Inspirasi Para 'Penikmat Kopi' di Sosial Media Instagram

Discussion in 'Infotainment' started by Muh. Wira Wijaya, Aug 12, 2017.

  1. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    674
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Inspirasi dan motivasi sangat dibutuhkan oleh manusia dalam beraktivitas. Entah dalam semua peradaban dan setiap rentang waktu manusia, akan sangat mudah kita temui berbagai petuah bijak yang bisa membuat manusia kembali 'fresh' dengan semangat dan harapan.

    Sampai sekarang kita bisa begitu populernya petuah-petuah atau pepatah orang China. Bukan hanya di China, petuah petuah nenek moyang kita sebenarnya masih ada dan masih hidup. Tapi mungkin 'tidak terlalu' populer.

    Untuk kalimat terakhir tentang populer, saya lebih melihatnya karena petuah bijak biasanya akan bersanding dengan kehidupan budaya. Nilai-nilai lokal yang kian tergerus membuat inspirasi pun kian meredup. Namun kebutuhan manusia aka inspirasi, motivasi dan makna kehidupan akan tetap ada. Namun, biasanya hanya bergeser ke satu tempat yang berbeda.

    Pergeseran itu bisa kita lihat dalam dunia lini masa, utamanya di dalam sosial media. Tiap sosial media yang ada, entah itu twitter, facebook, path bahkan yang sekarang lagi naik daun - instagram - pun akan kita lihat banyak akun yang secara spesifik membuat qoute, kata bijak, kata mutiara yang followersnya akan selalu ramai.

    Sebuah tanda bahwa dalam masa dan ruang waktu apa pun manusia butuh yang namanya inspirasi.

    Sependek pengamatan saya, salah satu trend caption instagram (ig) yang tetap hits dikalangan dewasa adalah caption ig mengenai kopi. Hehehe

    Kenapa harus kopi? Entahlah, mungkin ada sedikit influence dari buku yang berjudul "Filosofi Kopi Qoutes" oleh penulis kenamaan Dee Lestari.

    Entah seiring atau tidak, memang budaya minum kopi dipadu padankan dengan nongkrong di cafe-cafe memang juga sedang berkembang pesat. Dari sekedar nongkrong, bicara bisnis, hingga layanan internet biasanya memang menyediakan minuman pahit ini. Kopi.

    Beberapa filosofi kopi yang 'mungkin' kadang kita baca di dalam caption instagram diantaranya:
    1. Bila engkau ingin satu, maka jangan ambil dua. Karena satu menggenapkan, tapi dua melenyapkan.
    2. Ada dunia di sekelilingmu. Ada aku di sampingmu. Namun, kamu mendamba rasa sendiri itu.
    3. Kita tidak bisa menyamakan kopi dengan air tebu. Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.
    4. Kopi boleh pahit, tapi hidupmu jangan.
    Saya melihat bahwa penyuka sosial media instagram lebih suka pada kata caption ig instagram singkat dibandingkan caption yang panjang.

    Ya, mungkin karena caption sebenarnya perannya sebagai gula saja, pemanis. Sedang foto atau videonya adalah kopinya. Dimana-mana kalau soal kopi, kopi harus dominan dibanding gula. Kalau gulanya yang lebih banyak dan 'menonjol', mungkin bukan minuman kopi ya namanya. :D:D
     
Loading...

Share This Page