Inilah Penyebab Tulang Keropos di Usia Muda

Discussion in 'Health & Medical' started by Rini Novianti, Aug 11, 2015.

  1. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Pernah mendengar istilah tulang keropos atau Osteoporosis ? Tulang keropos atau osteoporosis biasa kita ketahui sering dialami oleh lansia, namun seiring perkembangan zaman penyakit ini bisa menyerang di usia muda juga. Nah, penasaran kan apa penyebab tulang keropos menyerang di usia muda ? Yuk simak terus artikel di bawah ini...

    Mengenal Penyakit Osteoporosis di Usia Muda
    [​IMG]
    Penyakit Tulang Keropos (Osteoporosis) merupakan salah satu penyakit yang termasuk ke dalam silent disease. Maksudnya, penderita tidak mengalami nyeri/sakit dan gejala apapun sampai dimana penderita mengalami tidak bisa bangun dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Menurut Dr Jashan Vishwanath Mumbai, India, mengatakan bahwa tulang keropos terjadi karena massa tulang yang menurun "Kasus osteoporosis biasanya dimulai setelah masa menopause. Namun sekarang banyak ditemukan pada wanita yang lebih muda".

    Tulang Keropos berdasarkan penyebabnya dibedakan menjadi 4 bagian, yakni :
    1. Osteoporosis Postmenopausal, terjadi karena kekurangan hormon esterogen yang berfungsi sebaai pengangkutan kalsium ke dalam tulang wanita.
    2. Osteoporosis Senilis, akibat kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan diantara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang baru.
    3. Osteoporosis Sekunder, disebabkan oleh keadaan medis / obat-obatan. Contoh penyakit penyebab tulang keropos salah satunya adalah gagal ginjal kronis.
    4. Osteoporosis Juvenil Idiopatik, penyebabnya belum diketahui.
    Penyebab tulang keropos dapat menyerang di usia muda yakni dipengaruhi oleh beberapa faktor yang akan kami jabarkan, berikut ini :
    • Wanita, wanita lebih beresiko mengalami tulang keropos dibandingkan pada pria. Tahukah anda hormon estrogen mulai menurun mulai dari usia 35 tahun.
    • Usia, seiring dengan bertambahnya umur fungsi organ tubuh juga akan semakin menurun. Pada usia antara 75-85 tahun wanita memiliki resiko 2x lipat dibandingkan pada pria.
    • Ras/suku, menurun penelitian ras asia memiliki resiko terbesar mengalami tulang keropos dibandingkan ras lainnya. Hal ini disebabkan karena kurang nya mengkonsumsi kalsium wanita asia yang sangat rendah.
    • Keturunan, jika anda memiliki anggota keluarga yang mengalami tulang keropos artinya anda juga memiliki resiko yang sama walaupun anda masih usia muda.
    • Gaya hidup yang tidak baik, jika anda ingin terhindar dari penyakit tulang keropos di usia muda sebaiknya hindari gaya hidup tidak sehar seperti terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan minuman bersoda, yang mengandung kafein dan alkohol, malas berolahraga, merokok, mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
    • Badan terlalu kurus dan mungil, Badan yang terlalu kurus dan mungil rentan mengalami tulang keropos karena bobot tubuh yang ringan massa tulang cenderung kurang terbentuk sempurna.
    • Kebiasaan sikap tubuh, juga mempengaruhi terutama pada saat duduk dan tidur. Sikap duduk yang membungkuk dan bengkok dapat mengakibatkan pengeroposan tulang.
    Lakukan pencegahan dini penyakit tulang keropos (osteoporosis) dengan mengkonsumsi Obat Tulang Keropos dan makanan/minuman yang banyak mengandung kalsium. Hindari penyebab diatas, menjaga kesehatan tulang sangat lah penting dilakukan, semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

    Sumber : Penyebab Tulang Keropos di Usia Muda
     
    Last edited: Aug 11, 2015
  2. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,090
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Denger2 akibat jarang mengonsumsi makanan or minuman yg mengandung kalsium seperti susu y..
     
  3. desaingrafis

    desaingrafis Member

    Joined:
    Jul 23, 2014
    Messages:
    83
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    ya betul, rata rata usia di atas 40 tahun harus hati hati dengan mengangkat beban berat ..seperti yang di jelaskan Teteh seiring dengan bertambahnya umur fungsi organ tubuh juga akan semakin menurun..:)
     
  4. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    iya mas, selain susu juga makanan yang mengandung kalsium tinggi terdapat di dalam keju, yogurt, sayuran hijau, kacang kedelai, dll :D

    iya mas, kalo menurut saya sih lebih baik olahraga yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari kebiasaan buruk seperti yang dikatakan diatas :) semoga bermanfaat
     
  5. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,728
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    untuk point gaya hidup yang tidak baik kategorinya gwe banget :eek::D
     
  6. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    yaelah mas gak baik itu, gak sehat soalnya *tunggu*
     
  7. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    mantap sobat terima kasih atas informasinya
     
  8. Guru Les

    Guru Les Member

    Joined:
    Jul 16, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Penyakit ini momok yang cukup menakutkan... terutama untuk wanita yang sudah menopouse.
     
  9. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    jangan lupa perbanyak olahraga yaahh mas @hadi :)

    sama-sama, terima kasih juga telah berkunjung mas @Dimas Prasetiyo :)

    osteoporosis memang lebih rentan terjadi kepada wanita dibandingkan pada pria, jadi sepandai-pandainya kita dalam menjaga kesehatan tulang. Terima kasih telah berkunjung mbak @Guru Les :)
     
Loading...

Share This Page