Jelang Persalinan, Inilah 9 Tanda Umum Akan Segera Melahirkan

Discussion in 'Health & Medical' started by muezaa, Aug 5, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    61
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Periode kehamilan tentunnya ada fase dimana akan melahirkan. proses persalinan merupakan momen yang ditunggu-tunggu, sebab penantian 9 bulan untuk memiliki buah hati pada akhirnya terwujud. Kendati demikian, tak sedikit ibu hamil yang berharap dapat melahirkan bayinya dengan proses yang normal dan lancar.

    [​IMG]

    Menjelang persalinan, terdapat beberapa gejala yang meliputi tanda-tanda melahirkan sebagai berikut:

    1. Perubahan bentuk tubuh

    Menurut buku Dahsyatnya Hamil Sehat dan Normal hasil karya dr.Fredrico Patria, SpOG, akan ada perubahan bentuk tubuh jelang melahirkan karena perubahan hormon.

    2. Nafsu makan meningkat

    Sama seperti pada masa mengidam, nafsu makan juga akan meningkat pada saat melahirkan.

    3. Sakit punggung

    Nyeri pada punggung ini sangat umum terjadi. Ini disebabkan karena terjadinya relaksasi tulang sendi dan ikatan-ikatannya. Gerakan bayi yang semakin menekan tulang belakang juga membuat punggung terasa nyeri.

    4. Muntah

    Muntah ini selain dipengaruhi oleh hormon, juga merupakan efek psikologis karena emosi yang tidak stabil, perpaduan rasa takut, nyeri, dan bersemangat.

    5. Kontraksi

    Kontraksi atau rasa mulas terjadi menjelang hari-hari kelahiran. Kontraksi yang sebenarnya yaitu kontraksi pada rahim melalui pinggang, lalu ke panggul. Kontraksi ini dirasa sangat kencang sehingga mengakibatkan perut terasa mulas dan durasinya akan terjadi semakin cepat dari waktu ke waktu.

    6. Flek darah

    Tanda-tanda berikutnya adalah munculnya flek-flek pada cairan vagina. Awalnya, flek tersebut berwarna cokelat muda, cokelat, hingga akhirnya berwarna seperti darah.

    7. Buang air kecil yang tak tertahankan

    Ibu hamil mungkin akan mengalami dorongan hebat yang membuat benar-benar ingin buang air kecil. Ini terjadi karena bayi semakin mendorong ke bawah.

    8. Kondisi psikologis yang tidak stabil

    Semakin mendekati waktu persalinan, emosi menjadi tidak stabil, gejolak energi yang berlebihan atau bahkan ada keinginan untuk menyendiri. Karena itu dibutuhkan kesiapan fisik dan mental yang matang.

    9. Pecah ketuban

    Selama di dalam perut, bayi berada dalam kantung berisi air ketuban. Sesaat sebelum lahir, kantung ketuban ini akan pecah dan air mengalir dari pintu rahim.
     
Loading...

Share This Page