Kampung Flory, Sleman

Discussion in 'Tourism' started by wegig, Sep 4, 2019.

  1. wegig

    wegig Member

    Joined:
    Dec 23, 2014
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Sudah sejak sekitar 10 tahun terakhir, ragam atraksi wisata di Jogja dan sekitarnya, berkembang dengan cepat. Tujuan-tujuan wisata baru bermunculan dengan segala keunikannya. Salah satunya adalah Kampung Flory di Kabupaten Sleman, yang digagas oleh Sudihartono

    flory.jpeg

    Ya, Sudihartono adalah penggagas sekaligus pengelola Kampung Flory ini. Berawal dari tujuan dan idealismenya untuk membuat kegiatan bertani jadi populer kembali di kalangan anak muda, pada tahun 2016, Sudihartono mendirikan Taruna Tani.

    Kelompok Taruna Tani bergerak di bidang tanaman hias, dan memutuskan untuk mengembankan kebun dan usaha mereka dengan konsep pariwisata.

    Didirikan secara bertahap, sekarang, Kampung Flory berdiri di atas lahan seluas 6 hektar. Isinya penuh dengan beragam wahana.

    1. Taruna Tani
    Showroom untuk hasil produk dari Kampung Flory, terutama di bunga hias dan souvenir.

    2. Bali Ndeso
    Kawasan kuliner dengan menu utama makanan desa, seperti ingkung dan aneka tumis sayuran.

    3. Puri Mataram
    Kawasan yang dikelola oleh Bumdes.

    4. Kopi Keceh
    Menyajikan berbagai menu Kopi, seafood dan snack ringan. Di Kopi Keceh juga tersedia wahana bermain air dan memancing bagi anak-anak yang berkunjung.

    Kampung Flory bermula dari keinginan Sudihartono di tahun 2016 untuk mempopulerkan kembali bertani agar anak muda tertarik. Ia memulainya dengan mendirikan Taruna Tani yang bergerak di bidang bunga hias. Kelompok Taruna Tani lantas mengembangkan perkebunan mereka dengan pariwisata. Awalnya hanya bekerja sama dengan kuliner, kini Kampung Flory berdiri di atas lahan seluas 6 hektar. Isinya tak lagi hanya tempat makan, namun penuh dengan berbagai wahana.

    Kampung Flory didirikan secara bertahap, pengelolaannya pun ada yang dipegang oleh Bumdes. Untuk menjadikan Kampung Flory sebagai kawasan wisata yang lengkap, Kampung Flory dibagi menjadi empat kawasan.

    1. Taruna Tani
    Kawasan Taruna Tani ini merupakan semacam showroom untuk hasil produk dari Kampung Flory, terutama di bunga hias dan memento. Tak hanya itu, Taruna Tani bekerjasama dengan Iwak Kalen menyediakan spot kuliner dengan menu utama ikan air tawar.

    2. Bali Ndeso
    Sesuai dengan namanya yang berarti kembali ke desa, Bali Ndeso merupakan kawasan kuliner dengan menu utama makanan desa, seperti ingkung dan aneka tumis sayuran. Di kawasan ini pula tersedia berbagai wahana outbound yang dikelola oleh Dewi Flory. Enviornment outbound ini berada di depan rumah makan Bali Ndeso.

    3. Puri Mataram
    Puri Mataram merupakan kawasan yang dikelola oleh Bumdes. Sebuah jembatan gantung disiapkan untuk menyeberangi sungai kecil yang memisahkan kawasan Puri Mataram dengan Bali Ndeso. Selain rumah makan yang buka per hari, di Puri Mataram pula terdapat Pasar Ndelik yang buka per hari Minggu pagi, yang menyediakan berbagai makanan tradisional hasil olahan masyarakat sekitar. Tak hanya kuliner, di Puri Mataram pula terdapat kebun bunga yang indah, lengkap dengan aneka spot selfie yang menarik. Bagi anak-anak, ada pula kebun kelinci dan marmut, di mana pengunjung dapat masuk dan bermain, serta memberi makan kelinci dan marmut.

    4. Kopi Keceh
    Kopi Keceh merupakan kawasan terbaru yang dibuka oleh Kampung Flory, letaknya tepat di sebelah Kali Bedog yang jernih. Di sini tersedia aneka kopi dan variannya yang dapat dipesan sambil menikmati pemandangan. Untuk makanannya, berbeda dengan ketiga kawasan lainnya, Kopi Keceh menyajikan berbagai menu seafood dan snack ringan. Di Kopi Keceh pula tersedia wahana bermain air dan memancing bagi anak-anak yang berkunjung.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,722
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Sangat kreatif idenya untuk mengembangkan pertanian tanaman hias dengan konsep pariwisata, jadi pembeli bisa juga melakuka refreshing sambil ngopi, menikmati indahnya pemandangan dan pulang bawa oleh-oleh tanaman hias
     
  3. Liuhin

    Liuhin New Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    bagus banget, lebih bagus lagi bila ditambahin bunga ala-ala pengantin atau ala-ala prewweding gtu supaya lebih ramai.
    dan menguntungkan untuk yang sedang mencari tempat foto prewweding.
     
Loading...

Share This Page