Kalo Ke Purwokerto Wajib Coba 8 Makanan Ini

Discussion in 'Tourism' started by Ragil Pangesti, Oct 21, 2017.

  1. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau om tante semua berencana mampir ke Kota Purwokerto, jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner khas Purwokerto. Ingin tahu apa saja delapan makanan yang bisa dinikmati di Purwokerto? Scroll ke bawah untuk infonya!

    1. Mendoan

    [​IMG]

    Salah satu produk turunan yang paling terkenal dari biji kedelai adalah tempe. Penganan yang terbuat dari kedelai ini tinggi kandungan protein dan seratnya. Purwokerto terkenal sebagai kota asal mendoan dan mendoan dapat ditemukan di seluruh penjuru kota. Mendoan dibuat dari tempe yang dipotong tipis dan dibalut dengan adonan tepung berbumbu lalu digoreng sebentar dengan minyak panas. Paling enak kalau
    dinikmati saat masih panas dengan cocolan kecap atau saus sambal atau cabe rawit.

    2. Soto

    [​IMG]

    Di sebuah daerah bernama Sokaraja terdapat Yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto-soto lainnya adalah digunakannya kuah kacang serta kerupuk dengan berbagai warna yang membuat tampilan soto jadi cerah. Soto yang dimakan dengan menggunakan ketupat ini diseduh dengan kuah kaldu kental yang gurih serta manis dan tentunya membuat pelanggan ingin segera menambah satu porsi lagi. Satu tempat lagi untuk menikmati soto adalah di Jalan Bank. Kabarnya, Presiden SBY juga pernah makan soto ini, lho. Harganya juga relatif terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong menjerit. Ada dua jenis soto yang dapat dinikmati, yaitu dengan daging ayam atau daging sapi. Kenapa harus memilih? Sikat saja dua-duanya!

    3. Lumpia

    [​IMG]

    Kalau di Semarang lumpia dikenal sebagai makanan ringan, di Purwokerto lumpia bisa juga dijadikan lauk. Dan lumpia di sini berbeda dengan lumpia di Semarang. Lumpia di Purwokerto diberi nama Lumpia Bom. Nama itu diberikan karena ukurannya yang besar, sekitar 15-20 cm dengan diameter sekitar 4-6 cm. Lumpia disajikan beserta nasi dan lalapan serta ditemani oleh sambal yang pedas. Isinya juga bukan rebung, tetapi menggunakan berbagai sayuran segar yang dicampur bahan-bahan lain seperti telur, daging, atau sea food. Kalau makan satu porsi tidak kenyang, tidak usah malu-malu untuk menambah satu porsi lagi.

    4. Gethuk Goreng

    Tenang, bukan salah ketik, kok. Kalau biasanya gethuk yang terbuat dari umbi-umbian dan diolah dengan cara direbus, di Purwokerto ada gethuk yang digoreng. Gethuk goreng juga terbuat dari singkong atau ketela dicampur dengan gula jawa. Paling nikmat dinikmati dalam keadaan masih panas saat sore hari sambil minum teh atau kopi.

    5. Lanting

    [​IMG]

    Sekilas bentuknya mirip onion ring, tetapi cemilan khas Purwokerto ini terbuat dari tepung yang digoreng dan berbentuk cincin. Harga sebungkus lanting bervariasi, tapi relatif tidak mahal dan bisa jadi teman yang asik sambil bengong atau sambil berkumpul dengan teman.

    6. Keripik Tempe
    [​IMG]

    Satu lagi makanan berbahan baku tempe yang dibuat di Purwokerto, yaitu keripik tempe. Jika mendoan dibuat dari potongan tempe yang agak tebal, keripik tempe dibuat dari potongan tipis tempe yang dibalut tepung dan digoreng hingga garing. Adonan tepung yang membalut keripik tempe tidak menggunakan jintan, tetapi tidak mengurangi kerenyahan dan kenikmatannya. Mau untuk cemilan? Bisa! Mau untuk menambah lauk makan? Juga bisa!

    7. Bakmi

    [​IMG]

    Yang membuat Bakmi Purwokerto berbeda dengan tempat lainnya adalah mie lebar yang digunakan. Mie lebar yang mirip dengan kwetiauw dimasak bersama bahan dan bumbu di atas tungku arang yang memberikan aroma tambahan dan menambah kenikmatan bakmi. Bakmi yang dipesan bisa berupa bakmi goreng, bakmi rebus, atau versi nyemek, yaitu bakmi goreng dengan kuah. Jangan lupa tambahkan sambal pedas biar lebih nendang.

