Inilah Manfaat 6 Buah Buahan Untuk Pengapuran Tulang

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Jan 12, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    338
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Kebanyakan orang mungkin tidak tahu dengan penyakit yang namanya pengapuran tulang ini. Karena mereka menganggap bahwa pengapuran tulang hampir mirip dengan penyakit osteoporosis. Nyatanya, pengapuran tulang ( osteoarthritis ) berbeda dengan penyakit pengeroposan tulang ( osteoporosis ).

    Penyakit osteoarthritis ini merupakan sebuah penyakit degeneratif yang dapat menyerang persendian dan tulang sehigga terasa nyeri ketika digerakkan. Biasanya, penyakit pengapuran tulang ini juga tidak dapat mengkonsumsi makanan yang sembarangan dikarenakan dapat menyebabkan semakin memburuknya pengapuran tulang.

    Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasikan makanan bagi penderita pengapuran tulang, yakni dengan mengkonsumsi buah-buahan. Walaupun tidak semua buah-buahan baik baig penderita pengeroposan tulang tetapi buah yang kami sarankan ini mempunyai kelebihan dalam meringankan pengapuran tulang.

    Selan itu, buah-buahan yang kami sarankan ini mempunyai cita rasa yang begitu lezat apalagi ketika diolah terlebih dahulu menjadi jus atau puding. Berikut ini adalah beberapa daftar Buah Buahan Untuk Pengapuran Tulang, diantaranya :

    1. Pisang

    Pisang merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi sebagai cara untuk membakar lemak ketika seseorang melakukan program diet. Namun, pisang tidak hanya dapat menjadi pembakar lemak saja, tetapi juga dapat menjadi penurun risiko pengapuran tulang. Bagi anda penderita pengapuran tulang, buah yang satu ini harus dimasukan ke dalam menu harian anda.

    Menurut sebuah penelitian yang ada, terdapat sejumlah jenis pisang yang tidak hanya mengandung kalium tinggi, tetapi juga kalsium yang tinggi. Dikarenakan adanya kalsium yang tinggi, otomatis penyakit seperti pengapuran tulang juga dapat diatasi dan diobati. Akan tetapi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

    2. Pepaya

    Selanjutnya adalah buah yang sangat baik untuk penderita pengapuran tulang yaitu pepaya. Buah yang satu ini hampir sama seperti buah pisang, yakni mengandung serat yang tinggi dan paling baik untuk penderita pengapuran tulang. Selain untuk pengapuran tulang, pepaya juga dapat digunakan untuk memperlancar BAB atau mengatasi masalah sembelit, tetapi sebenarnya pepaya juga bagus untuk tulang.

    Konsumsi buah pepaya ini setiap hari secara rutin dan teratur. Hal ini memungkinkan membantu sistem pencernaan supaya menjadi lancar dan masalah pengapuran tulang sendi menjadi berkurang.

    3. Tomat

    Buah yang satu ini dapat termasuk ke dalam sayuran maupun buah-buahan. Di dalam buah tomat ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat dalam menambah daya tahan tubuh. Tidak hanya itu saja, buah tomat sendiri juga merupakan buah-buahan yang mengandung kalsium tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita pengapuran tulang.

    Selain vitamin C nya, vitamin K yang ada pada buah tomat ini juga sangat tinggi sehingga mampu menjadi penguat tulang atau membantu memperbaiki tulang yang terganggu. Buah tomat ini juga diketahui mempunyai kandungan likopen yang tinggi sehingga massa tulang dapat meningkat dengan mengkonsumsi secara rutin dan teratur.

    4. Apel

    Manfaat dari buah apel ini sudah tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh karena buah apel sendiri merupakan salah satu buah yang dapat menjauhkan anda dari berbagai penyakit. Hasil dari sebuah penelitian dari Perancis menyatakan bahwa di dalam buah apel terkandunga phloridzin yang merupakan jenis flavonoid.

    Selain phloridzin, terdapat juga kandungan boron yang mempunyai fungsi sebagai penguat tulang. Buah apel diketahui mempunyai kandungan mineral yang banyak seperti magnesium, kalsium, zat besi, dan juga kalium untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Dari seluruh kandungan tersebut, sangat baik bagi tulang karena mampu mengatasi pengapuran tulang serta dapat juga diandalkan sebagai peningkat massa tulang.

    5. Sirsak

    Daun dari buah sirsak ini memiliki khasiat dalam mengatasi sendi. Daun sirsak ini sudah banyak dikenal khasiatnya untuk mengatasi meringankan pengapuran tulang.

    Untuk cara pengolahannya pun sangatlah mudah. Rebus daun sirsak dengan air panas, setelah air berwarna kehijauan tunggu beberapa menit kemduian angkat dan saring. Hasil dari rebusan itulah yang dapat anda konsumsi sehari dalam meringankan pengapuran tulang.

    6. Buah Nanas

    Apakah anda menyukai buah nanas ? Menurut penelitian dari jurnal di situs National Institute of Health, kandungan bromelain yang ada pada buah nanas dapat memberikan efek positif pada 18 pasien osteoarthritis. Selain itu, enzim bromelain juga dapat menyerap glukosamina secara maksimal. Oleh karena itu, proses perbaikan sendi dapat lebih cepat.
     
Loading...

Share This Page