Kegiatan Mendengarkan Suara Burung Menjadi Salah Satu Hobi

Discussion in 'General Discussion' started by DwiKhasbullah, Mar 23, 2019.

Tags:
  1. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    download.png

    Kegiatan mendengarkan kicau burung merupakan salah satu hobi yang menyenangkan dan sudah lama menarik perhatian manusia, keadaan tersebut didukung dengan semakin seringnya diadakan kontes burung berkicau, hal tersebut telah menggugah masyarakat untuk mendapatkan dan memelihara burung burung yang dapat berkicau dengan indah dan merdu, burung yang memiliki irama, Nada, dan frekuensi kicauan berulang-ulang dikenal dengan sebutan burung penyanyi atau burung berkicau.

    Di dunia ini terdapat sekitar 9200 jenis burung, indonesia sendiri memiliki lebih dari 1531 jenis burung dan sebagian diantaranya merupakan burung yang memiliki suara kicauan merdu yang disebut burung penyanyi, namun, hingga kini ada dua pendapat tentang Bagaimana suara merdu diwariskan dari bapak pada anaknya. Pendapat pertama menyatakan bahwa suara merdu merupakan bakat alamiah atau bawaan yang diturunkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

    Pernyataan tersebut merupakan pendapat menurut ahli genetika Inggris yaitu Tony buzan yang telah disebutkan di dalam bukunya yaitu The Power of c ifreatif intelligence, pendapat kedua menyatakan bahwa suara merdu merupakan hasil dari proses berlatih atau merupakan proses pembentukan, Hal inilah yang menyebabkan Suzuki seorang pemusik muda dari Jepang, merasa tertarik mengetahui cara burung belajar bernyanyi. Suzuki kemudian mengunjungi salah satu tempat penangkaran kenari di Jepang. Betapa terkejutnya Suzuki ketika menjumpai bahwa anak-anak burung tidak menyanyi secara alami, tetapi dengan meniru burung Penyanyi utama yang ditempatkan di kandang penangkaran.

    Menurutnya, aktivitas menyanyi merupakan keterampilan yang bisa dipelajari, bisa dicapai dengan cara meniru, dan terus dilatih agar sempurna. Fenomena meniru ini disebut imprinting, imprinting merupakan salah satu bentuk pembelajaran dalam mengekspresikan perilaku yang didapat melalui proses meniru atau mencontoh. Imprinting terjadi pada periode waktu tertentu yang disebut sebagai periode kritis.

    Fenomena imprinting banyak dipelajari pada burung pipit, periode kritis pada burung pipit terjadi sejak ia menetas sampai berumur 60 hari. Fase ini juga disebut fase sensori, yaitu fase saat saraf-saraf organ pengatur suara yang terdapat di otak sedang berkembang. Pada fase ini Sebaiknya burung pipit muda diletakkan berdekatan dengan bapaknya atau Pipit jantan lain bersuara merdu yang berperan sebagai tutor. Anak Pipit akan merekam suara tutornya, setelah dewasa sekitar umur 90 hari burung pipit mulai belajar bernyanyi, ia akan berlatih hingga menjadi burung penyanyi yang baik.

    Saat ini di Indonesia sudah sangat banyak sekali yang mempunyai hobi burung, bagi sobat bersosial.com Apakah ada yang di sini mempunyai burung kicau di rumahnya? Jika ada yuk saling berbagi pengalaman apa saja yang menjadi permasalahan saat memelihara burung.

    Kegiatan mendengarkan suara burung kicau memang bisa menenangkan hati bagi pendengarnya, apalagi kalau memeliharanya dari mulai kecil akan ada rasa kebahagiaan tersendiri, seperti contoh burung murai batu yang mempunyai kualitas yang sangat baik, kualitas tersebut yaitu pada saat dia menirukan suara burung lain nya dengan sempurna, maka tak heran harga burung murai batu sangat lumayan tinggi.

    Jika kita lihat semua burung kicau yang ada di Indonesia khususnya burung kicau, biasanya didapatkan dari alam bebas setelah itu masuklah dalam penangkaran, Setelah dari penangkaran setelah mempunyai suara yang bagus maka akan dipasarkan, disinilah perkembangan burung kicau di Indonesia sangat pesat sekali.

    Bagi penghobi atau pecinta burung kicau mereka tidak peduli berapapun harganya jika mereka merasa cocok maka akan dibeli juga, Apakah ada yang seperti itu di forum bersosial ini? jika memang ada selamat sobat sudah bisa dikatakan sebagai kicau mania.

    Sebenarnya ada banyak sekali hobi selain suara burung namun salah satu yang sangat ramai saat ini memang di komunitas burung, sebenarnya sudah lama sekali namun jika dilihat dari traffic dari penangkaran yang dilakukan teman-teman mendapatkan banyak sekali orderan burung bernyanyi.

    Baiklah sobat bersosial demikian sedikit ulasan mengenai hobi burung Semoga apa yang saya sampaikan tidak membuat bingung karena saya sendiri kadang-kadang juga bingung apa yang ingin saya katakan Ya saya katakan, maaf jika tulisannya belepotan atau kurang enak dibaca, Terima kasih sudah menyempatkan membaca tulisan saya.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,232
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Punya keponakan sukanya sama burung, dapat burung lepasan mau dibeli sejuta gak dikasih
    saking sukanya sama burung bangun tidur yang di urus burungnya dikasih makan
    anehnya pas ditinggal tour di sekolahan itu burung tidak mau berkicau juga
     
  3. samualadiyoso

    samualadiyoso New Member

    Joined:
    Oct 12, 2018
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    6
    guys, punya burung apa?
     
  4. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kadang-kadang memang ditemukan keanehan.... kalau gak yang punya yang deketin kadang gak mau bunyi si burung...

    Burung perkutut gan.... hehehehe
     
  5. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    burung sedang merajalela sekarang....hehe keman mana burung wkwk
     
  6. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Dari dulu guys, memang lagi rame saat ini perkembangannya semakin pesat dan semakin banyak pencintanya.
     
  7. yulia

    yulia Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    103
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Belum jadi laki kalau belum suka pelihara burung :)
     
Loading...

Share This Page