Kemasan Makanan Menggunakan Daun Jati

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by lalakana, Dec 10, 2020.

  1. lalakana

    lalakana Member

    Joined:
    Mar 18, 2020
    Messages:
    32
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Penggunaan dedaunan sebagai kemasan atau wadah makanan dan minuman di masyarakat Indonesia merupakan hal yang sudah dikenal sejak zaman dahulu hingga saat ini, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Terdapat berbagai daun yang sering kali digunakan oleh masyarakat sebagai pengemas. Namun demikian, tidak semua daun dapat digunakan. Salah satu daun yang sering kali digunakan hingga saat ini ialah daun jati. Siapa yang tak kenal dengan daun jati? Pernahkah Anda membeli nasi pecel yang dibungkus dedaunan? Nah, hal tersebut salah satu contoh penggunaan daun jati sebagai pengemas makanan nasi pecel.

    Selain untuk mengemas nasi pecel, kemasan makanan menggunakan daun jati biasanya juga digunakan untuk mengemas makanan, seperti tape ketan, lauk ikan, dan beberapa makanan ringan lainnya. Hingga saat ini penggunaan daun jati sebagai kemasan masih dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. jual plastik kemasan menggunakan daun jati disinyalir memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia maupun baik bagi makanan itu sendiri. Berikut ini 5 manfaat penggunaan daun jati :

    1. Lebih Sehat dan Aman

    Penggunaan daun jati sebagai kemasan makanan dianggap lebih sehat dan aman jika dibandingkan dengan menggunakan kemasan plastik dan styrofoam serta cetak rotogravure. Pasalnya, daun jati merupakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahya bagi kesehatan manusia. Hal demikian, berbanding terbalik dengan penggunaan kemasan plastik dan styrofoam sebagai kemasan makanan yang memungkinkan sangat besar manakan terkontaminasi oleh bahan kimia yang terdapat pada bahan kimia plastik tersebut. Terlebih jika makanan masih panas akan mudah menyerap bahan kimia yang terkandung dalam kemasan. Sementara itu, di daun jati tidak terdapat bahan kimia berbahaya. Maka dari itu, lebih dianggap sehat dan aman. Selain itu juga, tidak mengurangi citra rasa dari makanan.

    2. Menjaga Suhu Makanan

    Daun jati yang digunakan sebagai kemasan makanan juga mampu menjaga suhu makanan. Apabila makanan panas, maka dalam kurun waktu tertentu mampu menjaga kehangatan makanan tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena daun jati memiliki bentuk yang lebar dan kuat sehingga memiliki sifat mampu menahan suhu pada makanan agar tetap terjaga. Hal tersebut dapat terjadi apabila penggunaan daun jati menutupi secara rapi pada makanan. Maka dari itu, daun jati sering digunakan untuk mengemas makanan yang masih hangat, seperti nasi pecel, nasi bungkus, dan sebagainya. Selain itu juga, daun jati mampu menahan air sehingga tidak rembes keluar. Maka dari itu, daun jati juga cocok untuk mengemas makanan yang sedikit berkuah.

    3. Aroma Khas yang Menggugah Selera Konsumen

    Di dalam kandungan daun jati terdapat bahan alami yang mampu mengeluarkan aroma tersendiri yang secara umum dapat menggugah selera makan seseorang. Hal ini dapat terjadi karena kandungan alami pada daun jati. Oleh sebab itu, tidak heran jika makan di atas daun jati terasa lebih nikmat dan berselera tinggi.

    4. Murah dan Mudah Didapat

    Sebagian besar kota di Indonesia, mudah untuk mendapatkan daun jati. Sebab memang daun jati mudah tumbuh dan berkembang di sebagian besar wilayah Indonesia. Maka, tidak perlu pusing atau risau guna mendapatkannya bahkan di beberapa daerah bisa secara langsung memetiknya secara langsung dari pohonnya. Selain itu juga, apabila membeli daun jati di pasaran pun harganya sangat murah jika dibandingkan dengan kemasan jenis plastik atau styrofoam.

    5. Bentuk Fleksibel

    Penggunaan daun jati sebagai kemasan pun dianggap memiliki sifat fleksibel. Pasalnya, daun jati mampu mengemas makanan sehingga dapat dengan mudah dibawa ke mana saja dan digunakan untuk mengemas makanan apa saja.

    Demikianlah uraian mengenai kemasan makanan menggunakan daun jati yang sebagian besar menguntungkan kesehatan manusia dan berbagai manfaatnya. Semoga hal ini bisa menjadi perhatian dan pilihan alternatif bagi Anda dalam mengemas makanan yang tidak terlalu kompleks.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,670
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Ada satu makanan khas jawa yang selalu dibungkus dengan daun jati, namanya tempe alakathak, rasanya selalu bikin kangen bagi yang suka, biasanya ada campur sama mi yang kenyal.
     
Loading...

Share This Page