Inilah Komplikasi Penyakit Gondok Beracun

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Jan 28, 2020.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    637
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Gondok beracun yaitu suatu penyakit yang ditandai dengan membesarnya kelenjar tiroid. Pembesaran pada kelenjar tiroid ini akan membentuk nodul. Nodul yang sduah terbentuk yaitu yang akan membuat tubuh memproduksi terlalu banyak hormon tiroid sehingga dapat menyebabkan terjadinya kondisi medis hipertiroid. Penyakit gondok beracun atau di sebut dengan toxic nodular goiter yang tidak diobati sehingga akan memicu munculnya penyakit yang lainnya. Penyakit yang bisa muncul sebagai komplikasi dari penyakit gondok beracun yaitu gangguan fungsi jantung, masalah tulang, dan masalah yang ada di tenggorokan. Biasanya, penyakit gondok beracun ini juga akan lebih rentan dialami oleh orang tua. Contoh dari penyakit gondok beracun yaitu gondok multinodular beracun, gondok beracun difus atau penyakit Graves, dan adenoma beracun atau penyakit Plummer.

    Berikut ini ada beberapa komplikasi dari penyakit gondok beracun diantaranya yaitu :
    • Aritmia
    Yang pertama komplikasi dari penyakit gondok beracun adalah gangguan pada jantung. Aritmia ini yaitu salah satu dari jenis-jenis penyakit jantung yang sangat bahayanya. Itu berarti, gondok beracun ini di mana penyakit gondok ini sudah menjadi penyakit yang sangat serius. Sehingga yang dapat mengganggu ritme pada detak jantung yang akan menjadi tak beraturan yang perlu penanganan dengan secara cepat.
    • Penurunan Kesadaran
    Yang berikutnya ada penurunan kesadaran. Ada pula beberapa kasus yang di mana penyakit gondok beracun ini juga bisa sampai menyebabkan kesadaran penderita akan menjadi menurun dan bahkan bisa sampai hilang kesadarannya. Sehingga tak akan menutup kemungkinan, gejala koma pada penderita ini juga bisa terjadi dan memang ini juga akan menjadi ancaman jiwa kapan saja. Hal seperti ini perlu adanya penanganan langsung dan cepat.
    • Gagal Jantung
    Penyakit gagal jantung atau juga dikenal dengan istilah gagal jantung kongestif dapat juga menjadi salah satu bahaya komplikasi dari gondok beracun. Gagal jantung ini merupakan suatu kondisi ketika kelemahan akan terjadi pada otot jantung sehingga proses pemompaan darah tidak memadai untuk bisa sampai ke seluruh tubuh.
    • Kehilangan Fungsi Penglihatan
    Yang ketiga akan mengakibatkan kehilangan fungsi penglihatan. Hpertiroid atau akibat dari kelebihan hormon tiroid yang dapat menyebabkan penyakit gondok dan gondok beracun. Pada saat tidak segera ditangani dengan secara benar dan tepat, fungsi penglihatan juga dapat terpengaruh. Komplikasi yang cukup serius bisa saja terjadi, seperti halnya penurunan fungsi penglihatan yang lama-kelamaan dapat hilang.
    • Osteoporosis
    Gondok beracun juga jangan sekali-kali dianggap enteng karena sewaktu sudah begitu serius, penyakit gondok beracun ini mampu menjadi penyebab timbulnya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Padsa saat penderita gondok beracun tak memperoleh penanganan yang sangat memadai sekali, maka otomatis gejala osteoporosis lama-kelamaan akan muncul dan bisa jadi memburuk. Hal ini lebih disebabkan oleh hormon tubuh yang tak seimbang sehingga dapat memengaruhi pada kondisi tulang yang akan menjadi merapuh.
     
Loading...

Share This Page