Jenis Udang Hias untuk Aquascape

Discussion in 'Pets' started by agus sugiyanto, Oct 13, 2015.

  1. agus sugiyanto

    agus sugiyanto New Member

    Joined:
    Sep 1, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Saya pengen sedikit sharing informasi nih. Ya... bukan informasi berita yang lagi hangat sih. Cuma untuk pehobi binatang hias khususnya yang punya hobi mengoleksi ikan maupun udang dalam aquascape. Kamu tahu aquascape kan? Itu tuh inovasi aquarium dengan berbagai hiasan pelengkap. Biasanya aquascape ini dipercantik dengan kayu yang ditata sedemikian rupa, ditambah dengan karang serta tumbuhan sebagai pelengkap hiasan aquarium. cantik memang, saya aja jadi pengen beli aquascape setelah lihat gambar-gambarnya.

    Ngomong-ngomong soal aquascape, ada beberapa hewan yang biasa ditaruh dalam aquarium yang cantik ini, antara lain berbagai jenis ikan hias, keong dan udang hias.

    Pada bahasan kali ini saya ingin mengerucut pada salah satu hewan yang sering mengisi aquascape. Ya.. udang yang dulunya hanya untuk dimakan, seiring perekembangan jaman udang sudah mulai bertransformasi menjadi hewan unik yang menawarkan pesona keindahan.

    Udang hias ini memiliki warna yang cukup komplek. Sebagian alami tanpa campur tangan manusia, sebagian lagi hasil persilangan dengan jenis udang lain. Hasil persilangan ini akhirnya diberi nama sesuai dengan keinginan penyilang/peternak udang.

    Dari beberapa jenis udang hias tersebut ada yang berasal dari indonesia asli, ada juga yang berasal dari berbagai negara. Jenis udang hias yang berasal dari indonesia adalah Mandari Shrimp dan Cardinal Shrimp. Selain itu ada yang dari Taiwan, Jepang, Amerika, Afrika, India dan Malaysia.

    Ada banyak sekali uang hias yang tersebar di seluruh dunia. beberapa diantaranya sudah dibudidayakan dan disilang dengan berbagai jenis udang lain. Berikut jenis udang hias yang saya sadur dari website www.santaisaja.net :

    1. Red Cherry Shrimp.
    Ciri khasnya berwarna merah, termasuk udang pemakan alga. Ia berasal dari Taiwan.

    2. Yellow Fire Shrimp
    Udang ini berwarna kuning cerah, hasil persilangan dengan udang Red Cherry.

    3. Red Rili Shrimp
    Udang ini berwarna merah dengan badan putih transparan. Ia berasal dari Taiwan, masih termasuk keluarga Caridina.

    4. Red Bee Shrimp
    Warnanya putih susu dengan sedikit corak merah pada bagian leher. Udang ini kadang juga disebut Crystal Red Shrimp.

    5. Black Bee Shrimp
    Udang ini berwarna hitam campur putih. tapi lebih dominan warna putih.

    6. Golden Bee Shrimp
    Udang ini berwarna putih salju dengan sedikit warna merah, makanan utamanya alga dan ganggang air.

    7. Ble Bee Shrimp
    Bleu bee shrimp masuk dalam keluarga caridina yang berasal dari taiwan. Sesuai warnanya udang ini berwarna biru cerah.

    8. Mandarin Shrimp
    Seperti yang sudah disinggung, mandarin shrimp berasal dari Indonesia, tepatnya dari Sulawesi. udang mandarin mempunyai warna orange transparan dengan bintik-bintik merah pada sekujur tubuhnya.

    9. Amano Shrimp
    Udang Amano berasal dari Jepang. ia pemakan alga dan berwarna coklat agak transparan.

    10. Cardinal Shrimp
    Udang ini juga berasal dari Sulawesi, Indonesia. Warnanya didominasi merah dengan bintik putih di seluruh tubuhnya.

    11. Neon Shrimp
    Udang yang masih keluarga Caridina ini berasal dari India dan Malaysia. Warnanya hijau transparan.

    12. Red Nose Shrimp
    Red nose shrimp menyukai lingkungan yang banyak terdpaat tanaman air, kayu-kayuan dan batu. Ciri yang paling unik dari udang ini hidungnya memanjang berwarna merah. Sangat kontras dari warna tubuhnya yang putih transparan.

    13. Vampire Shrimp
    Vampire Shrimp adalah udang hias paling besar jika dibandingkan dengan jenis udang hias lain. Ia berasal dari Afrika barat dan Amerika. Udang ini berwarna Putih keabu-abuan.

    14. Bamboo Shrimp
    Udang asal Asia Tenggara ini masih satu keluarga dengan udang vampire shrimp. Makanan utamanya alga dan mikroorganisme. Udang ini berwarna coklat bergaris putih mirip bambu atau kayu. Makanya ia dinamakan udang bambu. hehehe

    Itulah jenis-jenis udang hias yang siap melengkapi aquascape anda.
    Semoga menambah pengetahuan.
     
  2. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    252
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    informatif nih thread nyaa...
    tak kirain cuma ikan yang di akuariuumm
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Usaha peternakan bidang aquaspace sangat menjanjikan. Harus di tekuni dengan sungguh-sungguh agar memberikan hasil maksimal.
    Untuk udang hias dari indonesia memang khas karena keanekaragaman hayati di negeri kita luar biasa.
    Salam peternak indonesia
     
  4. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    saya suka jenis yang ini mas :)
     
  5. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Weew keren dah infonya, tak kira udang itu udang biasa ama lobster doang... hehehe
     
  6. Fatah

    Fatah New Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Dulu pernah budidaya udang RC buat aquascape ane. Sayang udah nggak keurus. *bye*
     
Loading...

Share This Page