Kapan waktu yang tepat untuk charger smartphone?

Discussion in 'Android' started by Jalil, Sep 22, 2019.

  1. Jalil

    Jalil New Member

    Joined:
    Sep 7, 2019
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mengapa baterai ponsel Anda sepertinya memburuk dari waktu ke waktu? Pada awalnya itu mungkin memiliki kekuatan untuk cadangan saat Anda meringkuk di tempat tidur pada akhir malam, tetapi seiring berjalannya waktu Anda menemukan baterai ponsel Anda tinggal setengah.

    Sebagian itu disebabkan karena Anda terlalu banyak menginstal aplikasi sehingga banyak sampah atau cache daya yang mengakibatkan penyimpanan ponsel makin menipis. Jika itu terjadi, tak heran jika baterai ponsel semakin cepat habis dari sebelumnya (Baca tips kami tentang cara agar baterai hp awet dan tahan lama)

    Tetapi hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa baterai ponsel memang menurun seiring waktu, yang berarti mereka semakin tidak mampu memegang jumlah daya yang sama. Sementara baterai ponsel harus memiliki daya tahan antara tiga dan lima tahun, atau antara 500- dan 1000 siklus pengisian, baterai telepon lima tahun tidak akan terus berjalan selama baterai baru.

    Namun, dengan kiat kami untuk praktik perawatan baterai terbaik, Anda dapat menjaga kesehatan baterai ponsel cerdas Anda lebih lama.

    Kapan saya harus mengisi baterai telepon saya?

    Aturan utamanya adalah menjaga baterai Anda tetap berada di suatu tempat antara 50- dan 90% sebagian besar waktu. Jadi tambahkan ketika turun di bawah 50%, tetapi cabut sebelum mencapai 100%. Karena alasan ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membiarkannya terpasang dalam semalam.

    Memberi daya baterai penuh pada ponsel Anda tidak berakibat fatal bagi baterai ponsel, dan tampaknya hampir tidak intuitif untuk tidak melakukannya, tetapi mengisi ulang daya secara penuh setiap kali Anda mengisi daya akan mempersingkat masa pakainya.

    Demikian juga, di ujung skala yang lain, hindari membiarkan baterai ponsel Anda mencapai di bawah 20%.

    Haruskah saya mengisi baterai ponsel saya hingga 100%?
    Tidak, atau setidaknya tidak setiap kali Anda mengisi daya. Para ahli merekomendasikan agar Anda mengisi ulang baterai nol hingga 100 persen penuh ("siklus pengisian") sebulan sekali. Ini mengkalibrasi ulang baterai, yang agak mirip memulai ulang komputer Anda.

    Haruskah saya mengisi baterai telepon saya semalam?

    Bukan sebagai aturan, karena Anda ingin menghindari pengisian baterai terlalu sering hingga 100%, dan Anda tidak perlu membuka satu mata saat waktu itu sudah dekat.

    Namun, sebagian besar ponsel cerdas modern cukup pintar untuk berhenti mengisi daya saat penuh, sehingga tidak ada risiko besar untuk membiarkan ponsel Anda terisi daya semalaman.

    Jika Anda membiarkannya terpasang dalam waktu yang lama, melepas kasing dapat mencegahnya menjadi terlalu panas.

    Apakah pengisian cepat akan merusak ponsel saya?

    Sebagian besar ponsel cerdas baru mendukung pengisian cepat, namun sering kali disertai pengisi daya yang lebih rendah. Standar pengisian cepat yang paling umum adalah Pengisian Cepat Qualcomm, tetapi pembuat ponsel sering memiliki alternatif lain untuk ini (yang seringkali masih lebih cepat).

    Ponsel ini memiliki kode khusus yang biasanya terletak di dalam chip yang dikenal sebagai IC Manajemen Daya (PMIC) yang berkomunikasi dengan pengisi daya yang Anda gunakan dan meminta agar ia mengirimkan daya pada tegangan yang lebih tinggi.

    Walaupun pengisian cepat itu sendiri tidak akan merusak baterai ponsel Anda, yang dibangun untuk mendukungnya, panas yang dihasilkan dari pengisian daya itu kemungkinan akan mempengaruhi umurnya. Jadi pengisian cepat dengan pengisi daya cepat tidak akan merusak ponsel Anda, tetapi pengisian daya yang terus-menerus dan berkepanjangan mungkin berarti baterai tidak bertahan selama Anda menggunakan pengisi daya yang lebih lambat. Jadi, Anda harus menyeimbangkan keuntungan pengisian lebih cepat dengan kenyamanan pengisian ponsel Anda sebelum Anda keluar.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,185
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Batere saya sudah ganti beberapa kali, smartphone lenovo android masih 5.1
    daya batere sekarang cepat habis, padahal waktu awal-awal bisa tahan sampai sehari sekarang cuma setengah hari apalagi kalau dipake nonton yutub cepat habis batre sama quota
     
  3. Ayu Tania Saraswati

    Ayu Tania Saraswati New Member

    Joined:
    May 28, 2019
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Mungkin hal itu dikarenakan banyaknya aplikasi yang ada di hp android kak.

    Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel tentu juga akan membuat konsumsi daya baterai semakin cepat habis.

    Kalau aku biasanya menggunakan bantuan aplikasi Grenify kak.
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page