Jenis Makanan Alternative Ikan Arwana Tanpa Harus Mengurangi Kandungan Gizinya

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Jan 16, 2019.

Tags:
  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Hai ketemu lagi nih sama saya ! Gini, Kemarin ditempat saya lagi sibuk sibuk nya bahas budidaya ikan Arwana. Tapi banyak dari mereka yang takut memulai budidaya arwana, karena beberapa sebab sih.

    Masalah terbesarnya, pada biaya pakan mahal sehingga mereka takut. Nah, maka dari itu saya punya idea pengen bahas mengenai Pakan Ikan Arwana tentunya dengan tujuan meminimalis pengeluaran biaya pakan tanpa harus mengurangi kandungan gizi yang diperoleh ikan arwana.


    Coba deh bagi anda yang ingin mencoba budidaya ikan arwana, mana tau tulisan mengenai Pakan Ikan Arwana ini dapat bermanfaat.

    Makanan Ikan Arwana


    Untuk menghasilkan ikan arwana dengan warna indah dan masa pertumbuhan cepat, diperlukan perawatan serta pemberian pakan yang tepat.

    Dibawah ini akan kami jelaskan jenis makanan ikan arwana yang mampu meningkatkan masa pertumbuhan dan mempercantik warna ikan arwana.

    Jangkrik

    Ikan arwana memerlukan asupan pakan yang mengandung nutrisi tinggi, guna meningkatkan masa pertumbuhan dan mampu menjaga kesehatan ikan arwana.

    Ternyata jangkrik mengandung nutrisi tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi ikan arwana.
    Selain itu jangkrik termaksud dalam makanan ikan arwana yang jarang membawa penyakit, sehingga arwana lovers tak perlu merasa khawatir tentang kesehatan ikan ini nantinya.

    Jangkrik juga mampu meningkatkan warna kulit ikan arwana, agar semakin indah dipandang. Kita ketahui warna kulit merupakan salah satu faktor pendorong harga jual tinggi di pasaran.

    Penyebab jangkrik mampu meningkatkan kecerahan kulit arwana adalah kandungan beta caroten yang berfungsi dalam menjaga kesehatan warna kulit arwana dan mendorong warna arwana agar lebih menawan dan indah.

    Namun sebelum anda menggunakan jangkrik sebagai makanan ikan arwana, pastikan dulu bahwa jangkrik merupakan hasil dari budidaya rumahan dan lakukan pembersihan jangkrik dibagian kerasnya sebelum diberikan ke ikan arwana.

    Udang

    Kandungan yang terdapat didalam udang hampi sama dengan jangkrik, yang merupakan makanan ikan arwana guna menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan warna kulit arwana semakin indah dipandang.

    Dalam pemberian udang sebagai pakan arwana, dapat memberikan udang yang masih hidup ataupun udang mati. Untuk hasil yang lebih baik, bersihkan bagian udang yang memiliki tekstur keras seperti kulit dan sungut udang.

    Pemberian pakan udang sebaiknya tidak dilakukan secara rutin, karena ikan arwana yang terlalu sering mengkonsumsi udang akan memiliki kelainan pada matanya.

    Kelabang

    Sama halnya dengan makanan ikan arwana diatas, kelabang juga termaksud pakan terbaik untuk ikan arwana lovers semua lohh! Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi kompleks didalam kelabang.

    Dengan memberikan kelabang sebagai pakan arwana, dipercaya mampu meningkatkan masa pertumbuhan ikan arwana dan mendorong warna kulit arwana semakin indah.

    Dimata arwana daging kelabang sangat lezat dan nikmat, maka dari itu pemberian pakan kelabang terlalu sering dapat beresiko pada nafsu makan arwana yang akan turun jika diberi pakan jenis lain.

    Sebaiknya kelabang hanya digunakan sebagai pakan sampingan, jangan paka utama karena akan beresiko buruk untuk ikan arwana sendiri.

    Katak

    Jenis makanan ikan arwana selanjutnya adalah katak, kandung gizi dan lemak didalam katak cukup tinggi. Sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan arwana nantinya.

    Namun perlu anda ingat! Jangan gunakan katak sebagai pakan utama, melainkan sebagai pakan sampingan saja. karena apa? ikan arwana yang terlalu sering mengkonsumsi katak akan menghasilakn warna kulit yang pucat.

    Sehingga dapat menurunkan keindahan arwana nantinya, dan lebih parahnya dapat menurunkan harga jual dipasarannya.

    Kecoa

    Bagi kebanyakan orang mengganggap kecoa merupakan hama yang menjijikan, namun untuk pecinta arwana kecoa merupakan salah satu makanan ikan arwana yang mengandung vitamin serta protein tinggi.

    Pemberian kecoa sebagai pakan arwana, dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan ikan arwana. Dalam pemberian pakan kecoa, sebaiknya anda melakukan pembersihan pada bagian kecoa yang memiliki tekstur keras seperti sayap dan sungut serta kepala.

    Gunakan kecoa sebagai pakan sampingan, artinya jenis pakan yang melengkapi kandungan gizi dari pakan pokok sehingga arwana memperoleh gizi secara optimal.

    Untuk memperoleh kecoa pun cukup mudah, anda bisa mencari ditempat sampah atau kamar mandi yang kotor.

    Ikan Mas Anakan

    Pemberian ikan mas anakan memiliki tujuan agar tingkat agresif atau sifat alami arwana tidak hilang, sehingga ikan arwana terbiasa untuk bergerak karena sifat alami ikan ini adalah predator.

    Untuk pemberian akan ikan mas anakan, anda perlu memperhatikan bahwa pakan tersebut tidak menderita penyakit, karena pakan yang terinfeksi penyakit akan beresiko besar menular pada ikan arwana.

    Cicak dan Kadal

    Salah satu makanan ikan arwana cukup berpengaruh pada proses pertumbuhan ikan arwana, namun tidak semua arwana menyukai daging cicak ataupun kadal.

    Jadi anda perlu melakukan pelatihan khusus secara step by step, agar ikan arwana menyukai daging cicak ataupun kadal.

    Sebaiknya pemberian pakan ini tidak dilakukan secara rutin, sama halnya dengan daging katak yang mampu merusak warna kulit arwana.

    Selain itu pemberian pakan cicak atau kadal terlalu sering dapat menurunkan agresif alami arwana dan menurunkan nafsu makan.

    Ikan Kecil

    Sama halnya dengan ikan mas anakan, jenis ikan kecil lainnya juga baik digunakan sebagai makanan ikan arwana.

    Hal ini bertujuan agar arwana memiliki sifat agresif dan menjaga sifat alaminya yaitu predator.

    Selain itu kandungan gizi didalam ikan kecil cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan masa pertumbuhan arwana nantinya.

    Sumber : SawonBudidaya
     
  2. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    358
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    waduh baru tau ada makanan dari anak ikan mas, kanibal ikan makan ikannnn *depresi1*
     
  3. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    380
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Banyak kok gan contohnya ikan makan ikan atau lazimnya disebut ikan predator
     
Loading...

Share This Page