Inilah Pantangan Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Oct 18, 2018.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    624
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit asam urat yaitu sebagai penyakit pada persendian yang terjadi karena adanya penumpukan kadar zat purin yang ada dalam tubuh. Zat purin ini merupakan suatu senyawa yang dibawa ke tubuh melalui makanan, peningkatan akdar zat purin yang ada dalam darah akan menyebabkan terjadinya pembentukan kristal-kristal asam urat yang tajam pada area persendian. Kristal-kristal asam urat terbentuk dari hasil metabolisme zat purin yang tidak dapat diserap oleh tubuh, penyakit asam urat ini biasanya akan menyerang pada usia diatas 40 tahunan dengan kaum pria akan lebih berpotensi mengidap penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan tidak adanya hormon strogen yang ada pada pria untuk membantu penyerapan zat purin.

    Dibawah ini ada beberapa pantangan sayuran untuk penderita asam urat adalah sebagai berikut :
    • Kacang Polong
    Kacang polong ini merupakan jenis kacang yang biasanya suka dibuat cemilan gurih atau disajikan dalam makanan, karena kacang polong ini jenis sayuran yang harus di hindari oleh penderita penyakit asam urat karena termasuk kedalam sayuran yang mengandung zat purin. Kacang polong ini berada di tingkat paling atas untuk kandungan zat purin dari golongan kacang-kacangan yang lainnya.
    • Kangkung
    Kangkung seakan menjadi menu wajib pada setiap masakan rumahan sehari-hari. Karea kangkung ini biasanya diolah dengan cara ditumis menjadi menu favorit masyarakat Indonesia, kangkung memiliki cita rasa yang khas dan tidak pahit serta kankung ini mengandung vitamin yang tinggi. Namun, kangkung juga memiliki kandungan zat purin didalamnya. Sehingga bagi penderita asam urat sebaiknya jangan mengkonsumsi kangkung setiap hari atau pada saat asam urat sedang kambuh.
    • Bayam
    Bayam merupakan salah satu sumber zat besi penting bagi tubuh, karena bayam ini sudah menjadi favorit masakan rumahan karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Selain tinggi akan zat besi, bayam juga mengandung vitamin C, beta karoten, falvonoid dan luteins. Namun dibalik banyaknya manfaat kesehatan yang ada dalam bayam, ternyata bayam ini termasuk kedalam jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Karena pada 100 gram bayam itu mengandung 57 gram zat purin, konsentrasi tersebut cukup tinggi jika dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat bahkan juga bisa menyebabkan peradangan asam urat lebih cepat siklus dari semestinya.
     
Loading...

Share This Page