Kelebihan Bahasa Pemrograman Golang

Discussion in 'Programming' started by seotog, Sep 18, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Dibandingkan bahasa pemrograman yang lain, bahasa pemrograman Go memiliki sintaks yang jauh lebih simpel dan itulah yang membuat bahasa pemrograman Go jadi lebih mudah untuk dipelajari, bahasa pemrograman Go juga memiliki dokumen yang lebih terstruktur dan lebih rapi.

    Selain itu, bagi seorang yang baru mengenal bahasa pemrograman Go, bahasa Go telah menyediakan tutorial pertama untuk belajar bahasa Go dengan model yang lebih interaktif.
    Concurrent Programing

    Kelebihan bahasa pemrograman Go yang lain adalah kemampuannya yang dapat menyelaraskan konsep rutinitas pekerjaan (goroutines), Konsep Channels sinkornisasi komunikasi, serta memiliki pengelolaan banyak jalur bersamaan dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan concurrency yang tertanam pada bahasa pemrograman Go itu sendiri. Sehingga seberapa banyak pun data yang masuk, akan di filter dan transmisikanya dengan sangat baik.

    Jauh lebih cepat

    Bahasa pemrograman Go telah dikompilasi ke dalam kode mesin sehingga dapat melampaui bahasa pemrograman lain yang bekerja dengan virtual runtime. Program-program di dalamnya juga bekerja cepat, dan dengan menggunakan API yang dapat mengkompilasi hanya dalam hitungan detik. Ini menjadikan Golang sebagai bahasa pemrograman yang lebih cepat.

    Clean Code

    Bahasa pemrograman Go juga termasuk bahasa pemrograman yang bersih dan rapi. Para developer akan dipaksa menggunakan aturan penulisan serta methodologi yang sesuai dengan ketentuan bahasa pemrograman go itu sendiri. Aturan — aturan ini, akan membuat para developer memahami tentang konsep clean code sesungguhnya. Untuk apa clean code ? Bahasa pemrograman yang telah tersusun rapi, selain memudahkan dalam proses maintenance, juga berpengaruh terhadap kecepatan proses compileling.

    Memiliki garbage collector

    Pada sistem pengelolaan memori di bahasa pemrograman Go terbilang jauh lebih mudah dibandingkan bahasa pemrograman lain yang menggunakan gaya sintaks C dan C++. Dengan begitu, objek-objek yang teralokasi dengan dinamis dapat dikumpulkan dalam satu garbage collector.

    Software Helper

    Software helper digunakan untuk membangun suatu program, misalnya untuk membangun aplikasi java, Anda wajib menginstal Eclipse atau Netbeans. Alat bantu seperti ini tentu tidak efektif. Disamping sizenya yang besar, sumber daya untuk menjalankan program tersebut juga dapat dikatakan cukup besar.

    Pada bahasa pemrograman Go berbeda karena alat bantu untuk membuat aplikasi bahasa Go mudah dan sangat bersahabat dengan sumber daya. tidak membutuhkan size yang besar dalam installasinya. Sehingga Anda tetap dapat membuat program yang sangat kompleks tanpa takut komputer kehabisan sumber daya.
     
Loading...

Share This Page