Keengganan Calon Pembeli Untuk Bayar Dimuka Saat Belanja Online

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by hendrik21, May 11, 2020.

  1. hendrik21

    hendrik21 Member

    Joined:
    Aug 30, 2018
    Messages:
    29
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bagi pebisnis online yang jual barang di website sendiri selain di marketplace semacam Tokopedia dan sejenisnya, pasti sering mendapat pertanyaan dari calon pembeli seperti ini: "mas, bisakah saya bayar di tempat?" atau pertanyaan yang serupa: "mas, apakah melayani COD?".

    Ini adalah pertanyaan no.1 yang paling sering ditanyakan calon pembeli karena alasan takut penipuan. Mereka cenderung memilih pembayaran di tempat saat terima barang.

    Bagi yang sudah lama berbisnis online jika menyanggupi permintaan pembeli untuk bayar di tujuan adalah suatu hal yang beresiko tinggi. Kenapa?

    1. Bisa saja saat proses pengiriman tiba tiba pembeli berubah pikiran dan membatalkan transaksi tanpa alasan yang jelas, atau beralasan sudah membeli barang tsb di tempat lain.

    2. Bisa juga saat terima barang pembeli tidak mau bayar dengan alasan warna barang tidak cocok, barang yang datang tidak sesuai dengan gambar produk yang di website, ada cacat saat pengiriman dst.

    Untuk alasan kedua masih masuk akal dan masih bisa diterima, tetapi untuk alasan yang pertama itu sungguh tidak bisa diterima dan tentu saja merugikan penjual yang sudah keluar biaya packing barang + ongkos kirim.

    Bagi penjual perorangan yang jualan lewat wesite pribadi cukup sulit mengiyakan permintaan pembeli untuk bayar saat terima barang karena memang sangat beresiko tinggi, walapun sebelum transaksi calon pembeli sudah diminta KTP dan membuat perjanjian larangan pembatalan oleh pembeli, tetapi tetap saja sering terjadi pembatalan sepihak dari pembeli bahkan sebelum barangnya diterima.

    Sekarang kita beralih ke expedisi yang "berani" menerima bayar COD.

    Apakah JNE bisa COD ? itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan calon pembeli yang menginginkan barang sekaligus ongkos kirimnya juga bayar tujuan.

    Ya, JNE bisa menerima pembayaran ongkos kirim di tujuan saat terima barang. Tetapi ada tambahan biaya administrasi diluar biaya ongkir.

    Selain JNE ada pula J&T yang juga menerima pembayaran ongkos kirim saat terima barang.

    Demikianlah sekedar berbagi info tentang keenganan pembeli untuk membayar cash dimuka saat belanja online.
     
  2. Berita Mataram

    Berita Mataram New Member

    Joined:
    May 15, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ya emang semua bisnis ada resikonya sih gan, but menarik pembahasannya
     

Share This Page