Inilah Rekomendasi Makanan yang Ampuh Mencegah Penyakit Stroke

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, Dec 11, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]

    Penyakit stroke merupakan penyakit yang ditandai dengan berkurangnya aliran darah menuju otak lantaran adanya sumbatan pada pembuluh darah. Meski sering dialami oleh orang-orang yang berusia lanjut, tapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa menyerang orang-orang masih berusia muda.

    Namun, terdapat beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki khasiat ampuh untuk mencegah dan membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke. Apakah saja makanannya? Berikut selengkapnya.

    Salmon

    Kerap dijadikan bahan utama untuk sushi, Salmon memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, salmon juga dikenal sebagai agen anti-inflamasi yang dapat membersihkan plak di otak dan di arteri, terutama yang terletak di dekat jantung.

    Banyak dari para ahli yang menganjurkan untuk setiap individu selalu mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3 dengan cara mengonsumsi ikan dibandingkan melalui suplemen. Dengan memenuhi kebutuhan omega-3 tentunya dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol sehingga dapat terhindari dari penyakit stroke.

    Dark Chocolate

    Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi dark chocolate dapat membantu mengurangi peluang terkena penyakit stroke, jantung koroner, hingga diabetes. Cokelat hitam dengan kadar di atas 70 persen mengandung antioksidan, serat, zat besi, magnesium, dan mineral dengan kadar yang tinggi.

    Selain itu, kandungan fitokimia dalam dark chocolate dapat membantu membuka pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Namun, Anda tetap harus waspada untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya dikarenakan tidak jarang dark chocolate yang banyak dijual pasaran memiliki kandungan gula.

    Alpukat

    Selain memiliki rasa yang lezat, nyatanya buah Alpukat memiliki kandungan yang dapat mencegah Anda terkena penyakit stroke. Dengan mengonsumsi satu cangkir alpukat yang sudah dihaluskan mampu memenuhi sekitar 24 persen dari kebutuhan kalium harian Anda.

    Selain itu, buah alpukat juga dikenal kaya akan asam lemak sehat yang baik bagi jantung dan telah terbukti mengurangi peradangan. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam alpukat terbukti dapat meningkatkan jenis kolesterol baik atau yang dikenal dengan HDL.

    Biji Labu

    Biji labu adalah salah satu makanan yang tinggi akan kandungan magnesium. Selain itu, biji labu juga kaya akan kandungan protein, magnesium, kalium, dan lemak tak jenuh ganda yang secara alami dapat mengurangi mengurangi risiko penyakit stroke, penyakit jantung, hingga kanker.

    Biji Labu juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik sehingga dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengurangi komplikasi diabetes sekaligus juga dapat meningkatkan kesehatan usus Anda.

    Itulah beberapa makanan yang terbukti ampuh dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke. Namun, selain mengonsumsi makanan di atas, pastikan juga Anda menerapkan gaya hidup sehat untuk memaksimalkan pencegahan dari penyakit stroke dan beberapa penyakit lainnya.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    507
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    makanan mahal semua kecuali alpukat
     
  3. Edi Kumpass

    Edi Kumpass New Member

    Joined:
    Nov 30, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah ternyata alpukat bisa juga ya untuk mengobati stroke?
     
  4. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page