Inilah Efek Cloud Computing pada Industri

Discussion in 'Computer' started by vibicla, Feb 15, 2016.

  1. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    VIBICLOUD – Cloud computing Indonesia saat ini masih digunakan sebatas mengakses atau berbagi data. Padahal kemampuan cloud computing Indonesia lebih dari itu. Cloud memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan mesin, bahan dan pekerja secara langsung dan real time. Hal ini menjadi revolusi tersendiri di bidang industri secara global.

    [​IMG]

    Bagi industri, cloud computing Indonesia membuka kemungkinan yang tidak terbatas terutama untuk berbagi jaringan dan sumber daya. Cloud sudah memperkenalkan konsep, lokasi tidak lagi relevan, ini adalah konsep yang kemudian berkembang menjadi tidak menjadi masalah di mana produk Anda berada, Anda atau seseorang bisa membuatnya untuk Anda dengan informasi dan proses manufaktur seperti jika Anda membuatnya sendiri. Cloud memungkinkan pengguna berbagi informasi dengan supplier sehingga kualitas produksi tetap terjaga.

    Revolusi ini tidak terbatas untuk perusahaan besar. Perusahaan yang relatif kecil seharusnya juga mulai menggunakan cloud. Sistem berbasis cloud memungkinkan untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Jika digunakan secara optimal cloud bisa digunakan untuk menjalankan setiap bagian dari produksi. Dari desain dan rekayasa, quality control, sampai ke e-commerce dan relasi dengan pengguna.

    Secara global, banyak perusahaan yang sudah menggunakan cloud sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Pengunaan cloud memungkinkan mereka menjalankan proses produksi industri di beberapa negara yang berbeda tanpa perlu mengunjungi setiap pabrik kecuali untuk pmeriksaan rutin sekali atau dua kali dalam setahun. Tanpa perlu mengunjungi lokasi pabrik, penggunaan bahan, pengemasan hingga pengapalan produk bisa diketahui secara langsung dan real time.

    Tentu, keamanan data menjadi perhatian utama, dan mungkin ini yang membuat perusahaan dalam negeri masih ragu untuk menerapkan komputansi awan dalam proses produksi perusahaan mereka. Tetapi keraguan itu sudah tidak berarti karena cloud computing Indonesia saat ini sudah membuktikan kemampuannya untuk melindungi data pengguna. Satu hal yang harus dipastikan oleh pengguna adalah menjaga integritas dan kemampuan firewall yang digunakan.

    Selain itu, mereka yang berada di balik cloud computing Indonesia adalah para profesional yang ahli di bidangnya. Mengunakan cloud sering kali lebih aman daripada menggunakan sistem sendiri yang memakan lebih banyak biaya.

    Cloud adalah masa depan. Begitu pula dengan mengintegrasikan cloud ke dalam proses produksi industri. Mengunakan cloud berarti mendigitalkan aset fisik, mengambil keuntungan dari aset yang selama ini kurang dimanfaatkan dan juga menurunkan biaya produksi. Bermigrasi menggunakan cloud dan menjadikan cloud computing Indonesia bagian dari proses produksi adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

    Sumber
     
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Rawan di Hack gan, rawan jebol juga servernya , wong server sekelas facebook aja bisa jebol
     
  3. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    yang perlu diperhatikan adalah firewallnya mas, dan sistem ini tentu akan terus dikembangkan.
     
Loading...

Share This Page