Inilah Penyebab Kista Ovarium

Discussion in 'Health & Medical' started by Silmi Alimatul, Feb 18, 2019.

  1. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti para wanita, tahukah Anda ternyata tidak hanya orang dewasa. Kista ovarium juga bisa menyerang para remaja, terlebih yang sudah mengalami haid atau menstruasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, siklus haid yang tidak teratur disinyalir menjadi penyebab kista paling utama.

    Tetapi, ada juga beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab kista ovarium pada remaja, diantaranya ialah :

    1. Faktor Genetik
    Yang pertama ada faktor genetik atau keturunan, dimana jika Anda mempunyai keluarga yang pernah mengalami kista ovarium seperti ibu atau nenek. Maka risiko Anda terkena penyakit serupa ini cukup besar. Terlebih jika disertai dengan gaya hidup yang tidak sehat.

    2. Kurang Olahraga
    Penyebab berikutnya ialah kurangnya olahraga yang mengakibatkan penumpukan lemak pada tubuh bagian atas. Hal ini diketahui menjadi salah satu penyebab kista yang tidak disadari, untuk itu sempatkan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

    3. Haid Tidak Teratur
    Selanjutnya ada haid tidak lancar yang bisa terjadi karena berbagai hal, dari mulai : Stres, pola hidup tidak sehat, kurang olahraga, hingga berat badan. Umumnya kista ini akan lebih mudah menyerang perempuan dengan periode haid pertama di bawah 11 tahun.

    4. Gagalnya Folikel Berovulasi
    Pada wanita, folikel atau kantung telur setiap bulan mengalami ovulasi. Jika folikel ini sudah melepas sel telur dan mengalami kegagalan, ia akan tumbuh menjadi kista.

    5. Pola Makan Kurang Sehat
    Penyebab kista ovarium pada remaja berikutnya ialah pola makan yang kurang sehat. Seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji serta bahan kimia dan pengawet. Dan kurang mengkonsumsi makanan berserat.
     
Loading...

Share This Page