Inilah Tips Sederhana Untuk Menghadapai Anak Susah makan

Discussion in 'Health & Medical' started by nida, Feb 20, 2016.

  1. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kini banyak dari pada orang tua terutama para bunda yang sangat mengeluhkan anaknya sulit untuk makan. Seakan-akan mereka menolak dan lebih memilih makanan jajanan yang tentunya kurang baik untuk kesehatan mereka, jika di konsumsi terlalu banyak. Para bundapun sangat menghawatirkan akan asupan gizi sang buah hati tidak terpenuhi.malah tak sedikit, anak yang susah makan mengalami sakit-sakitan akibat kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh.

    Pada umumnya, penyebab anak susah makan di kategorikan ke dalam 2 faktor, yaitu faktor fisik dan faktor fsikis. Faktor fisik sendiri biasanya dapat di sebabkan adanya gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan si kecil, ataupun adanya infeksi di dalam tubuh sang anak. Sedangkan faktor psikis sendiri meliputi meliputi gangguan fsikis pada anak seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang tidak menyenangkan, ataupun anak di paksa memakan makanan yang tidak ia sukai. Namun anda tak perlu hawatir lagi sekarang, karena kini kami akan merekomendasikan tips atasi anak susah makan yang berat badannya berkurang secara drastis, seperti yang akan kami ulas berikut ini.

    1. Makanan yang bervariasi

    Ada kemungkinan si kecil susah makanan karena makanan yang bunda sedikan kurang bervariasi baginya. Setelah bunda menyiapkan variasi makanan sehat untuk si kecil, lalu biarkan si kecil untuk memilih makanan yang ia suka. Biasanya ia lebih suka makan dengan makanan yang ia suka.

    2. Sajikan makanan dengan menarik

    Tips yang satu ini juga dapat membantu bunda untuk mendorong si kecil agar mau makan. seperti mencetak nasi pada wadah sesuai animasi kesukaan meraka, dengan semenarik mungkin. Anakpun tidak susah lagi untuk makan, dan berat badannyapun akan kembali bertambah.

    3. Jadikan Saat Makan menyenangkan
    Hindari mengancam, menghukum atau menakut-nakuti agar ia mau makan. Ini hanya akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tidak mungkin akan menimbulkan trauma psikologis baginya.

    4. Makan teratur
    Jadwalkan makan secara teratur agar si kecil dapat terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

    5. Beri cemilan sehat
    Jika anak sangat aktif dan susah makan dengan duduk tenang, anda dapat menyisiatinya dengan memberikan cemilan sehat. ketika ia rehat sejenak, suguhkan ia cemilan sehat seperti bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sushi isi fla coklat, donat tabur keju, dan sebagainya.

    6. Libatkan ia Dalam menyiapkan makanan
    Tips atasi anak susah makan yang satu ini, dapat menjadi cara untuk meningkatkan nafsu makan sang anak. Karena di situ sang anak merasa bangga karena dia sedikit membantu dalam proses pembuatan makanan.

    7. Memberi suplemen napsu makan anak
    Jika cara sebelumnya kurang efektif untuk meningkatkan nafsu makan sang anak, bunda juga bisa memberinya suplemen nafsu makan anak berbahan herbal sehingga aman dan tidak menimbulkan efek samping untuk sang anak.

    Semoga tips ini bisa membantu dan bermanfaat yaa!
     
    Last edited: Feb 20, 2016
    lasealwin likes this.
  2. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kaya makan batu sama pasir gtt miss? *kaget4*
     
    Pradytya Saputra likes this.
  3. Pradytya Saputra

    Pradytya Saputra Member

    Joined:
    Feb 17, 2016
    Messages:
    127
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Tips yang Menarik Jeng....


    he..he...he...
    Dulu saya pernah ikut seminar "Smart Parenting" dari Mr Supardi Lee.

    Beliau punya tips GOKIL mengatasi Anak yg susah makan,

    dan beliau berkata seperti ini "Makan adalah Kebutuhan Biologis bagi semua Mahluk Hidup, termasuk juga pada anak-anak, kalau anak saya Gak mau makan......Ya....saya biarkan saja, toh nanti....kalau memang dia sudah benar-benar Lapar dia akan minta makan dengan Sendirinya, Bahkan sampai Nambah 2 Piring (Karena laper banget)"
     
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Mantap teman. Dengan melibatkan anak membuat dia lebih tertarik untuk makan dan suplemen penambah nafsu sepertinya tidak perlu juga.
    Takutnya itu bahan kimianya lho...
     
  5. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    siip gan.. suplemen penambah nafsu makannya jangan yang kimia gan pilih yang herbal dan alami aja yang aman, madu asli misalnya :D
     
  6. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    wah jangan gitu gan, akan lebih baiknya makan secara teratur di waktu yang sama, agar tidak memicu penyakit pada lambung pada umunya..
     
    Pradytya Saputra likes this.
  7. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    wahh tu mah agan, makanan yang bervariasi itu makanan yang sehat namun dapat menaik minat anak untuk memakannya gan :D
     
  8. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    ahahah oh gitu ya miss *bagus*
     
  9. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
  10. fatmawati

    fatmawati Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    60
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    anak kecil kalo susah makan dikasih apapun tetep susah makan, kalau mereka dah dewasa ga usah di suruh makan, lapar pasti juga akan makan sendiri *jail*
     
  11. Pradytya Saputra

    Pradytya Saputra Member

    Joined:
    Feb 17, 2016
    Messages:
    127
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:

    Ha..ha,,ha...

    Pendapat yang "Masuk Akal"
     
  12. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    iyaa gan mungkin seperti ituuu :D
     
  13. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    iyaa jeng, tapi mungkin dapat di siasati kalau orang tuanya kreatif, sehingga anak mau makan,, *bergaya*
     
  14. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    ya gak papa gan, kan agan juga calon ayah nanti.. jadi perlu ilmunya dari sekarang biar anak gak susah kalau makan*jail*
     
    Last edited: Feb 20, 2016
  15. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Belum nikah jadinya belum punya anak*malu2* tapi punya adik yg masih kecil, bandel banget kalo disuruh makan susah sukanya malah main terus *ketawa1*
     
  16. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Calon ayah dari anak-anak kita kelak?*kagum*
     
  17. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    kita?? agan aja sendiri sayamah enggak *ketawa4*
     
  18. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Nah kalau itu harus pinter pinter ibu, ayah atau kaka untuk menyisiatinya agar si kecil mau makan..
     
  19. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Gaakan punya anak dong sendiri doang mah:(
     
  20. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Satu suapan , kasih Rp1000,- bro,.. kan sepuluh suapan kenyang tuh anak
     
Loading...

Share This Page