Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan untuk Darah Tinggi

Discussion in 'Health & Medical' started by Wendy Putra, Apr 4, 2016.

  1. Wendy Putra

    Wendy Putra New Member

    Joined:
    Nov 10, 2014
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Bila kita cermati, tentu ada ribuan bahkan jutaan jenis makanan di bumi kita sekarang ini. Setiap makanan pastinya akan membawa ciri khas tersendiri yang akan membuat orang hapal dengan cita rasanya. Dalam proses pembuatan makanan inilah, biasanya banyak orang mencampurkan berbagai zat yang sebenarnya kurang tepat untuk dikonsumsi sehingga akhirnya kandungan-kandungan inilah yang menyebabkan makanan tersebut menjadi pantangan untuk darah tinggi. Seperti diketahui, memang pantangan untuk penyakit satu ini biasanya adalah untuk menghindari cita rasa yang terlalu asin.

    Pantangan untuk penderita darah tinggi baik itu pada makanan pokok maupun pada makanan sampingan atau camilan, memang kandungan garam sulit untuk dihilangkan. Hal ini disebabkan karena selain fungsinya sebagai pengawet makanan, garam atau natrium ini memiliki cita rasa asin yang bisa menggugah selera makan. Namun demikian bila Anda menjumpai beberapa makanan berikut, sebaiknya dihindari agar tekanan darah tidak terlalu tinggi, yaitu:
    1. Asinan baik itu asinan buah ataupun asinan daging seperti ikan asin yang sering dijual di beberapa tempat makanan. Rasanya memang sangat nikmat, tapi apabila kita tahu efeknya akan kurang bagus maka harus dihindari,
    2. Makanan yang diawetkan seperti abon, dendeng, telur asin dan sebagainya dimana media yang dipakai untuk mengawetkan makanan tersebut tentu saja adalah garam,
    3. Makanan cepat saji yang menggunakan berbagai zat penyedap masakan dan juga garam ini.
    Selain makanan dengan citarasa yang asin, makanan ataupun minuman dengan citarasa yang manis juga bisa berakibat kurang bagus terhadap tubuh. Beberapa diantaranya adalah:
    • Susu full cream yang sering dipasarkan secara bebas dipasaran,
    • Penggunaan gula pasir biasa sebagai pemanis minuman,
    • Biskuit dengan rasa manis yang berlebihan ataupun asin berlebihan.
    Rasa manis ini bisa memicu kenaikan kadar gula dalam darah sehingga membuat kepekatan darah lebih tinggi sehingga akan mengakibatkan tekanan untuk mengedarkan darah ini lebih besar. Penggunaan pemanis buatan yang rendah kalori seperti produk dari Tropicana, bisa mengurangi resiko terhadap kemunculan efek buruk dari tekanan darah yang terlalu tinggi ini. Itulah beberapa jenis bahan makanan dan makanan yang menjadi pantangan untuk darah tinggi serta wajib diperhatikan.
     
  2. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Darah tinggi lumayan banyak jug pantangan nya gan :(
     
  3. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    Alhamdulilah saya masih sehat sampai sekarang (tidak ada penyakit parah) :D
     
Loading...

Share This Page