Inner Court Menggunakan Batu Alam Memberikan Banyak Manfaat

Discussion in 'Architecture' started by rian123, Oct 12, 2017.

  1. rian123

    rian123 New Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    17
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Inner court – Desain rumah perkotaan biasanya minim ruang terbuka, dan cenderung memanfaatkan seluruh lahan menjadi ruang terbangun. Takheran terbatasnya lahan menjadi salah satu alasannya. Akibatya, rumah menjadi panas, sumpek, dan tidak sehat.

    [​IMG]
    inner court di dalam rumah
    Idealnya sebuah hunian memiliki banyak bukaan dan ruang terbuka. Pemerintah Telah menetapkan ketentuan standar Koefisien Dasar Bangunan (KDB) yang mensyaratkan ketersediaan ruang terbuka sesuai dengan kawasannya. Jika lahan yang dimiliki adalh 300 meter persegi dengan ketentuan KDB sebesar 60%, itu artinya area yang terbangun hanya 60% x 300 m2= 180 m2. Bagaimana dengan sisa lahan 120 m2, apakah akan terbuang percuma? jawabannya, tentu tidak.

    Fungsi utama pembatsan area terbangun adalah untuk menyisakan lahan hijau sebagai peresapan air. Tentunya banyak manfaat lain yang bisa diambil, misalnya sebagai jalan masuknya udara dan cahaya alami kedalam rumah. Area terbuka ini bisa difungsikan sebagai tanaman, kolam ikan, kolam renang atau hanya berupa hamparan rumput dan pepohonan.

    Untuk area terbuka yang terletak di dalam rumah, lazim disebut inner court, bisa dimaksimalkan fungsinya. tak hanya untuk mendapatkan sirkulasi udara segar, tapi juga memberikan penghawaan dan pencahayaan alami. Sebagai ruang tebuka inner court kerap dijadikan meeting poin oleh penghuninya. Untuk mendukung aktifitas, letakkan perangkat meja kursi di area ini. bisa juga disebut gazebo jiaka luas lahannya mencukupi. Tambahkan pepohonan rindang atau dipadukan dengan pengaplikasian batu alam pada dinding, agar suasana terlihat lebih asri.

    Manfaat Inner Court :

    • Sebagai sirkulasi udara, memberikan penghawaan dan pencahayaan alami
    • Menciptakan kesan lapang dan luas
    • Menjadi poin of interest dalam rumah
    • Sebagai elemen estetis yang mempercantik ruang
    Perhatikan hal-hal berikut dalam membuat inner court :

    • LOKASI. Pilih lokasi inner court sesuai dengan kebutuhan. penempatan inner court bisa berbatasan dengan ruang duduk, ruang makan, kamar mandi ataupun kamar tidur.
    • ARAH ANGIN. Cermati kemanan arah angin bergerak, sehingga inner court dapat berfungsi dengan optimal dengan kehadiran angin.
    [​IMG]
    inner court di dalam rumah memberikan cahaya alami pada rumah
    [​IMG]
    memanfaatkan inner court sebagai taman mini
    [​IMG]
    inner court sebagai tempat bersantai keluarga
    [​IMG]
    Memanfaatkan inner court sebagai kolam renang
    – DESAIN.

    • Manfaat inner court sebagai kolam ikan, kolam air mancur, taman ataupun kolam renang. Jika difungsikan sebagai kolam, pastikan adanya ikan, agar jentik nyamuk tidak leluasa berkembang.
    • Gunakan hardscape dan softscape yang mendukung. Contoh hardscape misalnya batuan koral, grass block untuk perkerasan yang masih bisa nebyerap air, atau penutup lantai mozaik.
    • Untuk softscapenya, pilih tanaman yang bisa tumbuh pada lahan terbatas, atau dalam pot, semisal bunga kamboja jepang, palem, sansiviera, nanas hisa atau tanaman air. Tempatkan tanaman penangkal nyamuk (Serai wangi) atau tanaman pemakan serangga.
    • Hiasi dinding inner court dengan batu alam, air mancur, lampu, atau tanaman merambat sebagai elemen estetis
    TIPS

    • Bagi yang memiliki hunian di lahan terbatas, sisakan sedikit ruang terbuka pada area yang berbatasan dengan tembok tetangga sebelah. Ciptakan inner court kering di ruang tersebut, untuk sirkulasi udara dan cahaya.
    • Inner court berbentuk kolam dengan air bergerak di dalam rumah, dapat meredam panas. Rumah pun menjadi hemat energi.
    • Untuk menghindari nyamuk, bisa digunakan kawat nyamuk di bagian atas inner court.
    • Gunakan penutup buka-tutup, untuk masuknya cahaya matahari kedalam rumah.
    “Demikian pembahasan tentang manfaat inner court untuk rumah, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda. terimakasih telah berkunjung, silahkan share bila menurut anda informasi ini bermanfaat”

    informasi lebih lanjut kunjungi : http://Jualbatualam.net
     

Share This Page