Inilah Penyebab Pemanas Air Tenaga Matahari Rusak

Discussion in 'General Discussion' started by Frizy, Jun 2, 2020.

  1. Frizy

    Frizy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    76
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Menggunakan water heater pemanas air tenaga matahari memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menggunakan water heater tenaga listrik maupun gas. Dikenal sebagai solar water heater, saat ini sudah banyak yang menggunakan hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Bukan tanpa alasan, pada dasarnya pemanas air tenaga matahari ini memang lebih aman digunakan dibandingkan tenaga listrik maupun gas.

    Tak hanya itu, untuk perawatannya, water heater ini juga lebih mudah dan ekonomis. Akan tetapi, tentu saja setiap water heater jika dipakai dalam waktu yang cukup lama pasti akan menimbulkan kerusakan. Apabila ada kerusakan pada water heater ini, maka Anda tidak boleh menyepelekannya. Sebab, jika dipandang sepele maka akan menimbulkan kerusakan lain yang lebih parah.

    Seperti Apa Sih Gejala Yang Timbul Dan Penyebab Pemanas Air Tenaga Surya Yang Rusak?
    Sebelum membahas tentang penyebab solar water heater rusak, sebaiknya mari kita kenali terlebih dahulu beberapa indikasi yang terjadi ketika pemanas air tenaga surya mengalami kerusakan. Mungkin banyak orang yang belum mengenali tanda-tanda kerusakan pemanas air. Adapun tanda-tanda yang timbul ketika pemanas air water heater ini rusak adalah :

    • Air Tidak Bersuhu Panas
    Gejala yang pertama timbul adalah air yang keluar tidak panas.

    • Air Mengalir Di Saat Tidak Digunakan
    Apabila air mengalir padahal sedang tidak digunakan juga menjadi tanda bahwa water heater mengalami kerusakan.

    • Air Mengandung Sengatan Listrik
    Selanjutnya, yang menunjukkan pemanas air sedang bermasalah adalah air mengandung sengatan listrik. Ini tentu saja sangat membahayakan keselamatan karena air merupakan bahan kondensator atau penghantar listrik.

    • Komponen Mengeluarkan Bunyi Keras
    Pemanas air tenaga surya yang berjalan normal pastinya tidak mengeluarkan bunyi apapun. Jika tetap menimbulkan bunyi, maka menandakan bahwa water heater mengalami kerusakan.

    • Air Yang Dialirkan Sangat Kecil
    Tanda-tanda terjadinya kerusakan pada water heater selanjutnya adalah air yang dialirkan lebih kecil dibandingkan biasanya.

    • Membutuhkan Proses Yang Sangat Lama
    Kerusakan selanjutnya adalah untuk mendapatkan air yang panas diperlukan waktu yang lebih lama.

    Lalu Apa Penyebab Pemanas Air Tenaga Matahari Rusak?
    [​IMG]
    Tentunya kerusakan-kerusakan yang terjadi pada water heater bukan tanpa alasan, adapun kerusakan yang terjadi disebabkan oleh :

    • Penetralisir Ph yang Kotor
    Salah satu yang sering menjadi kerusakan water heater tenaga matahari dipicu oleh kondisi kotor pada penetralisir Ph. Penetralisir ph pada pemanas air tenaga surya adalah anoda magnesium. Jika anoda magnesium tersebut habis atau kotor, maka akan mengeluarkan cairan asam yang baunya menyengat.

    • Terjadi Kebocoran Pada Pipa
    Kerusakan yang seringkali terjadi selanjutnya adalah terjadinya kebocoran pada pipa. Untuk masalah yang cukup serius ini, Anda bisa meminta bantuan kepada jasa service pemanas air. Karena mereka yang lebih tahu tentang hal ini.

    • Terjadi Tekanan Berlebihan
    Penyebab terjadinya kerusakan pada water heater selanjutnya adalah terjadinya tekanan yang berlebihan. Tekanan berlebihan ini diakibatkan oleh safety valve yang dapat menyumbat aliran air.

    • Kadar Kapur Dalam Air Tinggi
    Selanjutnya yang menjadi penyebab water heater rusak adalah naiknya kadar kapur yang terkandung dalam air. Kadar kapur yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kerak dan menyebabkan penyumbatan.

    Itulah beberapa penyebab yang seringkali terjadi pada water heater Anda. Jika Anda menemui kendala maka Anda bisa konsultasikan kepada jasa service water heater untuk memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi pada water heater Anda.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,431
    Likes Received:
    103
    Trophy Points:
    63
    Bagus banget matahari dapat dimanfaatkan sebagai pemanas air, tapi bagaimana ya dari sisi penelitian apakah air yang dipanaskan sehat dalam jangka panjang tidak ada zat lain yang dapat membahayakan, kayaknya harganya masih mahal ini dan tidak semua orang bisa memperbaiki kalau rusak
     
Loading...

Share This Page