Inilah Tips Mengatasi Badan Pegal Linu

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Jan 21, 2020.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Badan terasa capek dan pegal-pegal mungkin hampir semua orang pernah mengalaminya. Ketegangan yang terjadi pada otot merupakan salah satu penyebab dari badan pegal linu tersebut. Biasanya, ketegangan yang terjadi pada otot juga diakibatkan oleh adanya berbagai hal seperti kurangnya waktu dalam tidur, banyaknya aktivitas, pola dieta yang salah, stress, dan yang lainnya.

    Agar dapat mengatasi pegal dan linu pada tubuh ini, biasanya seseorang akan melakukan pijat tradisional atau pun menggunakan alat modern seperti kursi pijat. Selain itu, beberapa orang juga seringkali menggunakan olesan minyak dan salep untuk meredakannya. Atau bahkan terdapat seseorang yang sering mengkonsumsi suplemen untuk mencegah tubuhnya terlalu capek.

    Badan pegal linu tidak hanya dapat dialami oleh orang lanjut usia saja, akan tetapi anak-anak pun dapat mengalaminya. Meskipun bukan termasuk jenis penyakit yang kronis, tetapi pegal linu juga akan sangat menyiksa dan mengganggu kehidupan kita. Seluruh rencana dan juga kegiatan akan terganggu dikarenakan rasa linu yang terjadi pada badan kita.

    Melakukan istirahat yang cukup adalah salah satu cara untuk mengatasi pegal linu dan nyeri otot pada tubuh, namun terkadang hasilnya sering tidak memuaskan tanpa adanya perawatan yang khusus. Apabila ingin melakukan perawatan khusus, berikut ini adalah beberapa Trik Mengatasi Badan Pegal Linu, diantaranya :
    • Memperbanyak Minum Air Putih
    Bagi anda yang beraktivitas atau bekerja dengan cara duduk, disarankan untuk mengikuti anjuran yang satu ini. Karena duduk terlalu lama tentu saja akan mempengaruhi otot sehingga akan menjadi tegang dan kaku. Dianjurkan bagi anda untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas agar memenuhi cairan dalam tubuh.

    Air putih sendiri memiliki banyak manfaat untuk mengendurkan urat serta melemaskan otot yang tegang. Tidak hanya itu, air putih juga bisa melarutkan kadar asam urat di dalam tubuh yang nantinya akan dikeluarkan melalui air seni. Kondisi ini tentunya akan mempercepat proses dari metabolisme dalam tubuh supaya tidak mudah terserang pegal-pegal.
    • Melakukan Peregangan Setelah Beraktivitas
    Trik yang paling mudah untuk dilakukan untuk mengatasi pegal dan linu pada tubuh adalah dengan melakukan peregangan tubuh. Peregangan ini sendiri perlu dilakukan agar dapat melemaskan bagian otot yang tegang. Untuk anda yang sering bekerja di depan layar monitor komputer, disarankan lakukan peregangan setidaknya 1 jam sekali selama 2 menit.
    • Melakukan Olahraga Secara Rutin Untuk Mengatasi Pegal
    Ketika pegal, tentunya anda akan semakin malas untuk melakukan aktivitas. Akan tetapi, salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kelelahan adalah dengan berolahraga. Menurut berbagai penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa, kebanyakan orang yang suka berolahraga secara teratur akan lebih aktif, lebih bertenaga, dan tentunya lebih sehat.

    Melakukan olahraganya pun tidak usah yang berat seperti tenis, basket, atau yang lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan sesuai dengan kesenanagan anda seperti bersepada, bela diri, atau bahkan tari, yang terpenting adalah tubuh anda dapat aktif bergerak. Melakukan aktivitas yoga pun dapat mengurangi rasa keletihan.
    • Terapi Dingin Dapat Mengurangi Pegal
    Para atlet sering melakukan trik yang satu ini. Bahkan para pelatih sering menggunakan cara ini untuk menghilangkan pegal-pegal dan juga ketegangan pada otot para pemainnya.

    Apabila anda tidak kuat dalam kondisi atau suhu yang dingin, kalian cukup mengompres bagian tubuh yang pegal dengan handuk atau kantong yang sudah terisi es batu. Lakukan penekanan ketika mengompres selama 15 menit. Suhu dingin ini bisa membantu anda dalam mengatasi pegal-pegal.
     
Loading...

Share This Page