Investasi Buat Kaum Muda, Pelajari Yuk

Discussion in 'General Business' started by Dudu, Apr 4, 2019.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Apakah itu investasi jangka pendek, jangka panjang, investasi untuk menyiapkan diri di hari tua, dan lain sebagainya. Nah, supaya kamu gak bingung, yuk kenali lebih jauh enam jenis investasi berikut ini:

    1. Saham

    Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati. Dengan memiliki saham, berarti kita memiliki sebagian aset suatu perusahaan. Kepemilikan tersebut tentu mampu mendatangkan keuntungan jika kinerjanya bagus. Sebaliknya, risikonya juga bisa mendatangkan kerugian jika kinerja perusahaan sedang buruk. Nah, buat kalian yang ingin memulai investasi saham, semestinya kalian memiliki kemampuan untuk menganalisa kira-kira perusahaan mana yang memiliki prospek bagus supaya bisa menguntungkan, sesuai dengan tujuan awal kalian berinvestasi.

    2. Reksadana

    Reksadana adalah jenis investasi di mana dana kalian merupakan dana gabungan dari investor lain seperti kalian. Berbeda dengan saham di mana kalian mengelola sendiri, reksa dana dikelola oleh manajer investasi. Di indonesia terdapat banyak manajer investasi terpercaya yang bisa kalian jadikan pilihan untuk mengelola investasi.

    Terdapat beberapa manajer investasi terbaik di indonesia antara lain:

    1. Schroders
    2. BNP Paribas
    3. Manulife
    4. Mandiri Investasi
    3. Properti

    Dengan berinvestasi di properti, berarti kalian membeli tanah atau bangunan yang nyata, seperti rumah, ruko, apartemen, atau tanah kosong. Nah, salah satu keuntungan dari jenis investasi properti adalah harganya yang cenderung terus naik. Mengingat, kebutuhan manusia akan lahan bertambah, namun lahan kosong semakin berkurang. Sehingga menentukan akan kenaikan harga dan tidak tergerus akan arus inflasi.

    Salah satu properti yang patut dijadikan investasi adalah properti milik Gapura Prima Group, berdiri sejak 1987 hingga kini telah sukses memasarkan ribuan unit rumah, apartemen, dan lain sebagainya. Dengan berinvestasi di Gapura prima group, akan mendapatkan nilai profit yang tinggi dikarenakan properti yang dibangun berada di lokasi yang strategis dan mempunyai standar kemewahan yang elegan.

    4. Valuta Asing

    Valuta asing adalah mata uang asing yang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran dalam membayar setiap transaksi ekonomi internasional dan memiliki catatan kurs yang resmi dari bank sentral.

    Valas juga termasuk dalam devisa suatu negara. Sedangkan, devisa adalah kekayaan yang dimiliki suatu negara yang ada di luar negeri dan bentuknya bisa bermacam-macam, seperti barang, jasa, ataupun mata uang yang digunakan sebagai transaksi lintas negara.

    Jenis Investasi dalam mata uang asing ini lebih beresiko dibandingkan dengan investasi lain seperti saham, karena nilai mata uang asing di Indonesia menganut sistem mengambang bebas (free float) yaitu benar-benar tergantung pada permintaan dan penawaran di pasaran. Hal ini membuat nilai mata uang rupiah sangat fluktuatif.

    5. Obligasi

    Obligasi adalah surat hutang yang merupakan bukti bahwa kita memberikan hutang kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Hal ini dilakukan untuk menambah modal perusahaan ataupun membiayai suatu proyek pemerintah. Karena sifatnya yang hampir sama dengan deposito, maka agar lebih menarik investor, suku bunga obligasi biasanya sedikit lebih tinggi dibanding suku bunga deposito. Selain itu, seperti saham kepemilikan obligasi bisa juga dijual kepada pihak lain baik dengan harga yang lebih tinggi maupun lebih rendah daripada ketika membelinya.

    Tahukah kalian, di Indonesia obligasi merupakan jenis investasi yang paling terkenal setelah saham. Dengan membeli obligasi, singkatnya kamu meminjamkan uang kepada suatu perusahaan atau pemerintah. Nantinya, instansi tersebut akan mengembalikan uang kamu ditambah bunga. Pembayaran tersebut dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam 6 bulan atau satu tahun.

    6. Peer to Peer Lending

    Bentuk investasi dari peer-to-peer lending adalah sebuah platform pinjaman dana dari investor yang akan diberikan kepada UKM yang menjadi borrower. Setiap investor akan mendapatkan suku bunga efektif yang sangat kompetitif, hampir mencapai 18% per tahun.

    Investasi jenis ini juga memungkinkan investor untuk dapat memilih sendiri, tingkatan resiko yang mampu diterima, mulai dari low risk, medium, hingga high risk. Setiap jenis resiko biasanya memiliki bunga kompetitifnya masing-masing.

    Berbeda dari jenis investasi lainnya, peer-to-peer lending juga memungkinkan kalian untuk dapat mulai berinvestasi hanya dengan Rp 1.000.000. Tentunya investasi jenis ini sangat cocok bagi kalian para investor pemula untuk mulai belajar mengenai dunia investasi.





     
  2. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    214
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    investasi properti salah satunya pilihan terbaik saya saat ini...

    thanks infonya
     
Loading...

Share This Page