Jenis Kertas Kemasan Produk

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by sejasajogja, Jun 13, 2017.

  1. sejasajogja

    sejasajogja New Member

    Joined:
    Jun 9, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel pertama sebelum ditemukan plastik dan aluminium foil. Saat ini jenis kertas kemasan makanan dan produk lainnya masih banyak digunakan.

    Jenis kertas kemasan makanan

    Sifat-sifat kertas kemasan sangat tergantung pada proses pembuatan dan perlakuan tambahan. Kemasan kertas dapat berupa kemasan fleksibel atau kemasan kaku. Berikut ini jenis kertas kemasan makanan (produk) :

    Karton

    Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk kerangka dalam suatu undangan hard cover, kotak cidera mata , kotak cincin, maupun kotak makanan.

    Bahan ini memberi kesan kokoh dan kuat. Kertas ini tidak bisa dicetak offset. Biasanya dilapisi dengan art paper atau dupleks dan bahan lainnya agar lebih menarik. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalan, biasanya disebut YB 25, 30, 40 .

    Samson Kraft

    Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat muda dan ada juga yang coklat tua. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag, karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (carton)

    Corrugated
    Atau disebut Kotak Karton Gelombang (KKG) adalah alat kemasan berbentuk kotak yang terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium sebagai lapisan yang bergelombang.

    Adanya lapisan bergelombang inilah yang membedakan kotak karton gelombang dengan kotak karton lainnya. KKG merupakan kemasan transportasi atau kemasan distribusi yang paling umum digunakan saat ini. Kertas ini juga bisa di padu dengan kertas duplex dan bisa cetak berwarna. salah satunya bisa buat kemasan kue.

    Untuk keperluan kardus ada 3 jenis :


    1. Single wall

    Bahannya terdiri dari 3 bagian kertas dengan ketebalan 2 sampai 5 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk mengemas barang elektronik, mainan, makanan, minuman, lapisan pembatas dan lain-lain. Gambar di bawah ini menerangkan ketebalan kertasnya.

    2.Double Wall
    Bahannya terdiri dari 5 bagian kertas dengan ketebalan mencapai 7 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk mengemas barang yang sama dengan tipe single wall, hanya saja berlapisan lebih tebal.

    3. Triple Wall
    Bahannya terdiri dari 7 bagian kertas dengan ketebalan mencapai 10 mm. Karena tebalnya, jenis ini biasa dipakai untuk mengemas barang-barang berat, aktivitas pengiriman, dan ekspor dalam jumlah besar.

    Dupleks


    Bahan ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya. Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu.

    Kertas ini umum dipakai sebagai alas buku jenis nota, dan khususnya untuk pembuatan kotak pengemasan. Karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya.

    Biasa dicetak hanya 1 sisi, di bagian sisi yang berwarna putih. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 310gr, 350gr, 400gr.

    Ivory


    Kertas yang aman untuk digunakan sebagai jenis kertas kemasan makanan. Jenis kertas ini memiliki 2 sisi berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. Satu sisi bertekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS.

    Biasanya digunakan untuk kotak atau pengemasan karena cukup tebal dan kokoh. Dan yang menjadikan kertas ini lebih banyak peminatnya adalah, kesan ”Eksklusif” nya.

    Kemasan makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakannya sebagai bahan dasar dus makanan. Selain aman untuk makanan, kertas ini juga mempunyai kesan lebih eksklusif. Gramasi yang umum digunakan adalah 250gr, 300gr, 350gr.

    Penggunaan kertas ini sekarang banyak diminati. Apalagi dalam proses pembuatan dos makanan atau Paper Bag. Selain tebalnya, kertas ini juga ternyata salah satu jenis kertas yang Food Grade (tidak berbahaya bagi makanan yang di konsumsi). Jadi kertas ini sangat sesuai dipakai untuk restauran-restauran yang ingin menjual makanan untuk dibawa pulang oleh konsumen.


    Art paper

    Kertas yang permukaannya dilapisi (coated), permukaannya lebih rata dan jika dicetak menimbulkan efek glossy. Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak brosur, majalah, katalog, kotak atau kemasan karena dua bagian mengkilap. Dan yang menjadikan kertas ini lebih banyak peminatnya adalah kesan ”Eksklusif” nya. Kemasan makanan di kios makanan maupun restoran sekarang pun ada yang menggunakan untuk produk tertentu. Gramasi yang umum digunakan adalah 100gr, 120gr, 150gr.

    Sekarang jasa cetak kemasan terutama di Jogja sudah banyak. Namun untuk mendapatkan produk cetak kemasan yang berkualitas dan harga murah kita harus pintar-pintar memilih tempat.

    Pelayanan yang ramah dan suasana kerja yang nyaman juga perlu diperhatikan. Salah satunya kenyamanan saat ini terdapat AC di tempat tersebut. Mungkin tempat tersebut juga membiasakan menggunakan jasa service AC Jogja secara rutin agar AC nya awet dan bekerja optimal


    Semoga artikel ini bermanfaat...
    Go Green....recycle, reduce, reuse
     
  2. gatot

    gatot New Member

    Joined:
    Aug 29, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ulasan yang cukup lengkap.. info yang bermanfaat buat yang ingin berbisnis...
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah, jujur baru tahu banyak juga ternyata jenisnya yaa, ijin share ya gan,,,
     
  4. Tri Mardianto

    Tri Mardianto Member

    Joined:
    May 9, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Kayanya hanya orang didunia perkertasan ya yang paham hihi, tapi bagus lah buat pengetahuan Kita Semua ya, agar kita juga tahu, siapa tahu nanti bikin usaha sendiri, harus tahu dalam hal teknis Packing yang bagus pakai kertas apa
     
  5. lionel adrian

    lionel adrian Member

    Joined:
    Nov 27, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kami Solusi box packaging di jabotabek
     
  6. Tri Mardianto

    Tri Mardianto Member

    Joined:
    May 9, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Waduh, jadi ada iklan,,,, cukup iklan di Signature mas, kolom komen HANYA diperuntukan untuk Komentar Mengenai Thread yang sedang dibahas !
     
    lionel adrian likes this.
  7. Yusuf Setiadi

    Yusuf Setiadi Member

    Joined:
    May 19, 2018
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Setuju !! harus ditertibkan admin ! atau diberi arahan agar jangan posting promosi di thread diskusi
     
    lionel adrian likes this.
  8. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  9. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Wah bagus nih infonya dibahas dengan lengkap.
     
Loading...

Share This Page