Jenis-Jenis Cuaca dan Iklim

Discussion in 'Science' started by Khair, Sep 16, 2016.

  1. Khair

    Khair Member

    Joined:
    Mar 12, 2016
    Messages:
    27
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Aneka jenis dan iklim terhadap di sebagian daerah tergantung jangka periode tertentu pula. Perubahan keadaan udara di sekitar kita dipengaruhi musim yang berubah dalam bulan tertentu tiap tahunnya. Disiplin ilmu yang mempelajari cuaca adalah meteorology.

    Ada beberapa macam-macam cuaca yang terjadi permukaan bumi ini, diantaranya adalah:

    1. Cuaca Cerah
    Cuaca Cemerlang berarti matahari bercahaya jernih dan udara terasa segar atau tidak begitu terasa panas. Pada umumnya, hujan tidak akan turun saat cuaca benderang. Angin berhembus semilir. Pada siang hari, terdapat awan yang bertumpuk minim, serupa dengan kapas yang berwarna putih bersih.

    Pada matahari timbul atau terbenam, terlihat warna merah atau kuning cerah. Ketika malam hari, terdapat bintang berserakan di langit.

    2. Cuaca Panas
    Udara terasa panas saat cuaca panas. Variabel yang memicu udara kering adalah cahaya matahari. Pada siang hari, cahaya matahari jauh tegak lurus ke bumi sehingga terasa panas menyakitkan.

    Ketinggian juga membuat udara di suatu wilayah terasa kering. Semakin tinggi suatu wilayah, temperatur udaranya semakin surut. Itulah alasannya, suhu di daerah pantai terasa kering, namun di bukit terasa adem.

    3. Cuaca Mendung
    Pada langit ditemukan beberapa awan, suasana hal seperti ini dikenal cuaca mendung. Cahaya matahari tidak seberapa terasa panas alasannya adalah terbendung oleh awan.

    Sejumlah awan bisa bergerombol sehingga akan terbentuk awan yang gede. Awan gede itu bisa berubah menjadi mendung. Apabila tempat di dekatnya mendukung, awan gelap dapat berubah menjadi hujan.

    4. Cuaca Dingin
    Suatu tempat mengalami cuaca adem jika kelembapan udara tinggi, angin berdesir kuat, dan suhu udara rendah.

    5. Cuaca Hujan
    Hujan datang dari udara yang menyimpan uap air. Uap air terbentuk karena adanya pemanasan matahari terhadap air di permukaan bumi, seperti air kolam, air danau, air laut dan air sungai. Udara tersebut naik ke atas dan membentuk awan. Semakin ke atas, suhu uap air menjadi semakin merosot.

    Ketika mendekati suhu tertentu, uap air akan mengembun menjadi titik-titik air. Titi- titik air berubah menjadi tetesan air. Semakin lama tetes-tetes air, makin banyak dan hasilnya turun ke bumi dalam bentuk hujan.

    Hujan yang turun dengan kencang terkadang diikuti angin ribut, ialah angin kencang disertai guruh dan kilat. Angin besar dapat membuat keburukan parah di bumi.

    6. Cuaca Berangin
    Angin bertiup lebat sehingga melarikan semua benda halus yang dilewatinya. Jika angin berhembus sangat kuat, pohon dan gubuk akan hancur.

    Laju angin dapat diukur dengan anemometer. Pada cuaca berangin, langit pada umumnya agak mendung dan suhu udara rendah. Suasana cuaca pada umumnya dianalogikan menggunakan simbol-simbol cuaca.
     
  2. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    94
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kalau untuk ngukurnya bisa menggunakan weather atau alat pemantau cuaca
     
  3. Obatrindu

    Obatrindu Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalau di hutan cuacanya bagaimana saja???
    Hehe
     
  4. Yana Mulyana

    Yana Mulyana Member

    Joined:
    Aug 31, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Sebagian orang katanya ada banyak bintang yang terang malam hari tanda kalo besoknya cerah gans
     
  5. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Musim dingin membuat saya malas mandi pagi *depresi1*
     
Loading...

Share This Page