Inilah Jenis Makanan Yang Wajib Di Hindari Penderita Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by nida, Jun 30, 2016.

  1. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Asam urat merupakan salah satu penyakit peradangan yang menyakitkan. Penyakit yang di sebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Penyakit inipun pertama kalinya menyerang menyerang seseorang, pada bagian jempol kaki. Meski begitu, asam uratpun sering kali menyerang anggahota tubuh lainnya seperti pergelangan kaki, lutut dan tangan. Orang yang telah berusia senja serta mereka yang memiliki kelebihan berat badan sangat berisiko terkena penyakit ini.

    [​IMG]
    Makanan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan penderita asam urat ini. Dan ada beberapa pantangan makanan bagi penderita asam urat, yang patut anda hindari. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya hanya disini.

    1. Kerang
    Menurut seorang asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di dallas, yang bernama Lona sadon, beliau mengatakan bahwa Bahwa makanan laut serta daging merah sangat kaya akan purin, yang akan terurai menjadi asam urat di dalam tubuh. Untuk itu, anda patut menghindari jenis makanan ini, karena dapat menyebabkan kondisi asam urat anda kambuh atau semakin parah.

    2. Ikan teri tuna, dan asin
    Meski ada beberapa jenis makanan laut yang dapat di makan sesekali, namun khusus untuk jenis makanan ini harus di hindari sepenuhnya. Menurut Scott Zashi, MD yang merupakan seorang rheumatologis dan profesor klinis kedokteran di UT Southwestern, beliau menyatakan makanan laut seperti udang, lobster, dan kepiting terbilang relatif aman di banding dengan ikan teri, tuna dan ikan asin.

    3. Bir
    Menurut Dr. Zashin, Minuman bir memiliki bahaya dua kali lipat bagi penderita asam urat. Pasalnya, selain dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh, juga dapat mempersulit tubuh untuk membersihkan kelebihan asam urat di dalam tubuh. Selama serangan asam urat masih menyerang tubuh seseorang, maka minuman alkohol merupakan salah satu minuman yang harus paling di hindari.

    4. Daging merah
    Semua daging mengandung purin dengan tingkat yang berbeda. Namun daging putih mengandung tingkat purin rendah di banding dengan daging merah. Untuk itu, jika anda tidak menginginkan asam urat anda kambuh ataupun semakin parah, anda harus menghindari mengonsumsi jenis makanan yang mengandung purin seperti daging sapi, daging kambing, daging kalkuk, dan lainnya.

    5. Soft drink
    Minuman soft drink atau minuman manis dengan frukosanya yang tinggi, juga perlu anda hindari. Pasalnya, pemanis yang terkandung dalam minuman tersebut dapat memicu tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak lagi.

    6. Asparagus, kembang kol, bayam dan jamur
    Beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan purin yang lebih tinggi di banding dengan jenis sayuran ataupun makanan lainnya. Namun bagi anda yang sangat menyukainya, anda dapat menghindarinya secara tidak menyeluruh. Karena pada dasarnya, tubuh lebih mudah membuang purin yang bersumber dari nabati.

    7. Jeroan
    Ati, ginjal dan makanan jeroan lainnyapun patut anda hindari. Karena jenis makanan tersebut mengandung purin yang tinggi.

    Nah itulah beberapa jenis makanan yang patut anda hindari, jika kini anda sedang mengalami gangguan kesehatan berupa asam urat. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat, terlebih untuk membantu kesembuhan penyakit asam urat yang sedang anda alami. Salam sehat!
     
    Last edited: Jun 30, 2016
    muhammad fauzi likes this.
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    banyak pantangannya...makannya sama tahu tempe saja :D
     
  3. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    iyaa, tapi penderita asam uratpun masih bisa menyantap makanan secara bervariasi seperi buah dan sayur. seperti wortel, kentang, dan lainnya gan :D
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Semua makanan itu sangat menarik buat saya, tapi kalau informasinya demikian saya jadi ragu untuk menikmatinya,,, mungkin porsinya yang harus di kurangi yah.
     
  5. iqlimakantor

    iqlimakantor New Member

    Joined:
    Jul 29, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Banyak yah pantangannya :eek: makannya harus pilih2 ternyata. Jangan sampai kena asam urat deh hehehe:D
     
  6. Firman Kholiqil Akbar

    Firman Kholiqil Akbar Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    78
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kerang bahaya juga ya buat asam urat, harus di hindari nih
     
  7. ubaid

    ubaid Member

    Joined:
    Feb 25, 2014
    Messages:
    212
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Terimaksih informasinya, sangat berguna. ... . .
     
  8. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    good information, so thanks yaaa
     
Loading...

Share This Page