Inilah Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Mar 6, 2019.

Tags:
  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Di balik rasa asam jeruk lemon, tersimpan manfaat yang beragam. Manfaat lemon begitu beragam, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat lemon yang sudah banyak diketahui adalah untuk mendetoks tubuh dari racun-racun yang selama ini tersisa di dalam tubuh. Sehingga, tubuh pun akan menjadi bugar kembali dan terbebas dari berbagai penyakit. Selain itu, buat kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan, lemon ternyata bisa menjadi salah satu alternatif jitu untuk membuat tubuh langsing.

    Hal ini karena lemon mengandung banyak vitamin C yang menjadikannya salah satu buah penuh manfaat. Manfaat lemon didapatkan dari kandungan buah ini yang mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi tersebut, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

    Di antara banyaknya varian jeruk, lemon merupakan salah satu yang cukup spesial. Buah berwarna kuning cerah itu mengandung 51 persen vitamin C dengan rasa asam yang menyegarkan. Tak hanya untuk kecantikan, sebenarnya lemon mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari lho. Seperti beberapa berikut ini:

    1. Mengatasi Berbagai Penyakit

    Tak hanya air mineral, lemon juga sangat pas dipadukan dengan teh. Teh beraroma lemon ini dipercaya dapat membuat suasana hatimu lebih tenang. Selain itu, minum teh lemon dipercaya sangat berkhasiat bagi tubuh. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya seperti tenggorokan lebih sehat, mengobati asma, serta meredakan batuk dan pilek.

    2. Menambahkan rasa Saat Memasak

    Hampir seluruh bagian lemon dapat kamu manfaatkan. Bahkan dengan sedikit parutan kulit lemon saja, kamu bisa memperkaya rasa dan aroma masakan. Untuk mendapatkan parutan terbaik, pilihlah lemon dengan kulit yang kasar dan tebal.

    3. Melancarkan Pencernaan

    Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut, membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, sehingga air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam.

    4. Detoksifikasi Hati

    Zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Oleh sebab itu manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah detoksifikasi hati. Meminum jus lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

    5. Meredakan Stres

    Manfaat Lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk kesehatan mental yakni dengan membantu meredakan stress. Selain nutrisinya yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress akan berkurang dan mood pun bisa kembali baik.

    6. Minum Air Lemon Untuk Membantu Turunkan Berat Badan

    Kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada buah jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Banyak yang meyakini manfaat lemon untuk diet berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon setiap pagi hari dapat menghindarkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan. Tapi kamu harus ingat tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Kamu harus mengombinasikan konsumsi minuman atau makanan sehat dengan program penurunan berat badan yang jadi pilihanmu.

    7. Mengecilkan Perut Buncit

    Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Siapa sangka manfaat lemon untuk diet adalah membantu mengecilkan perut buncit. Caranya cukup mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore dan minimal 3 kali dalam seminggu. Hasilnya, perut buncit akan hilang.

    8. Meminimalkan Resiko Stroke Iskemi


    Menurut beberapa penelitian, manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah membantu meminimalkan resiko stroke iskemik. Mengonsumsi buah sitrus, seperti lemon, dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik. Stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Stroke iskemik ini yang paling umum di mana terjadi hampir 90 persen di masyarakat.

    9. Menyehatkan Jantung

    Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Yup, manfaat lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah resiko terkena penyaki jantung. Karena kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, lemon yang tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

    10. Hilangkan Keriput Secara Alami

    Manfaat lemon untuk wajah yang pertama adalah untuk mengurangi keriput dan meningkatkan kualitas kulit wajah. Sebuah penelitian menyatakan, minyak lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit. Vitamin C pada buah Lemon mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Enzim alami yang terkandung dalam buah lemon dapat mengencangkan pori-pori yang besar dan mencegah munculnya pori-pori baru.

    Caranya iris lemon dan kemudian gunakan lemon tersebut untuk memijat bagian kulit yang keriput selama beberapa menit. Kamu juga bisa memarut kulitnya dan menggunakannya sebagai masker wajah. Menurut American Academy Dermatology, efek perawatan kulit anti penuaan baru bisa terlihat setelah satu bulan. Jadi, jangan khawatir kalau selama satu minggu kulit kamu belum mulus.

    11. Menghilangkan Kulit Belang

    Kamu bisa mengurangi kemerahan pada kulit wjaah yang terbakar matahari dengan mencampur 1 sendok makan jus lemon, air mawar, dan jus mentimun. Lalu, celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan letakan langsung pada kulit yang terbakar selama 30 menit. Mentimun dan lemon terkenal sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin c yang terkandung di dalam lemon meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit serta mencerahkan bintik-bintik gelap. Oleh sebab itu manfaat lemon untuk wajah adalah menghilangkan kulit belang.

    12. Memudarkan Bekas Jerawat

    Memudarkan bekas jerawat merupakan manfaat buah lemon untuk wajah lainnya. Buah lemon kaya akan vitamin c dan asam sitrat yang baik untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Vitamin c meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru. Sebagai pemutih alami, lemon dapat mencerahkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat anti-bakteri membantu mencegah timbulnya jerawat. Caranya, cukup campurkan jus lemon segar dan minyak kelapa atau almond kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan bola kapas. Setelah tiga menit, bilas wajah dan pakai pelembab.

    13. Mencerahkan Kulit


    Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Nah, manfaat lemon untuk wajah adalah membantu mencerahkan kulit. Caranya, sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.
     
  2. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Selain menyegarkan ternyata banyak juga yah manfaat lemon untuk kesehatan
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Ya betul sekali, apalagi kalo diminum siang hari:D
     
  4. BangDen

    BangDen Member

    Joined:
    Dec 14, 2014
    Messages:
    221
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    bukankah lemon itu pemain profesional mobile legend kan? *magicleft**magicright*
     
  5. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Itu beda lagi gan, itu depan nya pak **Q hihih:D
     
  6. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Bukannya lemon juga kaya antioksidan ya? Seperti penangkal radikal bebas gitu... :D
     
  7. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    BETUL JUGA MAS, eh ko bisa tau mas ? :D
     
  8. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    415
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sepertinya buah lemon menjadi komoditi yang menjanjikan saat ini
     
  9. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Betul sekali mas, selain dari buah aslinya, terdapat juga beberapa ekstrak dari buah lemon ini yang dibuat dalam kemasan:)
     
  10. Tiffany Stephy

    Tiffany Stephy New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    tepat untuk 12 dan 13 tetapi semua kembali ke jenis kulit masing-masing lagi karena engga semua kulit wajah itu bisa menerima bahan-bahan alami loh.. jadi kalo untuk kulit wajah lebih diperhatikan lagi dan jangan asal-asalan nanti yang ada kulit kita menjadi rusak ok gyuss...
     
  11. resi raphael

    resi raphael New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    71
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    6
    Singkat, si asem yang membawa nikmat dan manfaat..
     
Loading...

Share This Page