Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Yang perlu Diketahui

Discussion in 'Android' started by arnold20, Sep 19, 2019.

  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Hai sobat Bersosial, gmana kabarnya ? semoga selalu sehat ya. Kali ini saya akan berbagi pegalaman selama menggunakan sebuah aplikasi perpesanan yaitu WhatsApp. Tentu anda hampir dari anda semua pernah menggunakan WhatApp kan ? jadi sharing yuk apa pengalaman selama menggunakan WhatsApp.

    Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

    [​IMG]

    Berikut ini akan kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan whatsapp, yaitu

    Kelebihan Dari Whatsapp
    1. Mampu melakukan sinkronisasi otomatis terhadap kontak di hp
    Kita ketahui aplikasi whatsapp dapat melakukan sinkronisasi terhadap kontak atau nomor ponsel yang sudah disimpan. Dengan begitu kontak teman, keluarga ataupun doi bisa langsung ada didaftar pertemanan whatsapp, dengan catatan mereka juga menggunakan aplikasi whatsapp dan mendaftarkan nomor tersebut sebagai ID nya.

    2. Pendaftaran akun whatsapp sangat mudah
    Dimana mana sebelum menggunakan sebuah aplikasi ataupun media sosial, tahap pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan identitas diri. Kebanyakan aplikasi atau media sosial menawarkan proses registrasi yang sulit dan merepotkan, beda halnya dengan whatsapp.

    Whatsapp tidak melakukan registrasi seperti aplikasi lainnya,kita hanya perlu mendaftarkan nomor yang akan digunakan sebagai ID, lalu pihak whatsapp akan mengirim pin ke nomor yang kita daftarkan tersebut. Setelah itu, secara otomatis kontak keluarga dan teman yang sudah disimpan akan ditambahkan dalam daftar pertemanan di Whatsapp.

    3. Dapat merubah tampilan sesuai selera dengan mudah
    Whatsapp merupakan aplikasi yang sangat terbuka, dengan artinya dapat terhubung dengan aplikasi lainnya. Salah satu aplikasi tambahan yaitu Whatsapp Plus, dengan tambahan plus dan dihubungkan langsung ke aplikasi utama anda dapat melakukan kostumisasi sesuai selera baik itu tampilan, fitur ataupun melakukan blokir kontak yang dianggap tidak penting (seperti mantan hehe). Meskipun aplikasi ini terbilang open, baru baru ini ada masalah mengenai keamanan whatsapp yang tidak memperbolehkan kita menggunakan aplikasi tambahan ini lagi (Whatsapp Plus).

    4. Back-up percakapan
    Salah satu kelebihan whatsapp lainnya adalah terdapat fitur back up, dengan adanya fitur ini anda dapat mengamankan riwayat chat yang dianggap penting. Selain chat anda juga bisa back up data lainnya seperti kotak dan file file penting.

    Untuk menjalankan fitur ini cukup mudah, anda tinggal klik garis 3 yang berada dipojok kanan atas, lalu pilih setelan dan pilih cadangkan chat. Fitur ini bisa dioperasikan sesuai minat masing masing, bisa sehari sekali, seminggu sekali maunpun sebulan sekali. Dengan adanya fitur ini anda tidak perlu khawatir data penting akan hilang, karena sudah diback up.

    5. Adanya fitur Stories
    Kelebihan whatsapp berikutnya adalah adanya fitur Stories, sama halnya dengan Instagram kini whatsapp juga menyediakan fitur stories. Dengan begitu anda dapat membagikan aktivitas sehari hari kepada keluarga dan teman. Fitur ini juga dapat diatur sesuai keinginan kita, seperti mengatur siapa saja yang boleh melihat stories kita dan siapa yang tidak boleh. Mungkin untuk beberapa orang pengaturan privat ini penting ( selingkuh contohnya) jadi gak ketahuan hehe.

    6. Adanya fitur whatsapp web
    Mungkin beberapa orang sudah tahu apa itu whatsapp web ? sederhananya whatsapp web merupakan besutan dari aplikasi whatsapp dengan tujuan agar penggunanya dapat mengakses aplikasi ini di perangkat telpon, laptop dan komputer.

    Kekurangan whatsapp

    1. Jumlah emoticon yang terbatas
    Jika kita membandingkan whatsapp dan line mengenai jumlah emoticon, tentu whatsapp tidak ada apa apanya. Karena whatsapp tidak banyak menyediakan emoticon semenarik line, namun untuk jangka waktu kedepan whatsapp akan meluncurkan beberapa emoticon yang lebih menarik dari sebelum. Tapi untuk sekarang jumlah emoticon masih terbatas, sehingga kurang diminati para pengguna whatsapp yang lebih senang menggunakan emoticon untuk berekspresi diri dibandingkan mengetik kata kata ataupun call.

    2. Terlalu sering melakukan update
    Sebenarnya bagus kalau whatsapp melakukan update, berarti pihak whatsapp sedang melakukan perbaikan atau menambah beberapa fitur seperti meningkatkan jumlah emoticon. Namun jika proses update terus menerus terjadi sedikit menjengkelkan sih, apa salahnya menunggu update dalam jumlah besar jadi kita enggak harus update secara rutin cukup sekali dengan perubahan yang besar.

    Yang lebih menjengkel, kalau kita mengabaikan notifikasi agar melakukan update whatsapp, aplikasi ini tidak mau merespon bahkan akses dihentikan secara total. Bayangkan jika kita dalam keadaan genting tiba tiba whatsapp tidak dapat diakses, pengen marah ya rasanya harus update dulu “ya kalau lokasi kita berada koneksi internetnya stabil, kalau enggak gmana? Ya mampus”

    3. Memakan kuota dalam jumlah banyak
    Sebenarnya whatsapp cukup murah kalau kita hanya menggunakan untuk chatting biasa tanpa mendownload foto ataupun vidio. Tapi tidak semua orang menggunakan whatsapp hanya untuk chatting an saja, ada beberapa orang yang hobi telponan atau vidio call tentu akan memakan kuota yang sangat banyak.

    penulis pernah merasakan lagi kangen sama keluarga pengen nyoba liat muka orang rumah, baru bicara beberapa menit dapat pemberitahuan kuota anda sudah habis ( hadeh, padahal baru beli paket beberapa hari yang lalu), tidak bisa dipungkiri lagi whatsapp termaksud aplikasi yang banyak memakan kuota internet.
    Sumber CalonPengangguran.com
     
Loading...

Share This Page