Kegiatan Berguna untuk Mencegah Anak Bosan Saat Liburan Sekolah

Discussion in 'General Lifestyle' started by bontilicious, Feb 24, 2017.

  1. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    35
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Saat anak memasuki masa liburan, ini adalah masa yang sangat menyenangkan untuknya, tapi juga menjadi waktu yang sangat memusingkan bagi orang tua. Kenapa? Tentunya karena dalam waktu liburan ini, orang tua harus memikirkan cara agar anak tetap bisa sibuk dan terhibur di rumah, tanpa merasa bosan. Ketika anak merasa bosan, maka saat itulah dia akan berpotensi mencari masalah.

    Memberikan anak gadget sehingga dia bisa bermain sendiri adalah cara yang biasanya dilakukan oleh banyak orang tua karena ini adalah cara yang termudah dan paling praktis untuk membuat anak tertarik dan tetap diam. Tapi masalahnya, ini juga akan membuat anak jadi tidak komunikatif dengan Anda, tidak bergerak secara fisik, dan tidak membantu untuk memfokuskan perhatiannya agar jadi lebih terpusat.

    Lagipula, dalam masa liburan sekolah ini, Anda sebaiknya memandang bahwa ini adalah waktu yang paling tepat untuk menghabiskannya bersama dengan anak Anda. Inilah beberapa tips keluarga sebagai referensi ide untuk berlibur bersama yang tak terlalu sulit, dan yang terpenting, membuat anak dan Anda jadi lebih dekat. Ini dia:

    1. Menjadikan anak asisten memasak

    Baik anak perempuan maupun laki-laki perlu memiliki kemampuan memasak ketika nanti dia hidup sendiri saat dewasa. Inilah saat yang tepat untuk mengajarinya memasak. Ajak anak menjadi asisten Anda di dapur, dan buatlah resep-resep mudah bersama-sama. Ini akan membantu anak mendapatkan kemampuan baru dan belajar ikut instruksi.

    2. Berkebun

    Punya sedikit tempat di halaman Anda? Gunakan ini untuk membuat proyek berkebun bersama dengan anak Anda! Anda bisa menanam tanaman sayuran yang gampang tumbuh, atau sekedar menanam bunga. Ini akan membuat anak bisa belajar kesabaran, belajar soal tanaman, dan membuatnya beraktivitas di luar ruangan.

    3. Berkemah

    Kalau Anda memiliki tempat yang agak besar di halaman, manfaatkan ini untuk berkemah bersama dengan anak Anda. Gunakan tenda asli (atau tenda mainan), dan bersama-sama, sediakan piknik dan atur bersama peralatan yang diperlukan. Ini juga akan membantu anak belajar tentang alam.

    4. Menggambar

    Menggambar adalah cara yang sangat bagus untuk mengisi waktu liburan. Ajak Anda menggambar berbagai pemandangan alam, mengenal bentuk dan warna, serta memperluas imajinasi mereka dengan menggambar.

    5. Jalan-jalan ke taman kota

    Anda juga bisa mengajak anak Anda berjalan-jalan ke taman kota. Ini adalah kesempatan baik bagi anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya dan bersosialisasi. Banyak taman kota juga memiliki fasilitas mainan bagi anak.

    6. Membuat prakarya

    Ajak anak membuat prakarya, seperti misalnya membuat gelang, kalung, atau bahkan sekedar membuat bentuk-bentuk dari mainan lilin plastisin. Ini semua akan membuat anak Anda menjadi sibuk dan senang.

    Semua itu adalah tips yang akan membuat anak Anda bisa mengisi liburan mereka dengan penuh manfaat. Ingin mencari ide lain dalam menyiasati aktivitas keluarga yang ingin Anda lakukan bersama anak?. Mungkin Anda bisa mencarinya di berbagai forum lifestyle wanita serta ibu dan anak seperti forum bersosial di internet.
     
Loading...

Share This Page