Kelebihan Bisnis Online Menggunakan E-Commerce

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Dec 14, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Kelebihan Bisnis Online Menggunakan E-Commerce - Di zaman sekarang ini, perkembangan internet sudah sangat pesat di Indonesia. Hal itu membuat e-commerce Indonesia juga ikut berkembang dan semakin besar.

    Electronic commerce atau e-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Dan sekarang e-commerce lebih banyak diakses melalui internet. Karena itu, ada yang salah paham tentang e-commerce Indonesia dan marketplace Indonesia. Jadi, e-commerce digunakan sesuai dengan semua transaksi yang bersangkutan dengan media elektronik.

    Sedangkan marketplace sendiri adalah salah satu model e-commerce, di mana marketplace Indonesia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang memasarkan dagangannya di marketplace hanya perlu meladeni pembelian tanpa harus memikirkan website marketplace itu sendiri.

    Dan mungkin kamu masih bertanya-tanya, apa sih manfaatnya e-commerce? Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan e-commerce platform Indonesia yang perlu kamu ketahui:

    1. Memiliki Jangkauan yang luas

    Mungkin kamu sebagai pemilik toko konvensional, hanya dapat menjangkau calon pembeli dari daerah sekitar saja. Berbeda apabila kamu menggunakan website e-commerce. Calon pembeli dari berbagai tempat bisa mengenal toko kamu dan melakukan transaksi di website e-commerce kamu.

    2. Tidak Ada Batasan Waktu

    Toko konvensional mungkin bisa saja beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Akan tetapi, biaya yang kamu harus keluarkan pun akan sangat besar, untuk membayar gaji karyawanmu, listrik dan lain sebagainya. Berbeda dengan menggunakan internet dan website e-commerce, calon pembeli kamu akan tetap dapat mengakses website dan membeli walaupun tengah malam sekalipun.

    3. Lebih Menghemat Biaya

    Tentunya apabila kamu memiliki toko konvensional, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membeli ruko ataupun biaya sewa. Berbeda dengan biaya operasional lapak online yang menurut kamu lebih rendah dibandingkan toko berbentuk bangunan. Setidaknya, kamu bisa lebih menghemat dan fokus memikirkan gaji karyawan dan merestock produk.

    4. Dapat Berjualan Tanpa Stok Produk

    Dalam berbisnis melalui e-commerce, kamu bisa menjadi seorang dropshipper. Bisnis online ini memungkinkan kamu berjualan tanpa harus memiliki stok barang. Ketika proses pesanan datang, kamu bisa langsung meneruskan kepada produsen barang.

    5. Mudah Mengelola Pesanan dan Pengiriman

    Dengan kamu memiliki website toko online sendiri, kamu tidak perlu repot untuk memikirkan cara transaksi dan pengiriman barang. Karena, sudah banyak berbagai layanan pembayaran elektronik yang dilakukan melalui internet. Selain itu, barang yang kamu kirim juga dapat dilacak secara online.

    6. Mampu Mempelajari Kebiasaan Pelanggan

    Saat kamu menjalankan bisnis online, tanpa memahami perilaku pembeli sebenarnya akan menyia-nyiakan bisnis yang sedang kamu jalankan. Sebab, dengan memahami perilaku pembeli, kamu dapat melakukan introspeksi agar bisnis kamu terus berkembang. Saat ini juga sudah banyak tool analytic yang dapat kamu digunakan untuk mempelajari data toko online kamu, seperti Google Analytics.

    7. Berbisnis dari Mana Saja

    Seperti yang telah disebutkan, toko online dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Oleh sebab itu, kamu dapat menjalankannya dari mana saja asal memiliki perangkat dan koneksi internet yang memadai.

    8. Ingin Berjualan Online? Jangan Lupa Buat Website

    Kini Anda dapat memulai bisnis ecommerce dengan mudah. Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu digunakan untuk berjualan secara online, yaitu marketplace Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee, website sendiri, dan juga media sosial.

    Mungkin marketplace dan media sosial menjadi yang lebih mudah. Untuk memulai, kamu hanya perlu membuat akun dan mengatur lapak. Bahkan tidak ada biaya operasional yang perlu kamu bayarkan di awal.

    Dan begitulah beberapa kelebihan untuk kamu berjualan menggunakan e-commerce. Kamu juga bisa menggunakan platform omnichannel Genie untuk membantu mengelola toko online yang kamu miliki di berbagai marketplace. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi Genie sekarang juga!
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantap artikelnya sangat bermanfaat dan memberikan gambaran menarik terkait bisnis di inudstri teknologi.
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul sekali, saat ini hampir semua pedagang ngumpul di Marketplace, terutama tokopedia, sayangnya kasihan kalau kurang modal buat ads, produk sulit sekali muncul, apalagi bermain di segmen yang padat seperti fashion
     
Loading...

Share This Page