Inilah Penyebab Perut Kembung dan Hal-Hal untuk Mengatasinya

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, May 28, 2020.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]

    Pasti kamu pernah kan mengalami situasi perut yang terasa penuh dan disertai rasa mual dan kembung? Rasa tersebut memang sering terjadi pada semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

    Hal tersebut timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gas, seperti nangka hingga brokoli. Tidak hanya dari makanan, gas dalam perut juga bisa muncul dari proses pencernaan, dimana hidrogen, metana, dan karbon dioksida terkumpul.

    Beberapa kebiasaan buruk terkadang juga dapat menyebabkan perut kembung, seperti mengunyah permen karet, merokok, makan terlalu cepat, dan sebagainya. Sedangkan bagi wanita, mengalami perut kembung sering terjadi pada saat menstruasi, dimana ketidakseimbangan hormon dan retensi air menjadi penyebab yang cukup umum.

    Mengalami perut kembung memang hal yang wajar, namun sebenarnya hal tersebut dapat dicegah. Nah, sebaiknya yuk simak tips yang cukup ampuh berikut ini untuk terhindar dari perut kembung.

    1. Makan dalam Porsi yang Lebih Kecil

    Kalau kamu sering makan secara berlebihan apalagi dalam waktu yang cepat, perut pasti menjadi terasa kembung. Lalu, saluran pencernaan akan bekerja keras demi mencerna makanan tersebut dan akhirnya, menimbulkan gas dalam tubuh. Kamu bisa menghindari masalah perut kembung ini dengan mengonsumsi makanan dengan intensitas yang lebih sering yaitu 4-5 kali sehari namun dengan porsi yang lebih kecil.

    2. Makan Secara Perlahan

    Makan dan minum terlalu cepat dapat meningkatkan jumlah udara yang ditelan bersama makanan sehingga perut akan membesar dari biasanya. Oleh karena itu, kunyahlah makanan kamu secara perlahan untuk mengurangi jumlah udara yang masuk bersama makanan demi menghindari gas berlebihan di dalam perut.

    3. Minum Sebelum Makan

    Jika kamu minum di saat yang kamu juga sedang makan, secara tidak langsung kamu akan kehilangan asam lambung dan tidak bisa memecah makanan. Oleh karena itu, biasakanlah minum sekitar 30 menit sebelum makan untuk membantu pencernaan lebih baik dan menghindari perut kembung.

    4. Kurangi Asupan Garam

    Garam ternyata punya pengaruh pada terjadinya kondisi perut kembung. Hal ini tidak lain karena kandungan sodium yang cukup banyak di dalam garam. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam secara berlebihan agar menghindari perut kembung.

    5. Hindari Susu dan Olahan Susu

    Cara mengatasi perut kembung juga dapat dilakukan dengan menghindari terlalu banyak mengonsumsi susu serta produk olahannya. Konsumsi susu, yoghurt, hingga keju secara berlebihan dinilai mampu membuat perut lebih mudah begah. Untuk itu, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi susu dan berbagai produk olahannya agar gangguan perut kembung tidak datang.
     
Loading...

Share This Page