Inspirasi dari hidup Soichiro Honda

Discussion in 'General Discussion' started by AquariuZ, Oct 30, 2015.

  1. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Setelah thread kemarin yang membahas sejarah singkat pendiri Honda Motor Company, yaitu sang maestro Soichiro Honda, kali ini saya mencoba untuk kita bersama untuk mengambil sebuah inspirasi dari jatuh-bangun dalam mendirikan sebuah mimpi dari sang masterpiece :D

    Inspirasi pertama : Kenali bakat diri anda sendiri
    Inilah awal dari Soichiro Honda, yang masa kecilnya selalu penasaran dan tertarik dengan sesuatu yang berbau teknis/teknik. Hal ini dapat kita baca dari bagaimana Soichiro kecil melihat cara kerja mesin padi selama berjam-jam, bersepeda bermil-mil jauhnya hanya demi menyaksikan pesawat terbang, bahkan menyisihkan gaji serta meneliti bagian mobil pada saat bengkel tutup hanya untuk belajar tentang mesin mobil. Semuanya dilakukannya untuk memuaskan rasa keingintahuan yang sangat mendalam tentang dunia mesin.
    Jadi, hal apakah yang selalu mengundang rasa ingin tahu para sosialita sekalian untuk belajar?
    Dimulai dari saya ya, dari kecil tertarik dengan semua yang berbau elektro dan motor, sempat balajar tentang elektronika bahkan kuliah jurusan IT (meski tidak selesai) dan pernah buka bengkel motor :D

    Inspirasi kedua : Kemiskinan bukanlah sebuah alasan
    Coba kita lihat keluarga Soichiro Honda? Tak ada yang spesial disana, Ayahnya seorang pandai besi yang memiliki bengkel sepeda dan Ibunya seorang penenun. Bahkan Soichiro pun sekolah hanya pendidikan dasar saja sampai akhirnya bisa memiliki bengkel sendiri (piston ring). Meski hanya bermodal pendidikan dasar, tapi Soichiro adalah orang yang selalu ingin tahu lebih dan meluangkan waktunya hanya untuk mempelajari seluk-beluk tentang dunia permesinan. . .
    Kita tahu bersama kalau keahlian Honda dalam memperbaiki mesin mobil pada usianya 15 tahun, berasal dari mencuri kesempatan mempelajari mesin saat bengkel sudah tutup serta lewat buku perpustakaan yang dipinjamnya dari hasil gaji sendiri ??
    Jadi, mengapa masih menganggap Materi adalah alasan untuk tidak berkarya?
    soichiro-honda-cub.jpg

    Inspirasi ketiga : Jangan pernah putus asa
    Saat Soichiro mendapatkan tempat kerja pertamanya, tak langsung jadi mekanik loh justru menjadi pengasuh bayi pemilik bengkel. Namun ia tidak menyerah, selalu mencuri waktu untuk mempelajari cara kerja mesin saat bengkel tutup hingga akhirnya mampu menunjukkan keahliannya yang memukau sang pemilik bengkel, bahkan akhirnya dipercaya menjadi kepala cabang bengkel di Kota Hamamatsu.
    Jadi, point utamanya adalah Jangan Putus Asa, selalu berikan yang terbaik :D

    Inspirasi keempat : Bangkit dari kegagalan
    Jika menyimak kisah pendiri Pabrikan Honda ini secara keseluruhan, sudah pasti sosialita akan menemukan banyak kegagalan dalam merintis usahanya. Mulai dari Ring Piston yang ditolak Toyota, Pabrik yang porak poranda akibat PD-II dan gempa, jatuh miskin, produk yang kurang diterima di pasar Amerika, serta kegagalan besar di awal ajang MotoGP. Tapi apa selanjutnya? Soichiro selalu mampu berjuang dan bangkit hingga memiliki salah satu Perusahaan Roda Dua Terbesar di Dunia, terutama desain mesin yang sangat unik dan fenomenal (coba sosialita baca detail tentang mesin RC-143, RC-162, RC-166, RC- 149 dan Legenda NR-500). Jadi, jangan pernah mengeluh kalau gagal, ayo bangkit, ayo berjuang. Merdeka!

