Inspirasi mendesain rumah dengan lantai kayu parket

Discussion in 'Arsitektur' started by Raja Parquet, May 15, 2018.

  1. Raja Parquet

    Raja Parquet New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Sebelum berbicara panjang lebar, Saya sekeluarga mau menghaturkan Selamat menyambut bulan Suci Ramadhan semoga kita diberikan kekuatan untuk menjalankannya,mendapatkan fahala dan keberkahan di bulan yang penuh dengan ampunan ini.

    Kembali ke topik kita kali ini yaitu melengkapi desain rumah dengan komponen lantai kayu parket. Banyaknya model desain interior yang menggunakan lantai kayu sebagai objek utamanya membuat kita kaya akan inspirasi,kita bisa memilih desain yang sesuai dengan keinginan.

    Kesuksesan dalam mendesain sebuah rumah (interior & eksterior) tak lepas dari bagaimana cara kita memadukan antara lantai,dinding,atap dan bahan penunjang yang ada didalamnya. Untuk rumah yang bergaya "jadul" namun terkesan modern,bisa memilih lantai dari kayu begitu juga dinding dan atap plafond kayu/lumbre shiring.

    Lantai kayu punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Yang menjadi daya tarik adalah warna,serat dan corak kayu alami yang tak dapat ditiru oleh lantai kayu laminated sekalipun. Rumah bergaya kontemporer bisa dilengkapi dengan adanya decking kayu dibagian outdoor. Untuk bagian interior, jika menginginkan ruangan berwarna cokelat terang dapat memilih lantai kayu Sungkai atau lantai kayu Jati. Namun jika Anda menginginkan warna kalem,lantai kayu sonokeling dapat dijadikan pilihan.

    Untuk bagian kamar tidur dipilih lantai kayu berwarna adem,seperti lantai kayu Kruing atau lantai kayu Merbau.

    Tak luput dari sentuhan kayu,tangga juga harus diberi element kayu akan lebih lengkap tapi ini khusus untuk rumah yang berlantai lebih dari satu. Papan tangga kayu banyak dijual dipasaran dengan model 2 type yaitu satu layer dan dua layer. Yang harus diperhatikan dalam memasang papan tangga kayu adalah desain dan pemilihan material. Desain tangga harus benar-benar memperhatikan safety dan pemilihan jenis kayu untuk tangga harus benar-benar kayu yang kuat menahan beban berat dan tidak licin.

    [​IMG]

    Khusus untuk area kamar mandi sebaiknya tidak menggunakan lantai kayu parket,area ini terlalu bersahabat dengan air dan air adalah musuh utama parket,jadi jauhkan parket dari kamar mandi,sebaiknya gunakan lantai vinyl motif kayu.

    Ada yang bilang kalau harga lantai kayu tuh mahal banget...!! bener gak sih.
    Yang mempengaruhi harga sebuah produk ; ketersediaan bahan baku,nilai manfaat dari produk tersebut,biaya produksi,demand (semakin banyak yang membutuhkan sebuah produk maka akan semakin meningkat harganya). Dari uraian diatas berarti dapat difahami jika harga lantai kayu lebih mahal dari lantai keramik atau granit.

    Menurut salah satu postingan yang saya temukan di internet tentang Harga lantai kayu per-meter dan biaya pasang 2018. Dapat disimpulkan bahwa harga lantai kayu tergantung dari type lantai kayu,jenis kayu,kualitas dan ukuran.

    Type lantai kayu parket : solid,engineer,laminate dan vinyl
    Jenis kayu : Jati,Merbau,Bengkirai,Ulin,Kempas,Hapea,Kruing,Sonokeling dll
    Kualitas kayu : Grade A,grade B,grade C,grade putih,kw 1,kw 2
    Ukuran lantai kayu : Rata-rata ketebalan untuk lantai kayu parket adalah 1,2 cm lebar 5 cm dan panjang 17 cm s.d 30 cm.
    Sedangkan ukuran flooring dan mini flooring memiliki ketebalan 1,2 cm s.d 1,5 cm dengan lebar 7 cm s.d 12 cm dan panjang 30 cm s.d 70 cm.
     
  2. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    98
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Lagi trend sekarang, lantai rumah menggunakan lantai kayu. Bagus sih menggunakan lantai kayu, dari segi kesehatan juga lebih sehat dari pada menggunakan keramik, nilai jual rumah meningkat jauh dibanding dengan rumah lantai keramik
     
  3. Selgrid

    Selgrid New Member

    Joined:
    Apr 19, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Lantai kayu dari dulu hingga sekarang selalu digandrungi karena memberikan kesan elegan pada rumah dan memberi perasaan nyaman, sehingga akan betah lama-lama berada di rumah
     
  4. Raja Parquet

    Raja Parquet New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Betul banget gan terutama jenis kayu Merbau yang dapat mengeluarkan ion negatif yang baik buat kesehatan
     
  5. Raja Parquet

    Raja Parquet New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Waktu k
    Pengalaman saya waktu kecil dulu hidup di rumah panggung beralaskan papan kayu,adem dan nyaman apalagi pas tidur di siang hari terasa sejuk. Lantai kayu parket mencoba menghadirkan kembali suasana tersebut.
     
  6. Cahya Triyadi

    Cahya Triyadi New Member

    Joined:
    Apr 18, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  7. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    191
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  8. Raja Parquet

    Raja Parquet New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    banyak pilihan merk yang beredar dipasaran,sebagai konsumen sangat dimanjakan dengan kualitas yang berbeda dari masing-masing merk,tinggal pilih.
     
Loading...

Share This Page