Kalau Terus Begini, Lamaran Kamu Gak Akan Pernah Dibaca HRD!

Discussion in 'General Internet' started by Bagas Pramudita, Mar 27, 2019.

  1. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Di sekolah kita emang gak diajari cara melamar pekerjaan yang baik dan benar ya, biasanya hanya sebatas pembuatan CV/Surat Lamaran saja.

    [​IMG]

    Tapi pada kenyataannya, banyak hal yang gak diketahui sama job seeker baru, yang akibatnya mereka mengirim lamaran sangat asal.

    Lebih diutamakan untuk pengiriman lamaran VIA e-mail, banyak sekali lamaran yang saya terima isinya begini:
    1. Email tidak mengandung SUBJEK
    2. Email tidak memberi informasi untuk melamar di posisi apa
    3. Tidak mencantumkan nomor HP
    4. Lampiran yang tidak bisa dibuka
    5. Lampiran yang di-Zip
    6. Tidak mencantumkan portofolio (Jika berpengalaman)

    itu menurut saya adalah poin yang sangat fatal jika kita tidak isi saat mengirim lamaran pekerjaan, karena HRD akan menggap kamu tidak professional (terutama bagi yang sudah berpengalaman kerja).

    Tapi menurut saya hal paling fatal yang menggagalkan kamu melamar pekerjaan adalah, tidak bisa dibukanya lampiran yang kamu kirim.
    Karena biasanya ada beberapa HRD yang masih mau menerimanya dan langsung melihat CV + Portofolio kamu yang kamu lampirkan.

    Tapi, kadang masih banyak orang yang mengirim semau mereka, dengan melampirkan dokumennya menggunakan file ZIP atau RAR.

    Ingat, di zaman sekarang terutama perusahaan start-up sangat mau segala sesuatu yang simple, biasanya mereka tidak menggunakan platform offline seperti office, melainkan sudah migrasi ke Google Drive termasuk saya hehe.

    Jadi, saya sarankan lebih baik kalian gunakan PDF untuk melampirkan CV, Surat Lamaran, Portofolio atau lainnya.

    [​IMG]

    Atau lampirkan Link yang menuju ke Google Drive dimana di link tersebut sudah ada dokumen kalian dengan rapih yang kapanpun bisa mereka download.

    Jadi, si pengirim juga akan dilihat lebih professional hehe.

    *bagus* *sayonara*
     
Loading...

Share This Page