Inilah Tips Memilih Speaker Audio Mobil Dengan Kualitas Terbaik

Discussion in 'Otomotif' started by audiomobilbsd, Nov 24, 2019.

  1. audiomobilbsd

    audiomobilbsd New Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Salah satu komponen Audio yang paling utama untuk mendengarkan musik adalah speaker. Kini dengan mudah dapat kita temukan di Toko Audio. Produk tersebut telah tersedia dengan merek dan harga yang beragam tentunya. Tapi untuk mmemilih speaker audio Mobil yang tepat bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. apakah harga speaker tersebut sudah sesuai dengan kualitasnya?. Dan yang terakhir adalah masalah ukuran dari Speaker Audio Mobil tersebut.

    Sebelum memutuskan untuk membeli speaker, sebaiknya cari referensi dari Internet. Anda bisa konsultasi dengan tehnisi audio yang ahli dibidangnya. Mereka akan memberikan masukan untuk menentukan speaker yang sesuai dengan keinginan Anda.

    Harga speaker berkualitas memang lebih mahal karena material dan komponen yang digunakan. Jika Anda senang dengan suara musik sound quality, sebaiknya pilih speaker komponen 3 way. Kelebihan speaker tersebut adalah, setiap komponenya dibuat secara terpisah. Komponen tersebut antara lain, Tweeter, Midrange, Midbas. Untuk memasang speaker 3 way harus dibuat dudukan pada pilar dashboard mobil Anda. Untuk lebih jelasnya mari baca ulasan Lain berikut ini:




    Beberapa Tips Memilih Speaker Audio Mobil

    1. Identifikasi bahan yang digunakan
    Tips pertama untuk memilih speaker untuk audio mobil adalah melihat secara detail bahan untuk membuat speaker tersebut. Jika perlu tanyakan langsung kepada si penjual.
    Sebaiknya pilih speaker dengan bahan karet yang mengelilingi bagian speaker. Jika anda memilih speaker yang dikelilingi oleh bahan busa atau kain maka hal itu akan berdampak buruk pada kondisi speaker. Lalu mengapa harus menggunakan material yang berbahan karet? Alasannya adalah karena bahan karet mempunyai daya tahan yang begitu lama.


    Perhatikan Spesikasi apakah sudah sesuai Kriteria

    Selain bahan , perhatikan sensitivitas dari speaker itu sendiri. Mengapa harus memperhatikan sensitivitas? Karena sensitivitas memberikan informasi mengenai seberapa besar suara yang mampu dihasilkan dari power amplifier menuju koneksi speaker. Semakin besar sensitivitas pada speaker, semakin efisien daya yang dibutuhkan. Misalnya speaker dengan sensitivtas 90dB dapat menggunakan Amplifier berdaya 50 Watt per kanal.

    3. Respon Frekuensi
    Salah satu tips untuk memilih speaker sebelum membelinya adalah memperhatikan respon frekuensi. Mengapa harus memperhatikan respon frekuensi? Karena respon frekuensi sangat mempengaruhi aliran musik yang anda sukai. Banyak orang yang membeli speaker namun tidak disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.
    Apabila anda menyukai aliran musik rock maka anda harus membeli speaker yang mempunyai kemampuan untuk merepon nada tinggi.


    speaker-audio-mobil.jpg


    Tentukan Jenis Speaker yang sesuai dan Kualitasnya.

    4. Menentukan jenis speaker
    Tips selanjutnya untuk memilih speaker adalah tentukan jenis speaker yang akan anda beli. Kemudian perhatikan kualitasnya. Jika anda menentukan speaker yang akan dibeli dengan cara melihat kualitasnya maka salah satu jenis speaker yang cocok adalah Full Range Speaker. Selain kualitas yang terjamin, full range speaker memiliki harga yang sangat bersahabat. Tentunya speaker jenis ini sangat cocok untuk anda yang memiliki anggaran minim. Anda jangan khawatir, meskipun speaker ini dilabel dengan harga terjangkau, namun suara yang dihasilkan tetap terdengar bagus.


    Pastikan Ukuran Speaker Sudah sesuai untuk Instalasi

    5. Perhatikan ukuran speaker
    Tips memilih speaker yang selanjutnya adalah menentukan seberapa besar ukuran speaker audio mobil. Hal ini harus ditentukan karena speaker yang dijual dan beredar dipasaran memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sehingga anda perlu mengetahui berbagai macam ukuran speaker yang akan dipasang untuk audio mobil anda. Ada beberapa ukuran yang harus anda ketahui diantaranya adalah 4*, 5*, 6*, sampai 6.5*.


    2. Koneksi dan Kabel
    Kabel dan koneksi merupakan dua komponen yang tidak boleh diabaikan. Namun terkadang banyak pembeli yang mengabaikan dua komponen penting ini. Kabel dan koneksi sangat berpengaruh pada speaker dan suara yang dihasilkan. Perlu anda ketahui bahwa kabel speaker yang memiliki ukuran tebal pasti mempunyai hambatan listrik yang lebih rendah daripada yang lain. Jika speaker memiliki hambatan listrik yang rendah maka volume yang akan dihasilkan semakin besar. Kabel yang memiliki ukuran tebal cenderung lebih awet dibandingkan dengan kabel yang mempunyai ukuran tipis.
     
    Last edited: Nov 24, 2019
Loading...

Share This Page