Jangan Terjerumus Isu ''Terompet Sangkakala''

Discussion in 'General Lifestyle' started by Forum Hijau, May 29, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM – Beberapa hari ini Dunia dan media dihebohkan dengan kemunculan suara aneh. Suara tersebut setidaknya dilaporkan terdengar di 4 negara, antara lain Australia, Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman. Suara itupun dihubung-hubungkan dengan tiupan Sangkakala, sebagai pertanda kiamat.

    Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) juga turut menanggapi suara aneh dari langit tersebut, Lapan menjelaskan, bahwa suara misterius itu bukan dari luar angkasa, tetapi masih berasal dari bumi.

    “Jika sura aneh tersebut datangnya dari luar bumi itu tidak mungkin. Karena suara akan menjalar melalui medium udara. Kalau di luar angkasa kan tidak ada atmosfer, jadi tidak mungkin suara dapat merambat,” ujar Ketua Lapan, Thomas Djamaludin.

    Walau belum mengetahui pasti sumber suara misterius itu, Thomas menyebutkan bahwa suara seperti itu dapat terjadi akibat aktifitas alam.

    Suara dari alat industri ataupun perangkat buatan manusia untuk tujuan penelitian juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

    Adanya isu seperti itu jangan sampai melemahkan Akidah dan Iman kita sebagai umat Islam. Umat Islam sudah mempunyai tuntunan berupa Al-Qur’an dan Al-Hadist yang menjelaskan segala tentang kehidupan, termasuk Hari Kiamat dan Tiupan Sangkakala.

    Menurut Syariat Islam tidak ada seorangpun, Malaikat, Nabi dan Rassul yang akan mengetahui kapan datangnya hari kiamat.

    Namun melalui Al-Qur’an dan Al-Hadist, manusia diberikan pertanda akan datangnya hari kiamat, termasuk waktu ditiupnya Terompet Sangkakala.

    Terompet Sangkakala ditiup setelah munculnya tanda kiamat besar yang merupakan perkara sangat besar dan muncul ketika kiamat sudah sangat dekat.

    Kemunculannya tidak biasa terjadi, seperti muncul Dajjal, Nabi Isa, Ya’juj dan Ma’juj, matahari terbit dari barat, dan lain-lain.

    Tanda-tanda besar kiamat yang sudah diucapkan oleh Muhammad adalah sebagai berikut

    – Muncul dukhan (asap) yang menutupi bumi selama 40 hari.

    – Muncul Dajjal. Munculnya Dabbatul Ard yaitu monster melata dari perut bumi.

    – Matahari terbit dari sebelah barat. Turunnya Nabi Isa. (Didukung penelitian Nasa)

    – Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj. Tiga gerhana terjadi di timur, barat, dan Jazirah Arab.

    – Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka, yaitu Mahsyar.

    – Ditiupnya Terompet Sangkakala

    Banyak sekali dalil dari Al-Qur’an yang menunjukkan akan ditiupnya sangkakala pada awal terjadinya hari kiamat.

    Di antaranya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala Menegaskan:
    Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan:

    “Jadilah, lalu terjadilah”, dan di tangan-Nyalah segala kekuasaan di waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (Al- An’am: 73)

    “Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Rabb mereka.” (Yasin: 51)

    Sedangkan dalam As-Sunnah, Dari Abdullah Bin ‘Amr bahwa Rasulullah Shalalahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:

    “Kemudian ditiuplah sangkakala, maka tidak ada seorangpun yang mendengarnya kecuali akan mengarahkan pendengarannya dan menjulurkan lehernya (untuk memerhatikannya). Lalu, tidak tersisa seorangpun kecuali dia mati. Kemudian Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan hujan seperti gerimis atau naungan (– perawi ragu–), maka tumbuhlah jasad-jasad manusia karenanya. Lalu ditiuplah sangkakala untuk kali berikutnya, tiba-tiba mereka bangkit dari kuburnya dalam keadaan menanti (apa yang akan terjadi) .” (HR. Muslim)

    Sedangkan tiupan Sangkakala disebutkan sebanyak 3 kali, sebagaimana dikatakan Al-Imam Al- Qurthubi t dalam kitabnya At-Tadzkirah (hal. 209).

    Tiga kali tiupan Masing-masingnya adalah:

    1. Nafkhatul faza’ (tiupan yang mengejutkan, menakutkan) Ini sebagaimana ditegaskan Allah Subhanahu Wa Ta’ala :
    “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.” (An-Naml: 87)

    2. Nafkhatu ash-sha’qi (tiupan yang mematikan, membinasakan)

    3. Nafkhatul ba’tsi (tiupan yang membangkitkan) Kedua tiupan ini terdapat dalam kalam Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

    “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba- tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Az-Zumar: 68)

    Sudah sering para ilmuwan barat membuat teori yang bertentangan dengan Akidah dan Syariat Islam, seperti Teori Big Bang, Teori Evolusi, Penemuan Partikel Tuhan, dan Kiamat 2012.

    Sekali lagi, sebagai umat Islam mari kita kembali ke Al-Qur’an dan Sunnah sebagai rujukan terhadap segala hal.

    Wallahu’alam

    http://forumhijau.com/jangan-terjerumus-isu-terompet-sangkakala-2/

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
  2. Novita Amanda

    Novita Amanda Member

    Joined:
    May 27, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Iya mas, saya juga sempat terpengaruh dan sempat takut juga denger kabar kalo terdengar trompet sangkakala di langit eropa. Kalo didengar dari suaranya itu bikin merinding.. serem..

    Ini ada videonya bagi yang mau nonton, silahkan dengarkan suaranya mas

    Tapi, benar kata agan @TS kalo kita gak seharusnya percaya dengan hal tersebut :)
     
  3. Dimas123

    Dimas123 Member

    Joined:
    Mar 20, 2014
    Messages:
    154
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    percaya g percaya kita harus siap selalu jadi orang baik didunia ini, ingat akhirat
     
  4. farid efendi7

    farid efendi7 Member

    Joined:
    Mar 14, 2015
    Messages:
    133
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    eya neh berita lagi booming, sempat percaya juga kalau suaranya dari luar angkasa, tapi kalau dari trompet sangkakala gak mungkin deh.
     
  5. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28

    iya bener tuhh
     
  6. hoshi

    hoshi Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    315
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    masih rame aja ya berita ini... waktu itu aku gak denger sih *bingung*
     
  7. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Fenomena alam sangat mungkin, tapi untuk Sangkakala rasanya manusia terlalu jauh beropini. Namun setidaknya bisa mejadi renungan dan peringatan bagi kita, suatu saat Sangkakala pasti ditiup.
     
  8. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Betul hmm... (Mbak arau Mas ini). Ambil hikmah positifnya saja, sebagai peringatan jika akhir zaman memang ada. Namun para Ilmuwan harus segara dapat jawabannya supaya tak meresahkan Masyarakat
     
  9. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Harus bijak menanggapi isu
     
  10. Wawan Tamaram

    Wawan Tamaram Member

    Joined:
    May 28, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Kalo ane gak percaya dengan video yang katanya suara Terompet Sangkakala terdengar di langit Eropa..*bingung*
     
  11. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Hasil ''Pinnacle studio'' kita juga gak tahu.
     
  12. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,174
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Biarlah ITU terjadi namun kalau mengatakan ITU tiupan sangkakala prtanda hari kiamat tunggu dulu, lihat dulu dalilnya
     
Loading...

Share This Page