Inilah Komplikasi Penyakit Crohn

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Aug 15, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    610
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit crohn merupakan peradangan yang akan terjadi pada usus kecil dan juga pada usus besar. Gejala dari penyakit crohn ini pada setiap orang bisa muncul dengan secara berbeda-beda, begitu pula dengan tingkat keparahannya. Ada beberapa orang melaporkan hanya mengalami gejala yang ringan saja, sementara yang lain akan mengungkapkan penyakit ini dapat melemahkan tubuh dan akan menghambat pada aktivitas.

    Penyakit Crohn ini dapat terjadi pada setiap golongan jenis kelamin dan juga usia, termasuk pada anak-anak. Namun, ada sebagian besar kasus yang terjadi pada orang-orang yang sudah berusia antara 16-30 tahun dan 60-80 tahun. Pada orang dewasa penyakit crohn ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Sementara pada anak-anak, akan lebih banyak anak laki-laki yang terkena penyakit ini dibandingkan anak perempuan.

    Berikut ini ada beberapa Komplikasi Penyakit Crohn yang harus Anda waspadai yaitu :
    • Sumbatan Usus
    Penyakit crohn ini dapat mempengaruhi ketebalan dinding usus. Seiring dengan berjalannya waktu, bagian-bagian usus bisa parut dan menyempit sehingga dapat menghalangi pada aliran isi pencernaan. Oleh karena itu, mungkin harus memerlukan pembedahan yaitu untuk mengangkat pada bagian yang sakit dari usus ini.
    • Kanker Usus Besar
    Apabila memiliki penyakit crohn dapat mempengaruhi pada usus besar dan akan meningkatkan resiko penyakit kanker usus besar. Dalam masalah kesehatan yang lainnya yaitu anemia, gangguan kulit, osteoporosis, radang sendi, dan penyakit empedu atau hati.
    • Saluran Pencernaan Tersumbat
    Penyumbatan pada saluran pencernaan ini dapat terjadi karena penyakit crohn yang dapat mempertebal pada dinding usus halus dan akan memicu pada penyumbatan aliran makanan.
    • Ulkus
    Kondisi ini merupakan peradangan kronis pada usus yang akan menimbulkan ulkus atau tukak di berbagai organ pencernaan. Termasuk didalamnya mulut, usus, anus, dan juga organ genital.
    • Fistula
    Kadang juga bisul dapat meluas dengan sepenuhnya yaitu melalui dinding usus sehingga dapat menciptakan fistula (koneksi abnormal antara bagian tubuh yang berbeda). Fistula dapat berkembang di antara usus dan kulit atau antara usus dan organ lain. Ketika fistula menjadi berkembang di perut, maka makanan dapat memotong area usus yang akan diperlukan untuk penyerapan. Fistula dapat terjadi antara lilitan usus ke dalam kandung kemih atau vagina, bahkan keluar melalui kulit.
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Bahaya juga ya komplikasi penyakit Crohn, semoga semua warga bersosial.com terhindar dari penyakit crohn
     
  3. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    610
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Iya benar juga gan, iya gan aamiin
     
Loading...

Share This Page