Istilah Penting dalam Asuransi Jiwa Agar Berasuransi dengan Nyaman dan Mudah

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Mar 1, 2021.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    107
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Dari hari ke hari tidak dapat dipungkiri bila asuransi jiwa menjadi salah satu bagain hidup masyarakat yang penting untuk dimiliki demi mendapatkan kehidupan sejahtera yang terjamin di masa depan. Bisa dibilang pula bila asuransi ini merupakan pontasi yang penting dan kuat bila mau miliki kuat yang sehat pula. Bagaimana tidak dengan berasuransi, resiko finansial yang dimiliki di masa depan bisa diatasi dengan memiliki asuransi jiwa. Kita tidak ada yang mengetahui bagaimana kehidupan kedepannya apakah akan tetap sehat ataupun tidak. Resiko untuk terkena penyakit ataupun meninggal pastinya ada baik untuk orang yang masih muda sampai yang sudah tua. Pastinya orang yang ditinggalkan akan merasakan sedih apalagi bila yang meninggal merupakan mereka yang menjadi pencari nafkah utama karena akan mengakibatkan kesulitan dan kerugian finansial. Oleh karenanya perlu adanya asuransi jiwa untuk dimiliki setiap orang.

    [​IMG]

    Melihat dari makin dibutuhkannya asuransi jiwa, tentu saja hal ini mendorong banyak bermunculan perusahaan asuransi. Tentunya harus berhati-hati dan pilih yang kredibel. Salah satu yang sudah teruji dan memiliki banyak nasabah adalah AXA Mandiri. Melalui pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia asuransi jiwa dan dengan nasabah yang lebih dari 1 juta orang pastinya Anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan asuransi kepada perusahaan tersebut. Nah, sebelum mulai mendaftar pada asuransi jiwa, Anda harus terlebih dahulu paham akan berbagai istilah penting asuransi. Dengan begitu Anda akan bisa berasuransi dengan naman serta mudah tanpa kebingungan ataupun mengalami kerugian karena kesalahan mengerti yang dialami.

    Berbagai istilah penting dalam asuransi jiwa yang Anda harus ketahui ini adalah sebagai berikut:

    1. Polis

    Istilah pertama dalam asuransi jiwa yang Anda harus pahami adalah polis. Polis asuransi jiwa ini merupakan sebuah kontrak perjanjian yang dilakukan antara pihak tertanggung (pemilik dari polis) dan jug apihak penanggung yang merupakan perusahaan asuransi. Kontrak perjanjian ini memiliki kekuatan hukum dan juga bentuknya secara tertulis.

    2. Tertanggung

    Tertangung merupakan pihak dari pemegang polis. Pihak ini akan memperoleh jaminan kerugian saat resiko seperti yang ada dalam polis terjadi, misalnya kematian, cacat dan lain sebagainya.

    3. Premi

    Sejumlah uang yang dibayarkan untuk polis asuransi kepada perusahaan asuransi jiwa adalah premi. Jumlah dari uang yang harus dibayarkan ini tentu saja sudah disetujui oleh pihak tertanggung.

    4. Biaya Akuisisi

    Biaya akuisisi merupakan biaya yang Anda perlu bayarkan agar bisa memperoleh layanansebagai nasabah asuransi. Biaya ini akan mencakup biaya operasional, pembayaran biaya agen dan lain sebagainya. Sebagai contoh Anda ingin mendapatkan asuransi jiwa dari AXA Mandiri, disini akan terdapat biaya untuk operasional dan penerbitan polis yang disebut biaya akuisisi.

    5. Rider

    Selanjutnya ada rider yang merupakan manfaat dari asuransi jiwa tambahan. Anda bisa menyertakannya pada asuransi dasar yang sudah pengguna pilih.

    6. Klaim

    Klaim juga merupakan istilah dalam asuransi jiwa berikutnya yang harus diketahui. Istilah ini menunjukan tuntutan pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi untuk membayarkan hak seperti yang sudah ada dalam isi Polis.

    7. Lapse

    Berikutnya yang harus diketahui adalah istilah Lapse dalam asuransi jiwa. Istilah ini menunjukan asuransi yang batal atau lapse. Penyebanya adalah tidak dibayarkannya biaya premi dalam masa tenggang. Umumnya masa tenggang ini terjadi selama 45 hari.

    8. Nilai Tunai

    Satu lagi yang penting untuk diketahui adalah nilai tunai dalam asuransi jiwa. Istilah ini merujuk pada sejumlah uang yang menjadi nilai tebus polis berdasarkan atas periode tertentu.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,666
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Banyak istilah dalam asuransi kadang sekarang baca besoknya sudah lupa lagi
    soalnya tidak ikut asuransi juga sih.
     
Loading...

Share This Page