    Inspirasi kelima : Kreasi dan Inovasi
    Pencinta otomotif mana yang tak kenal dengan karya Soichiro Honda yang melegenda. Saat gagal dan mengalami kekalahan, Soichiro justru tak begitu saja menerima kegagalan tersebut, semuanya dijadikan pembelajaran untuk selalu berkreasi dan berinovasi hingga menjadi yang terbaik di antara yang terbaik. Bahkan saking banyak inovasi, Honda sering disebut sebagai pakar otomotif yang “Gila”.
    Mungkin ada sosialita yang belum tahu bagaimana gilanya Honda menantang motor 2-Tak di ajang WorldGP (MotoGP) tahun 60-an dengan RC-143 dan RC-162 yang bermesin 4-Tak. Tahun 1966, Jagoannya adalah RC166 dan Honda RC149 4-Tak juga, dan Legenda NR500 pada tahun 1977 (karena tetap dengan prinsipnya untuk menantang digdaya 2-Tak dengan mesin 4-Tak Piston Oval V-4, sehingga seperti menghadirkan sebuah mesin V 8-silinder yang sampai sekarang masih sangat rumit). Tak hanya di ajang balap, karya Soichiro untuk motor jalanan juga banyak mengundang decak kagum, yaitu Honda Supercub, Honda CBX1047, Honda VFR750 hingga sekelas Honda NR750 yang penuh dengan Inspirasi Aden-Ajeng sekalian :D. Jadi, pelajaran lainnya adalah inovasi dan kreatif sangat diperlukan loh

    Inspirasi keenam : Di awali mimpi kemudian kerja keras
    Ya! Semua yang dilakukan oleh Soichiro hingga menghasilkan sesuatu berawal dari mimpinya sejak kecil. Dimana bermimpi untuk bisa menciptakan mesin dan pabriknya sendiri. Dan hal tersebut pun berhasil diwujudkan berkat Kerja Keras yang tak pantang menyerah! Saat mimpinya terwujud, Ia tak serta-merta berhenti begitu saja justru memulai mimpi yang baru dengan kerja keras yang jauh lebih gigih dibanding sebelumnya. Semuanya sejalan dengan apa yang menjadi Filosofi Honda saat ini yaitu “The Power of Dream”. Jadi sosialita, mulailah bermimpi kemudian lanjutkan dengan kerja keras.
    Seperti kata Chef Juna R "Start Strong, Finish Strong !"
    the-power-of-dream.jpg

    Inspirasi ketujuh : Sadarilah bahwa kita ini manusia biasa yang punya semangat dan cita-cita
    Dari kisah bangkitnya Soichiro ternyata tersimpan banyak hal yang juga perlu diperhatikan aden dan ajeng sekalian. Honda tak langsung mampu bangkit dan berjuang begitu saja, tapi sempat mengalami masa sulit dalam kehidupannya, saat pabriknya runtuh untuk yang kedua kalinya Soichiro juga tidak langsung bangkit. Ia hanya termenung meratapi rasa sedihnya di atas puing-puing pabrik miliknya. . .
    pabrik-honda.jpg
    Ini menjadi sebuah pembelajaran besar bagi kita semua. Meskipun sosoknya terkenal dengan kegigihan, pejuang sejati, karya-karya yang melegenda, Honda juga tak selamanya mampu langsung bangkit. Ini menunjukkan bahwa Soichiro Honda juga hanyalah manusia biasa sama seperti kita semua, tinggal semangat & kegigihannya saja yang perlu kita tiru untuk terus berkarya demi Negeri ini.

    Tambahan :
    dewi-nike.jpg

    Mengapa Honda menggunakan Logo Sayap Mengepak sebagai Logo Pabrikan.
    Saat Soichiro membuat pabrik motor pertamanya, ia terinspirasi dari Dewi Nike yang berasal dari Mitologi Yunani (nama aslinya : nenikhamen). Dewi Nike adalah dewi kemenangan dan keberhasilan (Victory) dalam mitologi Yunani kuno, identik dengan sayap besar di punggung.
    honda-old-emblem.jpg
    Inilah yang menginspirasi Soichiro dengan mimpi agar produknya sukses dan berhasil di pasaran dan balapan, yang sejak lama diimpikannya. Jadi, Sekarang para sosialita sudah faham makna dan sejarah dibalik logo 'Sayap Mengepak Honda'.
    honda-logo-new.jpg

    disadur dari EA Blog
     
    lasealwin likes this.
  2. soezzieharumi

    soezzieharumi Member

    Joined:
    Dec 24, 2014
    Messages:
    204
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Baru tau arti logo honda,
    Soichiro mengajarkan kita untuk selalu pantang menyerah ya..
     
  3. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Semua yang telah sukses dan berhasil dalam dunia bisnis pasti akan mengatakan jangan menyerah :D
    jadi, yuk pantang menyerah dalam kerja (ya kadang seh menyerah kalo pas kena bos agak stress dikit :D)
     
  4. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Mantap..... Tetap harus ingat Yang Maha Kuasa
     
Loading...

Share This Page