    8. Serabi

    [​IMG]

    Serabi Purwokerto juga berbeda dengan Surabi Bandung atau Serabi Solo. Meski serabi Purwokerto terbuat dari bahan yang sama dengan dua saudaranya. Tapi yang membedakan adalah adonan manis yang berada di tengah serabi. Jadi, bayangkan serabi dengan pinggiran putih serta bagian tengah berwarna coklat yang manis dan gurih. Lalu bayangkan memakannya perlahan-lahan dari pinggirannya yang berwarna putih belum melahap bagian tengahnya yang berwarna coklat. Hmmm....

    sumber : http://www.triptrus.com/news/delapan-kuliner-khas-purwokerto
     
    Last edited: Oct 24, 2017
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    304
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    wisata kuliner yang paling enak itu Mendoan paling favorit
     
  3. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    iya om.. karena sudah ciri khas.. jadi kalo om mampir di purwokerto insyaalah semua warung makan ada menu satu ini.. khususnya mendoan, biasanya mendoan ada bumbu khususnya. kalo mau buat oleh oleh yang terkenal mendoan di kawasan sawangan kurang lebih dari alun alun 300 m.
     
  4. Mokimaru

    Mokimaru Member

    Joined:
    Nov 9, 2014
    Messages:
    477
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Topping putih yang ada di soto itu apa ya gan?

    Sent from my H30-U10 using Tapatalk
     
  5. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    oh itu om.. namanya babat om.. bentuknya kaya handuk.. jeroan sapi.. rasanya kenyal.. biasanya nanti kalo mau pesen di tanya om.. mau soto babat, soto sapi, atau soto ayam.. cobain om kalo ke purwokerto pasti ketagihan :D

    [​IMG]
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,011
    Likes Received:
    2,259
    Trophy Points:
    113
    hehehe.. saya nggak ketagihan untuk soto-nya, tapi kalau bakminya iya :D
     
  7. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    hehehe kang andre bisa aja... tadinya yang terkenal di jalan perintis kemerdekaan om... sekarang yang lagi hit bakmi jawa dirjo putro... jangan jangan dah nyoba juga ya kang andre
     
  8. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    176
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    ngiler nih,,jadi pengen soto babat:D
     
  9. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,011
    Likes Received:
    2,259
    Trophy Points:
    113
    yang di mersi itu, yah? :D
     
  10. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    siap om iwan... murah om di purwokerto mah.. kalo di kota yang terkenal soto jalan bank..
     
  11. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kuwe mbok ... aja aja wonge dewek kiye hihihihi
     
  12. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,011
    Likes Received:
    2,259
    Trophy Points:
    113
    Nyong lunga purwokerto mung bada bae... :D
     
  13. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    siap kang andre.. lam kenal ora ngapak ora kepenak.. jebule ndeleng profile ngeri euy..mastah.. tulung adine di ajari ngeblog men laris dodolane kang
     
  14. dimas arya

    dimas arya New Member

    Joined:
    Oct 23, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    info bagus dan refrensi untuk yang hobi makan kayak saya,, kapan2 kalau maen kesana tak mampir mas hehehe
     
  15. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    siap om dimas.. purwokerto kota kecil tapi lengkap.. jangan lupa mampir ke baturaden om ya.. tempat wisatanya asik :D
     
  16. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,011
    Likes Received:
    2,259
    Trophy Points:
    113
  17. Ragil Pangesti

    Ragil Pangesti Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Siap Kang Andre Sudah di edit... Takut di Hapus soalnya kalo di pasang link aktif... saya baru pertama soalnya gabung di forum ini.. jadi saya pasang link hanya di signature saja.. mau posting jualan punya saya obat semua :D maaf ya kang andre dan yang lainnya..
     
  18. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,329
    Likes Received:
    143
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Di Banyumas tidak ada istilah "aja-aja", tidak mungkin bhs daerah menyerap dari bhs nasional "jangan-jangan". Istilah yang dipake yg tepat adalah "Mbasa anu". "Mbasa anu wonge dewek". Alternatif lain adalah: "kuwe mesthi wonge dewek, mbok anu wonge dewek, wonge dewek apa ya, sapa ngerti wonge dewek?"
     
  19. Fadil

    Fadil New Member

    Joined:
    Oct 21, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bakmi purwokerto mirip kaya mie jakarta ya, lebar -lebar gitu
    tapi rasanya bagaimana ya?
    <hr>
    LINK NGAWUR !!!
     
    Last edited by a moderator: Oct 24, 2017
  20. Zahwan Kamil

    Zahwan Kamil Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sebagian udah pernah nyobain sih.. Cuma Sotonya kayanya si belum pernah deh, asli jadi mau nyoba
     
Loading...

Share This Page