak. Misalnya untuk sekolah, makan, minum, pakaian, dan sebagainya. Allah subhanahu wa ta'ala Maha Pemurah dan Maha Pemberi. Semuanya diberikan secara gratis kepada manusia.

    Termasuk ketika kita mendapati musim penghujan. Setiap hari kita menemui hujan yang turun membasahi permukaan bumi. Dengan hujan itu tanah yang semula kering kerontang menjadi basah. Sebelumnya rerumputan yang kering kini menjadi mulai bersemi. Gunung-gunung yang terlihat tandus sebelumnya kini telah mulai menghijau. Semakin menyenangkan dipandang mata. Hujan merupakan nikmat dari Allah. Mesti harus kita syukuri adanya. Saat ada hujan maka kita hendaknya pula membaca doa turun hujan seperti di bawah ini lafazhnya.

    اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

    Latinnya :
    ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAFI’AN.
    Artinya :
    " Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat ". ​

    Doanya cukup pendek sekali. Sangat mudah untuk kita hafalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dibaca beberapa kali saja akan menjadi hafal dengan sendirinya. Setelah hafal dengan baik. Alangkah baiknya bila kita ajarkan kepada orang-orang di sekitar kita. Misalnya keluarga atau anak-anak kecil di sekitar rumah kita. Semoga artikel kami kali ini tentang doa ketika hujan turun ini memberikan tambahan manfaat kepada para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page