Jangan Anggap Sepele Ini Gejala Thalasemia

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Dec 26, 2018.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit thalasemia merupakan gangguan darah bawaan yang akan terjadi karena gen abnormal. Seseorang yang menderita penyakit thalasemia ini tidak akan mampu untuk memproduksi hemoglobin dengan secara normal dalam darah dimana pada keadaan yang normal. Hemoglobin yang utama terdiri dari gugus heme dan memiliki dua rantai alfa dan beta. Penyakit thalasemia ini disebabkan karena gen pada rantai alfa dan juga beta yang abnormal sehingga dapat mengakibatkan umur dari sel darah merah akan semakin singkat yang tentunya akan menjadi berbeda.

    Dibawah ini ada beberapa Gejala Thalasemia yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut :
    • Denyut Jantung Akan Meningkat
    Peningkatakn denyut jantung khususnya sesudah melakukan aktivitas berat seperti olahraga juga itu akan menjadi ciri ciri penyakit thalasemia dan juga menjadi ciri darah rendah akan kambuh. Penderita thalasemian ini akan membebani sistem kardiovaskular sebab tubuh akan membutuhkan banyak zat besi yaitu untuk menghasilkan hemoglobin yang merupakan zat penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju berbagai organ dan jaringan pada tubuh.
    • Kepala Akan Terasa Pusing
    Pusing dengan secara tiba-tiba juga sering dialami oleh penderita penyakit thalasemia pada tahap awal yang jugas ering terjadi pada gejala penyakit darah tinggi. Sehingga pusing ini akan terjadi karena berhubungan dengan gangguan otak, masalah penglihatan, gangguan pada telinga bagian dalam atau vertigo dan juga sistem gastrointestinal. Akan tetapi bagi yang menderita penyakit thalasemia akan ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dan juga rasa pusing.
    • Akan Mengalami Kram Pada Kaki
    Kram kaki yang sering terjadi selama aktivitas fisik itu menjadi ciri ciri penderita penyakit thalasemia yang berikutnya. Untuk penderita penyakit thalasemia ringan mungkin akan mengalami kram kaki sesudah berjalan, berdiri terlalu lama serta berlari. Namun jika kram kaki ini dapat disertai dengan gejala lain seperti sesak nafas, pusing, kelelahan, ekstrim, lemah otot. Serta kulit yang berwarna pucat itu bisa menjadi pertanda penyakit thalasemia yang berat.
    • Kulit Akan Terlihat Pucat
    Hemoglobin yang ada dalam sel darah merah dan yang bertugas untuk memberi warna merah pada darah dan akan semakin menurun. Kadarnya pada penderita penyakit thalasemia hal ini akan menyebabkan penderita penyakit thalasemia akan memiliki kulit yang terlihat pucat. Begitu juga dengan bagian dalam kelopak mata bawah akan sama menjadi pucat.
     
Loading...

Share This Page