Instagram Ikutan Bikin Pesaing Clubhouse

Discussion in 'General Internet' started by bimo dimas, Mar 8, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    151
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Popularitas Clubhouse kian meroket. Jumlah penggunanya bertambah drastis. Lantaran popularitas Clubhouse itu, sejumlah perusahaan teknologi pun berusaha membuat saingan yang serupa.

    Salah satu yang ikut dalam persaingan itu ialah Instagram. Seperti dilansir MSPowerUser, Instagram dikabarkan tengah mengembangkan fitur 'audio rooms'.

    Keberadaan fitur tersebut pertama kalinya dirancang developer Alessandro Paluzzi. Fitur tersebut dikabarkan akan menjadi bagian dari Instagram. Bukan sebuah aplikasi terpisah.

    Seperti yang terlihat pada screenshot yang diunggah Paluzzi di akun twitter-nya, audio rooms dapat diakses lewat menu chats pada aplikasi Instagram.

    Bila sebelumnya hanya ada dua tombol untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan video, pada gambar tersebut ada tombol ketiga dengan ikon mikrofon.

    Namun sayangnya Paluzzi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang cara kerja fitur tersbut. Tapi, hal itu tak mengejutkan, mengingaat beberapa waktu lalu facebook dikabarkan punya niat untuk mengembangkan layanan mirip Clubhouse.

    Sementara itu, Instagram baru-baru ini telah meluncurkan fitur Live Rooms secara Global. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna untuk live bersama tiga orang lainnya.

    Aplikasi Instagram pun mempunyai fitur Rooms, yang memungkinkan pengguna dalam melakukan panggilan video, dengan partisipan yang bisa mencapai hingga 50 orang.

    Fitur itupun terintegrasi dengan messenger serta pengguna yang tidak memiliki atau Instagram dan messenger tetap dapat bergabung.

    Paluzzi pun mengungkapkan, bahwa Instagram tengah menyiapkan sistem enkripsi end-to-end, untuk pesan yang dikirim lewat chat. Fitur itu dapat berguna bagi pengguna karena privasinya lebih aman.

    Terkait fitur pesaing Clubhouse, Instagram bukanlah satu-satunya platform yang ikut membuat aplikasi serupa. Karena, twitter belum lama ini juga dikabarkan merilis fitur audio chat bernama Space, meski baru dalam versi beta untuk pengguna iOS dan Android.

    Sementara itu, Xiaomi pun membangkitkan kembali aplikasi Mi Talk, menjadi aplikasi audio chat khusus untuk kaum profesional. Kemudian, ByDance pun diberitakan tengah mengembangkan aplikasi mirip Clubhouse.

    Sumber: Link
     
Loading...

Share This Page