Inilah Makanan Pereda Sakit Pinggang Yang Harus Anda Coba

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Jan 5, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Sakit pinggang merupakan sebuah kondisi dimana hampir semua orang pernah mengalaminnya. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat berbeda-beda pada setiap individu. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan yang menyebabkan terjadinya sakit pinggang.

    Gejala yang dialami penderita sakit pinggang ada yang ringan dan berlangsung sebentar, dan ada juga yang parah hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

    Agar gejala yang ditimbulkan tidak semakin parah, kami sarankan anda supaya mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi. Berikut ini adalah beberapa Makanan Pereda Sakit Pinggang, diantaranya :

    1. Kale

    Terdapat banyak sayuran yang mempunyai sifat anti-inflamasi. Akan tetapi secara umum, semakin sayuran berwarna hijau, semakin baik nutrisi yang akan anda dapatkan untuk pinggang anda. Salah satunya adalah sayuran kale.

    Salad kale sendiri merupakan sayuran hijau yang bisa dimasukan ke dalam menu diet sehari-hari anda. Namun, jika anda tidak tahan atau kuat dengan selera sayuran kale ini, anda bisa mencampurkannya dengan bahan lain yang anda sukai. Denganbegitu, anda akan tetap mendapatkan manfaat nya dan bisa berpura-pura untuk lupa memakannya.

    2. Kopi

    Makanan yang selanjutnya adalah kopi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, kafein ternyata dapat mengurangi rasa sakit pada mereka yang sedang menderita sakit pinggang akibat olahraga.

    Selain itu, ketika dikonsumsi dengan dosis standar pereda nyeri seperti ibuprofen misalnya, dapat meningkatkan penghilang rasa sakit. Sebuah studi telah menemukan bahwa suplemen kafein sebanyak 100 mg sampai 130 mg sama dengan jumlah kafein di dalam satu cangkir kopi.

    3. Salmon

    Selain memiliki rasa yang lezat dan gizi yang sehat, ternyata salmon juga dipenuhi dengan kandungan asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat mengurangi sakit pada pinggang. Di dalam satu penelitian menunjukan bahwa, bantuan yang didapat dari mengkonsumsi omega-3 dalam bentuk suplemen minyak ikan sebanding dengan bantuan yang didapat dari mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri.

    4. Jeruk

    Orang seringkali menganggap bahwa buah jeruk hanya untuk membantu mencegah timbulnya penyakit pilek dan infeksi pada saluran pernasapan. Namun, ternyata telah ditemukan bahwa buah jeruk ini dapat membantu mengurangi risiko anti-peradangan seperti sakit pada pinggang.

    5. Buah Ceri

    Apakah anda tahu, bahwa buah ceri lebih baik daripada mengerutkan wajah. Penelitian telah banyak membuktikan bahwa buah ceri ini dapat membantu mengobati sakit pinggang, asam urat, dan lainnya. Selain untuk penderita sakit pinggang, ternyata buah ceri ini juga bisa dikonsumsi oleh atlet yang baru saja melakukan perlombaan.

    Di dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi jus ceri selama tujuh hari sebelum acara lari yang intens, menunjukan berkurangnya nyeri otot setelah perlombaan.

    6. Jahe

    Tanaman yang satu ini memang sangat membantu dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah untuk mengatasi peradangan dan rasa nyeri pada sendi dan tulang, Salah satunya yaitu sakit pinggang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jahe ( khususnya dalam bentuk 250 g atau 500 g kapsul bubuk jahe ) sama efektifnya dengan ibuprofen dalam mengurangi sakit pinggang.

    7. Minyak Zaitun

    Banyak manfaat dari minyak zaitun yang sudah terbukti, termasuk kemampuannya untuk meredakan peradangan. Fakta bahwa hal tersebut memang terbukti adalah dengan adanya kandungan antioksidan, salah satunya yang biasa disebut dengan oleocanthal. Senyawa bahan kimia ini pada dasarnya sudah terbukti bekerja layaknya ibuprofen untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit pada tubuh, khususnya pinggang.

    Anda perlu mengkonsumsi satu atau dua cangkir minyak zaitun agar mendapatkan manfaatnya. Lakukan hal tersebut secara rutin dan teratur agar maksimal dalam proses penyembuhannya.

    8. Kunyit

    Tanaman yang biasa dijadikan sebagai bahan bumbu masakan ini ternyata memiliki manfaat bagi sendi dan tulang. Hal itu dikarenakan kandungan curcumin yang ada pada kunyit mampu meredakan gejala dari sakit pada sendi dan tulang, khususnya sakit pada pinggang. Kandungan antioksidan dan anti-peradangan inilah yang mampu mengatasinnya.

    9. Kacang

    Kacang kemiri, kenari, almond, dan juga kacang brazil merupakan pilihan kacang yang sangat baik apabila anda sedang mencari sumberi anti-peradangan yang kuat. Anda bisa mengkonsumsinya ketika pagi hari di saat sarapan dengan menggabungkannya bersama bahan makanan lainnya.
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    437
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    makasih infonya nih,,
     
  3. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    322
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Perbanyak minum air putih saja, apalagi bagi yang bekerja banyak duduk
     
  4. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Sama" bang
    iya benar sekali bang, tapi harus melakukan tindakan lebih lanjut juga agar lebih sehat dan bugar secara maksimal
     
  5. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Betul bang, tapi ramuan herbal pun harus tetap berhati-hati:D
     
Loading...

Share This Page