Jangan sampai telat, begini cara daftar pra kerja lewat hp

Discussion in 'Online Business' started by abusumayya, Sep 22, 2020.

  1. abusumayya

    abusumayya New Member

    Joined:
    Feb 23, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Langkah dan Cara Daftar Prakerja lewat hp

    Pemerintah Indonesia memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat di masa pandemi ini. Di antaranya ialah sembako, uang, kuota internet belajar, hingga pelatihan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara daftar pra kerja lewat hp untuk mendapatkan bantuan tersebut.

    Beberapa Langkah dan Cara Daftar Prakerja lewat hp

    Bantuan pra kerja merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat tetap produktif di masa pandemi ini. Hingga saat ini sudah membuka sebanyak 9 gelombang yang menampung kurang lebih 800.000 pendaftar. Berikut langkah-langkah pendaftarannya:

    • Masuk Ke Website Resmi Prakerja
    Jika ingin mendaftar pada program kartu Pra Kerja lewat hp , maka langkah awal ialah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya melalui website resmi yaitu Prakerja.go.id.

    Untuk melakukan pendaftaran, pastikan memiliki sinyal internet yang bagus dan kuat sehingga tidak mengganggu proses pengisian data. Salah satunya ialah saat mengunggah foto KTP sebagai bukti identitas pendaftar.

    • Buat Akun Terlebih Dahulu
    [​IMG]
    Setelah masuk ke website resmi Pra Kerja, mak pilihlah opsi Daftar Sekarang. Kemudian, isilah form berupa alamat email, kata sandi serta konfirmasinya. Hal tersebut merupakan proses pembuatan akun milik Anda.

    Jika sudah mengisi form tersebut, segeralah mengecek email untuk menemukan pesan berisi verifikasi akun Prakerja milik Anda. Bentuknya berupa link yang bisa langsung Anda klik untuk kemudian kembali ke laman resmi Prakerja.

    • Isi Data Diri
    Setelah memverifikasi akun, maka langkah selanjutnya adalah mengisi form kembali berupa data diri Anda mulai dari nama, NIK, nomor KK, alamat, nomor handphone, tanggal lahir, dan lain-lain. Unggah foto berupa KTP dan selfie saat memegangnya.

    Pastikan memberikan data secara benar agar bisa lolos pada gelombang ini. Setelah mengisi data diri maka tunggu beberapa saat untuk proses verifikasi berupa kode OTP yang masuk melalui SMS.

    • Menyelesaikan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
    Tes motivasi dan kemampuan dasar ini merupakan salah satu cara daftar pra kerja . Peserta akan mengerjakan beberapa soal secara online dalam waktu kurang lebih 15 menit saja.

    Selesai mengerjakan soal-soal dari tes motivasi dan kemampuan dasar maka hanya tinggal menunggu pengumuman apakah lolos pada gelombang kali ini ataupun masih gagal. Diproses ini pemberitahuan kelolosan melalui email peserta.

    • Tunggu Pengumuman Lolos Seleksi
    Setelah mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar, Anda harus menunggu pengumuman kelulusan penggunaan kartu Pra Kerja. Pastikan untuk mengecek email karena pemberitahuan hanya melalui email peserta saja.

    Jika lulus maka bisa mengikuti berbagai pelatihan dengan menggunakan kartu prakerja. Namun, apabila belum berhasil bisa mencoba pada gelombang selanjutnya dengan langkah hampir sama dengan pendaftaran awal.[​IMG]

    Tips Agar Lolos Pendaftaran Pra Kerja

    Beberapa masyarakat mengaku kesulitan untuk bisa lolos dalam Pra Kerja ini dengan berbagai alasan yang tidak mereka ketahui. Berikut beberapa tips agar bisa lolos saat melakukan pendaftaran program bantuan pemerintah tersebut:

    • Pastikan Nomor NIK dan KK Sudah Benar
    Beberapa kesalahan saat melakukan pendaftaran program Pra Kerja adalah keliru dalam memasukkan nomor NIK dan KK. Hal ini karena panjang dan sering kali ada angka lebih dari satu sehingga salah atau bahkan kurang dalam mengisinya.

    Maka dari itu, sebelum memilih opsi daftar pastikan seluruh informasi sudah benar agar proses verifikasi berjalan cepat dan berhasil. Namun, jika dalam beberapa gelombang tetap tidak lolos maka cek kembali melalui call center Dukcapil yaitu 1500-538.

    • Pelajari Soal-Soal Tentang Motivasi dan Kemampuan Dasar
    Anda bisa mempelajari tentang soal-soal motivasi dan kemampuan dasar berdasarkan pengalaman peserta lain terlebih dari yang sudah berhasil lolos Pra Kerja. Manfaatkan perangkat dan internet untuk mencari informasi mengenai kedua tes tersebut.

    Hal ini karena tes motivasi dan kemampuan dasar juga menjadi salah satu prasyarat lolos untuk mendapatkan kartu pra kerja. Pastikan berdoa sebelum mengisinya serta tidak gegabah saat memilih jawaban.

    Target program bantuan dari pemerintah ini adalah masyarakat selain ASN, kepolisian tentara, dan juga sedang tidak bekerja maupun menempuh pendidikan formal. Maka dari itu, jika Anda merupakan salah satu di antaranya maka sudah pasti tidak akan lolos.

    Demikian artikel mengenai cara daftar pra kerja lewat hp beserta tips supaya bisa lolos seleksi pendaftarannya. Pastikan Anda selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai salah satu program bantuan ini terlebih jika belum berhasil lolos. Selamat mencoba!

    Dan yang paling penting adalah Jangan lupa selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan segala urusan dan bisa lolos seleksi kartu prakerja,karena berapapun kuat kita berusaha jika tanpa di sertai doa maka keberhasilan akan jauh dari kita.

    Semoga bermanfaat ya.
     
    Agus Priyanto likes this.
  2. Agus Priyanto

    Agus Priyanto New Member

    Joined:
    Aug 27, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Saya juga pernah daftar di prakerja, alhamdulillah diterima di Batch kedua.
    Sepertinya dibuka kembali, silahkan bagi yang belum atau sempat ter "Reject" ,di coba lagi daftar mudah mudahan di 'Approve"
     
Loading...

Share This Page